Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penginstalan Dan Komisioning Konverter Ac

Panduan Umum Penginstalasian 

Persyaratan Lingkungan 

Konverter VVVF AC elektronik daya moderen, yang dipakai untuk mengontrol kecepatan motor listrik, biasanya sebagai pensuplai unit yang bangun sendiri berdasarkan konfigurasinya. Pertama konfigurasi dasar : 
  • IP00 : dirancang untuk pemasangan rangka pada penggunaan biasanya sebagai pecahan dari MCC. 
  • IP20/IP30 : dirancang untuk dipasang pada lingkungan yang bersih, menyerupai tahan cuaca, ruangan yang dilengkapi dengan alat pengkondisian udara. Lingkungan harus bebas dari debu, kelembaban dan kontaminasi. Temperatur harus dijaga dengan batasan yang spesifik. 
  • IP54 : dirancang untuk pemasangan diluar secara parsial pelindung pada lingkungan, mungkin berdebu dan lembab. 


Kondisi Lingkungan untuk Penginstalan 

Keuntungan utama suatu AC VSD ialah bahwa kalau memakai beban berupa motor rotor kandang pada hakekatnya diproteksi dari kondisi lingkungan yang tidak manis dan ini biasanya dibatasi pada IP54 atau lebih baik. Ini sanggup dengan handal dipakai pada lingkungan yang berdebu atau lembab. 

Dari sisi lain, konverter AC sangat sensitif terhadap lingkungan dan harus dilokalisir dalam lingkungan tertentu yang diproteksi dari faktor-faktor sebagai berikut : 
  • Debu dan materi erosi yang lainya 
  • Gas dan cairan korosi 
  • Gas dan cairan yang gampang terbakar 
  • Kelembaban tingkat tinggi 

Jika menginstal konverter AC,  batasan-batasan  lingkungan harus dipertimbangkan : 
  • Temperatur sekitar yang spesifik : <400C 
  • Ketinggian yang spesifik : <1000 m diatas permukaan laut 
  • Kelembaban relatif : <95% 


Batasan untuk temperatur 

Di lingkungan setempat dimana ketinggian temperatur, melebihi temperatur 400C, kedua motor dan konverter harus memenuhi batasan tertentu. Artinya bahwa hal tersebut hanya sanggup bekerja pada beban kurang dari 400C, untuk menghidari panas yang berlebihan terhadap materi isolasi.

 Konverter VVVF AC elektronik daya moderen Penginstalan dan Komisioning Konverter AC

Pabrikan AC konverter biasanya memperlihatkan tabel batas ketinggian temperatur pada lingkungan tertentu pada temperatur 400C. grafik representatip pada gambar 8-1 untuk konverter PWM moderen. 


Batasan untuk Ketinggian 

Ketinggian, akan menurunkan pendinginan pada peralatan listrik, dengan mengurangi kemampuan atmosfir, untuk memindahkan panas dari motor atau memakai pendingin (heat sink) pada konverter. Alasan ini penyebabnya tekanan udara turun dengan menaikan ketinggian, kerapatan udara turun, dan sebagai jawaban kapasitas panas menurun. Berdasarkan standar, konverter AC dibatasi untuk ketinggian 1000 m diatas permukaan laut. Pabrikan AC konverter biasanya memperlihatkan tabel batas ketinggian lebih tinggi dari 1000 m. Tabel representatip diberikan pada gambar 8-2, untuk AC konverter moderen jenis IGBT. 



Pemasangan Rangka Konverter AV 

Konvereter AC biasanya dirancang untuk pemasangan posisi vertikal, untuk membantu pendinginan konvensional. Pada VSD ukuran besar untuk membantu pendinginannya dipasang kipas dibawah atau diatas pendingin (heat sink).  

Kebanyakan konverter moderen memperkenankan dua alternatif pemasangan sebagai berikut : 
  • Pemasangan permukaan : latar belakang konverter dipasang pada permukaan pertikal, sebagai rangka belakang.
  • Pemasangan inset : pendingin yang berada dibagian belakang konverter, dipadang melalui pecahan belakang konverter, kedalam kanal pendingin dan pendinginan ini menjadi efektif. 


Rekomendasi Keamanan Secara Umum 

Pabrikan memperlihatkan rekomendasi untuk penginstalasian harus diikuti dan diimplementasikan dengan hati-hati. Tegangan yang ditampilkan pada kabel penyuplai daya, kabel motor dan yang lainnya, terminal daya harus bisa melindungi penyebab terjadinya kejutan listrik.  

Khususnya, persyaratan keamanan setempat, biasanya dinyatakan pada hukum pengawatan dan instruksi yang lainnya pada prakteknya, harus selalu memilih proitas yang direkomendasikan oleh pabrikan. Yang direkomendasikan pada keamanan kekerabatan pembumian, harus selalu hati-hati penginstalannya, sebelum sumber daya dihubungkan pada peralatan VSD. AC VSD memiliki kapasitor yang ukurannya besar dihubungkan dengan jaringan DC. 


Area yang Berbahaya 

Pada umumnya, konverter elektronik daya dihentikan dipasang pada area yang berbahaya, kalau dihubungkan pada motor dengan batasan tertentu. Bila diperlukan, konverter sanggup dipasang dalam suatu rangka dan harus memperoleh setifikasi untuk keseluruhan sistem VSD, keduanya termasuk konverter dan motor.