Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Backup Dengan Twrp

Costum recovery ibarat TWRP tidak hannya mempunyai kegunaan untuk backup data saja namun juga sanggup dipakai untuk melaksanakan root, melaksanakan modifikasi pada sistem android kamu, dan juga sanggup mempermudah kau untuk melaksanakan install custom rom.

Tetapi melaksanakan custom rom atau melaksanakan modifikasi pada sistem android juga sanggup beresiko merusak device kau atau sistem yang berada pada android yang bahkan sanggup menjadikan bootloops atau bahkan brick.

Nah sebelum kalian melaksanakan hal-hal diatas sebaiknya kalian menciptakan backup data terlebih dahulu, soalnya bila sewaktu-waktu device kau mengalami kerusakan atau cuma merasa bosan dengan custom rom, kau sanggup me restore device kau ibarat semula. Sekarang ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Pertama device kalian harus sudah terintsall twrp. Kemudian lakukan booting ke costum recovery sesungguhnya tiap device punya cara yang berbeda untuk booting ke custom recovery tapi kebanyak device sama yakni matikan device anda, kemudian tekan tombol volume down dan power secara bersamaan, bila tidak berhasil komen saja dibawah tipe device kau apa.

Oke kini kalian sudah berada pada sajian android bootloader. Anda sanggup menggunkan tombol volume untuk navigasi kemudian cari sajian recovey mode kemudian tekan tombol power.

Kemudian anda akan masuk pada sajian twrp, kemudian tap pada goresan pena backup ibarat gambar dibawah ini.



Lalu akan muncul ibarat gambar dibawah ini, pastikan kau centang pada pilihan boot, system dan data.


Kemudian kau tinggal swipe pada bab bawah yang bertuliskan swipe to backup, maka proses backup akan berjalan, biasanya membutukan waktu 15 menit. Tunggu sampai proses bckup selesai, bila sudah simpulan akan muncul ibarat gambar dibawah.


Kalian tinggal tap pada goresan pena reboot system now. Nah kini kalian sudah berhasil menciptakan backup file termasuk data rom, data aplikasi, serta data-data penting lainnya. Sekarang data kalian sudah aman, maka kalian sanggup melaksanakan modifikasi pada android bila kemudian terjadi error tinggal restore aja file backup yang tadi. kalian juga sanggup melaksanakan backup secara bersiklus untuk memastikan file-file kalian aman.
(NB: Atur nama backup data anda sesuai tanggal anda melaksanakan backup semoga mempermudah anda dikala melaksanakan restore file).

sepakat kini tutorial cara restorenya

Masuk ke sajian twrp kemudian tap pada goresan pena restore ibarat gambar dibawah ini.



Lalu pilih file backup yang ingin kalian restore ibarat gambar dibawah.



Lalu kalian tinggal swipe pada goresan pena swipe to restore yang berada dibawah. Untuk lebih jelasnya kalian sanggup lihat gambar dibawah ini.



Biasanya kan memakan waktu 15 menitan untuk melaksanakan restore. Makara tunggu sampai proses selesai, sesudah simpulan kalian tinggal tap pada goresan pena reboot system. Kemudian sitem anda akan kembali ibarat semula, demikian tutorial singkatnya kalau anda mengalami kesulitan dalam melaksanakan backup dengan twrp kalian sanggup komen dibawah.