Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri Atau Mendadak Mati

Halo sahabat kali ini Droid.Techno akan membahas ihwal Cara Mengatasi Laptop atau komputer tiba-tiba Restart Sendiri Atau Mendadak Mati. Komputer dan Laptop mendadak mati atau restart sendiri. Kadang kita merasa jengkel ketika sedang bermain atau sedang bekerja memakai komputer ataupun Laptop dan tiba-tiba mati atau restart sendiri. Hal ini tentunya sangat mengganggu kalau terus menerus terjadi karna sanggup menghambat pekerjaan yang sedang di lakukan.

Banyak hal yang bisa menciptakan komputer atau laptop kau sering restart ataupun mati sendiri secara tiba-tiba. Dan untuk cara mengatasi nya kau bisa mengikuti tutorial dibawah ini.

Cara Mengatasi Komputer dan Laptop Restart Sendiri Atau Tiba-tiba Mati sendiri:

1. Komputer dan laptop tiba-tiba mati dan restart sendiri lantaran Processor dan motherboard Overheat(kepanasan).
a. Overheat pada Processor yakni penyebab utama komputer dan lapyop sering mati dan restart sendiri. Untuk mengecek terjadinya overheat pada Processor sanggup dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya :
  • Melihat kondisi temperatur pada hidangan Hardware Monitor di BIOS
  • Menggunakan aktivitas monitoring temperatur menyerupai contohnya CPUID Hardware Monitor
b. Mengecek secara manual yaitu dengan membuka casing CPU dan meraba sendiri temperatur pada kepingan Pendingin (Cooler) Processor.
Kondisi overheat pada processor sanggup disebabkan beberapa faktor diantaranya sbb:
c. Kondisi kipas angin (cpu fan) yang terdapat pada pendingin Processor atau kepingan dalam laptop terdapat banyak debu, hal ini akan menggangu fatwa sirkulasi udara yang sanggup menciptakan kepingan dalam Laptop menjadi panas.
  • Sudah kering atau hilangnya thermal paste yang merekatkan antara Processor dan Heatsink.
  • Kondisi ruangan daerah bekerja yang begitu panas.
d. Untuk mengatasi laptop sering restart sendiri lantaran Procesor kepanasan (overheat) sanggup dilakukan dengan beberapa cara dibawah ini.
  • Lakukan pencucian pada kepingan dalam laptop, yaitu membersihkan abu – abu yang ada di dalamnya, bisa memakai kain dan lap. Ada baiknya membawanya ke sevice center biar menerima penanganan yang sempurna dan optimal, serta meminimalisir imbas negative yang akan timbul.
  • Tambahkan thermal paste secukupnya pada proseccor dan pendinginnya, sehingga jalur pendinginannya bisa menjadi lebih optimal lagi, dan sedikit sanggup mengurangi panas yang terbentuk.
  • Perhatikan daerah peletakan atau penyimpanan laptop kita, usahakan jangan diletakkan di daerah yang panas atau Notebook Cooler sebagai bantalan Laptop.
  • Liat secara dini temperatur yang ada, sanggup memakai sumbangan aplikasi menyerupai CPUID Hardware Monitor
2. Hardisk Mengalami eror, Bad Sector,corrupt.
Sebuah hardisk yang rusak atau bahkan terdapat bad sector didalamnya sanggup menjadi penyebab laptop menjadi hang, muncul pesan bluescreen of deadth atau laptop tidak bisa booting dan me-restart terus menerus.
Untuk mencegah keruksakan sekaligus memperbaiki hardisk tersebut kita bisa menjalankan aktivitas scandisk/checkdisk, men-defrag hardisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan komputer dengan menekan tombol shutdown.
3. komputer dan Laptop sering restart lantaran RAM rusak
RAM yang rusak sanggup menimbulkan laptop sering restart sendiri. Biasanya laptop masih sanggup hidup dan berjalan menyerupai biasanya. Akan tetapi tiba-tiba Laptop merestart sendiri disaat-saat yang tak diduga-duga.
Walaupun sudah dipastikan semua hardware dalam keadaan baik tetapi dilema itu tetap ada. Untuk mengatasi hal tersebut silahkan untuk mengganti RAM dengan yang lainnya, dan alhasil laptop sanggup berjalan dengan normal.
4. komputer dan Laptop Terinfeksi Virus
Laptop sering restart sendiri ada kemungkinan juga laptop terkena virus, virus menciptakan kerja memori menjadi terbebani lantaran melaksanakan proses yang sama secara berulang – ulang. Dengan demikian laptop sanggup menjadi restart – restart dengan sendirinya. Untuk mengatasi hal ini silahkan pasang Anti Virus terupdate dan lakukan proses scanning untuk mematikan ada atau tidaknya virus di Laptop.

5. Baterai laptop rusak atau kemampuannya sudah mulai menurun
cara mengatasinya, mengganti baterai laptop kau atau selalu bekerja bersahabat terminal(colokan listrik).