Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Android | Malware Gres Yang Dapat Merekam Panggilan Telepon Dan Mencuri Data Anda

Meskipun raksasa teknologi Google terus-menerus berupaya memperkuat keamanan sistem operasi mereka, tapi tetap saja malware masih saja ditemukan terutama pada sistem operasi yang ketika ini sudah sangat banyak digunakan, yaitu android. Yang juga saya yakin beberapa dari anda memakai ponsel dengan sistem operasi ini.

Karena pengguna yang sangat banyak membuat peretas terus-menerus membuat ancaman gres yang semakin berbahaya, menyerupai Triout, Trojan yang membahayakan sejumlah besar perangkat Android di seluruh dunia.
Malware gres ini bergotong-royong berjulukan Triout, Trojan gres ini lahir sebagai tiruan dari ancaman serupa yang sudah peranh terlihat pada tahun 2016 di Play Store, tetapi kini jauh lebih berbahaya. Peretas memanfaatkan toko aplikasi pihak ketiga untuk mendistribusikan Trojan tersembunyi dalam beberapa aplikasi, bayangkan saja jikalau anda mendownload dan menginstal aplikasi tersebut pada ponsel anda.

Triout mempunyai server kontrol yang benar-benar gres (C & C) yang masih aktif dan berjalan. Semua koneksi ke server ini dienkripsi dan dikaburkan untuk menghindari deteksi, dan dari kawasan yang tidak terditeksi tersebut peretas sanggup mengendalikan Trojan untuk melihat bahkan mencuri semua data dari perangkat yang terinfeksi.

Meskipun kemungkinan Trojan ini sangat besar, fungsi utamanya yakni bekerja sebagai spyware, yaitu memfokuskan untuk mencuri isu dari perangkat yang terinfeksi. Jadi, Trojan ini mencatat semua panggilan yang dibentuk dari perangkat yang terinfeksi dan mengirimnya ke server kontrol, bukan hanya log panggilan tapi juga rekaman panggilan tersebut direkam dan dikirim ke server kontrol.

Selain itu, trojan ini juga bisa mengambil foto dan merekam video, serta mengirim semua foto dan semua video yang telah dibentuk dari perangkat pengguna ke server kendali peretas.

Trojan ini juga melacak dan merekam posisi GPS korban, serta juga sanggup memantau SMS yang dikirim dan diterima.

Cara melindungi diri dari Trojan Triout untuk Android
Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, sumber utama distribusi Trojan berbahaya ini yakni toko aplikasi pihak ketiga. Oleh alasannya yakni itu, cara terbaik untuk melindungi diri dari itu yakni dengan menghindari menginstal aplikasi dari luar Play Store atau toko tepercaya lainnya, menyerupai Amazon application store atau F-Droid, toko aplikasi OpenSource untuk Android.

Saat memasang aplikasi, Anda juga disarankan untuk selalu melihat izinnya untuk mendeteksi kemungkinan ancaman. Lakukan beberapa tindakan keamanan dasar, menyerupai mengenkripsi data ponsel, membuat salinan cadangan secara rutin dan selalu memakai patch keamanan Android terbaru dan aplikasi lain menyerupai antivirus handal juga akan membantu menjaga perangkat anda tetap aman.