Inilah Cara Kerja Transmisi Auto Gear Shift Suzuki
Penasaran pastinya ya masbro dengan sistem transmisi AGS atau Auto Gear Shift yang digadang-gadang oleh Suzuki pada Karimun Wagon R? Sama dong..soalnya masi gundah dengan jargonnya adalah dapat manual, dapat matic. Menurut infonya, Transmisi otomatis 5 percepatan ini menjadi keunggulan utama Wagon R sebab menjadi satu-satunya kendaraan beroda empat murah ramah lingkungan dengan teknologi ini. Daripada gundah yuk kita simak Cara Kerja Transmisi Auto Gear Shift ini:
Secara prinsip, sistem AGS ini berkerja layaknya kendaraan beroda empat bertransmisi otomatis. Namun tentu ada perbedaannya, Transmisi AGS ini merupakan transmisi manual yang dijadikan matik tanpa pedal kopling. Masi gundah kan?
Teknologi AGS ini bekerja dengan mengintegrasikan sistem akuator hidrolik persisi yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) dan Transmission Control Modul (TCM). Keduanya mempunyai kegunaan untuk mengatur kerja kopling, persneling gigi, dan mesin. Dengan melalui prosedur ini, kita dapat menjajal transmisi manual tanpa repot menekan pedal kopling. Selain itu teknologi ini dapat menghemat materi bakar. Namun perpindahan gigi tergolong lambat dan juga berasa hentakannya.
Teknologi AGS ini hampir seolah-olah dengan Automated Manual Transmission (AMT) adalah memakai gearbox dengan kopling kering layaknya sistem manual, namun kerja kopling dikendalikan oleh sebuah pompa yang diatur secara elektronik. Dan sisitem ini biasanya juga banyak dipakai pada moil Eropa. Menurut informasi Suzuki Celerio juga akan memakai trasmisi ini. Gimana dah ngerti blom? Semoga dapat mengerti ya cara kerjannya ..hehe
Secara prinsip, sistem AGS ini berkerja layaknya kendaraan beroda empat bertransmisi otomatis. Namun tentu ada perbedaannya, Transmisi AGS ini merupakan transmisi manual yang dijadikan matik tanpa pedal kopling. Masi gundah kan?
Teknologi AGS ini bekerja dengan mengintegrasikan sistem akuator hidrolik persisi yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) dan Transmission Control Modul (TCM). Keduanya mempunyai kegunaan untuk mengatur kerja kopling, persneling gigi, dan mesin. Dengan melalui prosedur ini, kita dapat menjajal transmisi manual tanpa repot menekan pedal kopling. Selain itu teknologi ini dapat menghemat materi bakar. Namun perpindahan gigi tergolong lambat dan juga berasa hentakannya.
Teknologi AGS ini hampir seolah-olah dengan Automated Manual Transmission (AMT) adalah memakai gearbox dengan kopling kering layaknya sistem manual, namun kerja kopling dikendalikan oleh sebuah pompa yang diatur secara elektronik. Dan sisitem ini biasanya juga banyak dipakai pada moil Eropa. Menurut informasi Suzuki Celerio juga akan memakai trasmisi ini. Gimana dah ngerti blom? Semoga dapat mengerti ya cara kerjannya ..hehe
