Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Install Windows 7 Berhenti Di Setup Is Starting Atau Stuck

Halo teman kali Droid.Techno akan membahas perihal cara mengatasi install windows 7 berhenti di setup is starting (stuck).===>>>
Hal ini sangat menjengkelkan alasannya ialah pada ketika ingin menginstall windows 7 proses installasi hanay berhenti di Setup Is Starting saja dan sudah mencoba mengistall dengan cara yang lain yaitu dengan memakai dvd windows 7, kesannya pun juga tetap sama yaitu tetap berhenti atau stuck di setup is starting. Beberapa penyebab terjadinya stuck di setup is starting ketika menginstall windows 7 ialah file windows (bootable) di flashdisk yang corupt, dan hardisk yang eror,bad sector dan rusak. Untuk cara mengatsinya kau sanggup membacanya dibawah ini.

CARA MENGATASI INSTALL WINDOWS 7 BERHENTI DI SETUP IS STARTING SAJA (STUCK) :

Pertama:

  1. Cek kondisi hardisk kamu, kalau kau memakai laptop atau komputer caranya kau tinggal membuka casingnya kemudian lepaskan kabel yang tersambung pada hardisk dan bersihkan hardisk dengan memakai penghapus di belahan kuningannya, dan pasang kembali hardisk.
  2. Cek kondisi Ram laptop atau komputer kau caranya sama menyerupai diatas, kalau sudah pasang kembali dan coba install windows. Jika belum normal juga lanjut cara selanjutnya.
  3. Buat ulang Bootable windows 7 yang ada di flasdisk atau cd/dvd kau dan pastikan flashdsik kau tidak bermasalah(eror/corupt).

Kedua:

Jika cara diatas sudah di coba semua dan tetap stuck di setup is starting maka cara selanjutnya dengan melaksanakan scan checkdisk pada hardisk kamu. Sedikit pengertian perihal checkdisk, CHKDSK (singkatan dari Checkdisk) ialah suatu tool / alat, yang di gunakan untuk menscan dan memperbaiki sebuah struktural sistem pada hardisk, dan mempunyai fungsi untuk mengetahui besar masing - masing partisi, kemudian melacak apakah terdapat bad sectors atau tidak. Nah jika kau sudah mengetahui apa itu checkdisk maka lanjut ke caranya.
  1. Ketika ketika installasi windows 7 stuck di setup is starting maka kau tekan tombol SHIFT dan F10 secara bersamaan, hal ini bertujuan untuk membuka jadwal jebdela DOS/ CMD.
  2. Jika sudah terbuka maka selanjutnya kau ketikan perintah chkdsk /r c (yang dimaksud dengan C ialah dimana Drive atau file windows sebelumnya di install kalau di D maka tulis chkdsk /r d dan tekan enter untuk mengeksekusi.
  3. jika sudah lanjut ke perintah selanjutnya 
  4. bootrec.exe/FixMbr (enter) untuk mengeksekusi
    bootrec.exe/FixBoot (enter)
    bootrec.exe/ScanOs (enter)
    bootrec.exe/RebuildBcd (enter)
  5. Dan tunggu proses sampai selesai, proses ini memakan waktu yang cukup lama.
Cara ketiga :
  1. Cara yang terakhir yaitu dengan memakai DLC (dlc ini ialah mini windows) silahkan download filenya DISINI.
  2. Jika sudah di download selanjutnya DLC nya kau jadikan bootable di flashdisk menyerupai windows.
  3. Jika sudah kau kamu hidupkan komputer atau laptop kau kemudian masuk BIOS dan ubah settingan BOOT PRIORITY dari hardisk menjadi flashdisk yang sudah di buat bootable DLC, kalau sudah tekan F10 untuk save dan exit.
  4. Jika sudah maka komputer kau akan tampil menyerupai gambar ini dan pilih operating system mana yang inginkamu gunakan kemudian enter.
  5. Selanjutnya kau akan di bawa ke sistem operasi windows yang kau pilih tadi
  6. kau buka aplikasi Mini tool partition wizard, lihat di hardisk kau kemudian pilih partisi C (dimana windows sebelumnya diinstall) kemudian format dan apply. dan coba install windows lagi apakah masih stuck di setup is starting. 
  7. Jika masih Stuck di setup is starting maka selanjutnya yaitu dengan mendelet semua partisi hardisk kau yaiyu dengan masuk ke DLC menyerupai diatas dan membuka Mini Tool Partition Wizard kemudian KLIK KANAN dan PILIH DELET ALL PARTITION, apply dan close. Lalu coba install lagi windowsnya. Jika ada data yang ingin kau selmatkan maka kau tinggal membuka file computer dan cari data yang ingi kau backup.
NOTE :J ika semua cara diatas tidak berhasil juga maka solusi terakhir ialah dengan mengganti HARDDISK kau dengan yang gres atau membawanya ke service laptop terdekat