Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mitos Perihal Metode Diet Yang Menyesatkan

Memiliki berat tubuh ideal memang harapan banyak orang. Terlebih bagi kaum hawa yang masih remaja. Dan salah satu cara yang kerap dilakukan untuk mendapat tubuh idaman tersebut yaitu dengan aktif melaksanakan diet. Namun lantaran isu yang salah, atau penyebab lainnya, tak jarang justru mereka melaksanakan kesalahan dalam menjalankan aktivitas dietnya, bahkan hingga membahayakan tubuh. 

Nah, berikut ini yaitu beberapa mitos cara diet yang menyesatkan, yang sebaiknya anda ketahui dan hindari. 

Mitos Cara Diet yang Menyesatkan
  • Semakin Rendah Karbohidrat Semakin Baik
  • Makan Malam Bikin Gemuk
  • Tidak Sarapan Dapat Menurunkan Berat Badan
  • Diet Tidak Boleh Ngemil
  • Lemak Tidak Baik Bagi Tubuh


Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh sebagai energi. Tetapi, jikalau tidak diimbangi dengan olahraga, kelebihan karbohidrat memang bisa menciptakan tubuh menjadi gemuk.

Oleh alasannya itu, banyak orang yang menjalani diet karbohidrat, bahkan ada yang sama sekali menghilangkan asupan karbohidrat pada sajian masakan mereka. Padahal faktanya, kekurangan karbohidrat bisa menyebabkan tubuh menjadi letih, lemas, lesu dan simpel terserang penyakit.

Mitos diet yang paling terkenal yaitu makan malam sanggup menyebabkan tubuh gemuk. Sebenarnya, yang terpenting bukanlah kapan kita makan, tetapi wacana apa yang kita santap.   

Makan malam tidak menjadi masalah, asalkan asupan kalori yang dimakan tidak melebihi batas. Anda sanggup menyantap yogurt, sayur, buah-buahan, salad ataupun sereal gandum utuh sebagai sajian makan malam.

Berat tubuh Anda memang akan turun jikalau tidak sarapan. Namun, metode diet ini tidak ideal lantaran berat tubuh yang turun bukanlah berasal dari lemak, melainkan dari otot. Akibatnya Anda akan merasa lapar sepanjang hari dan cepat lelah. 

Justru orang yang terbiasa sarapan pagi mempunyai kemampuan dalam menjaga berat badan. Hal ini dikarenakan dengan sarapan pagi, Anda sanggup mengendalikan rasa lapar. Selain itu, sarapan juga membantu Anda untuk tidak mengemil masakan yang tidak sehat.

Banyak orang yang beranggapan jikalau sedang diet maka dihentikan mengemil. Sebenarnya mitos ini tidak benar. Anda masih bisa mengemil kok, asalkan Anda memperhatikan jenis camilannya. 

Dengan mengemil masakan ringan yang sehat, tekanan darah Anda sanggup stabil, menjaga kekebalan tubuh dan menambah energi. Camilan sehat tersebut meliputi, buah-buahan, sayuran dan salad. Sebaiknya Anda menghindari  masakan ringan yang mengandung kadar MSG tinggi, masakan pedas ataupun kue-kue manis.
Jika jumlahnya berlebihan, lemak memang akan menyebabkan obesitas. Namun, lemak juga sanggup menjadi sumber energi, perbaikan jaringan dan membantu kesehatan jantung. 

Untuk itu, pilihlah lemak tak jenuh yang mengandung omega 3 serta omega 6. Lemak ini sanggup Anda peroleh pada alpukat, kacang-kacangan, ikan tuna, ikan salmon, serta biji bunga matahari. 

Jangan lupa untuk mengurangi konsumsi lemak jenuh, contohnya menyerupai mentega dan masakan olahan.


Yuk, mulai sekarang, mari terapkan contoh diet yang sehat untuk mendapat berat tubuh ideal!