Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kondusif Biar Tidak Terjatuh Atau Terpeleset Di Sirkuit Lempung Dan Berkerikil


www.pelengkapotomotif.com Melewati jalanan yang lurus dan berliku pastilah menjumpai model sirkuit yang bervariasi, mulai dari bentuk aspal yang mulus, agak berlubang-lubang, masih berlempung, sampai sirkuit yang masih berpasir dan berkerikil. 


Pada kesempatan kali ini, kami menawarkan info mengenai "Cara Aman Agar Tidak Terjatuh atau Terpeleset di Sirkuit Lempung dan Berkerikil" untuk para pengendara motor. 

1. Saat berada di sirkuit lurus berlempung

Melewati jalan yang berlempung menimbulkan penggendara illfill dan gak doyan untuk melewati sirkuit semacam ini, apalagi bila kendaraan yang dipakai gres aja dicuci. Enggak bangets deh. Namun bila terpaksa melewati sirkuit yang semacam ini maka yang perlu kalian lakukan ialah melaju dengan kecepatan 20 sampai 25km/h. Tergantung juga dari ketebalan lempung nya. Jika sangat tebal, maka jangan segan-segan untuk menopang kendaraan anda dengan menurunkan kaki anda biar tetap seimbang sembari memacu gas kendaraan. 

Tetaplah berkonsentrasi apabila melewati sirkuit berlempung yang bercampur dengan air, gerakan yang salah dapat menimbulkan ban motor tergelincir. Jadi, tetap berhati-hati ya gengs. 

2. Saat berada di sirkuit lurus berkerikil

Kerikil disini _ dapat berada pada sirkuit beraspal dan berlubang atau pada sirkuit pasir yang bercampur dengan kerikil. Agar tetap seimbang dan tidak terjatuh melewati sirkuit menyerupai ini maka hindari watu yang nampak berkerumun didalam lintasan, kerumunan watu pada jalan menunjukan ada lubang didalamnya. Jika pengendara tak sadar melintasinya maka secara impulsif stir akan bergerak kearah yang tidak diinginkan dan menciptakan pengendara merasa menyerupai akan terjatuh. 
Tanpa konsentrasi yang tinggi juga menciptakan pengendara melaksanakan rem depan secara mendadak pada lintasan berkerikil ini, sehingga hal yang tidak diinginkan pun terjadi (jatuh dari motor itu menyakitkan gengs). 
Kecepatan yang kami sarankan pada sirkuit berkerikil ini ialah antara 20 sampai 30km/h. Kecepatan segini dapat meminimalisir benturan ban dengan watu ketika tanpa sengaja menginjak aspal yang berlubang. 

Note:
Baik di sirkuit berlempung maupun berkerikil JANGAN PERNAH MELAKUKAN REM DEPAN SECARA MENDADAK (terutama ketika berbelok). Jangan pernah lakukan itu gengs- Bahaya!!. Selain itu perhatikan juga kondisi ban yang kalian gunakan, bila ban yang kalian sudah botak, tipis atau halus maka lebih berhati-hati ketika melewati sirkuit berlempung dan berkerikil. 

Nah, itulah info mengenai "Cara Aman Agar Tidak Terjatuh atau Terpeleset di Sirkuit Lempung dan Berkerikil". Semoga bermanfaat