Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal-Soal Perihal Sensor Dan Transistor


  1. Apa yang disebut dengan light dependent resistor? Apa sifat-sifat terpentingnya? 
  2. Uraikan bagaimana anda sanggup menciptakan sebuah alat pengukur intensitas cahaya, dengan memakai sebuah light dependent resitor, sebuah multimeter, dan komponen-komponen lain apa pun yang diperlukan. 
  3. Gambarkan sebuah diagram sistem untuk alat pengukur cahaya yang anda uraikan pada soal 2! 
  4. Jelaskan mengenai salah satu thermistor yang pernah anda gunakan. Apa sifat terpenting dari komponen ini? 
  5. Apa  yang  dimaksud  dengan  istilah  ‘koefisien  suhu  negatif’? 
  6. Sebutkan tiga terminal pada sebuah BJT. Dari terminal manakah, di antara ketiga terminal yang disebutkan, arus mengalir keluar dari BJT dikala komponen ini disambungkan ke sebuah rangkaian? 
  7. Jelaskan bagaimana anda sanggup memperlihatkan cara kerja trnsistor dan jelaskan pula hasil apa yang akan anda peroleh! 
  8. Mana yang nilainya paling besar, arus kolektor, arus emitor, atau arus basis? 
  9. Gambarkan simbol yang dipakai untuk sebuah saklar push-to-make!
  10. Sebuah rangkaian saklar transitor memakai BJT untuk menyalakan sebuah LED, dikala suhu naik sampai melebihi suatu nilai yang telah ditetapkan. Gambarkan diagram sistem untuk rangkaian ini. 
  11. Gambarkan diagram rangkaian untuk rangkaian saklar pada soal 10, dan jelaskan bagaimana cara kerja rangkaian tersebut!
  12. Sebuah transistor dipergunakan sebagai saklar untuk menyambungkan arus (menyalakan) sebuah LED. Tegangan catu yang diberikan yaitu 12 V. Hitunglah nilai tahanan yang sesuai untuk resistor seri yang harus disambungkan ke transistor. 
  13. Apa  yang  dimaksud  dengan  istilah  ‘gain  arus  sinyal  kecil’? 
  14. Jelaskan bagaimana anda sanggup mengukur gain arus sinyal kecil dari sebuah BJT. 
  15. Ketika arus basis sebuah BJT bernilai 40 𝜇𝐴, arus kolektornya yaitu 35 mA. Ketika arus basisnya bernilai 65 𝜇𝐴, arus kolektornya yaitu 38 mA. Hitunglah gain arus sinyal kecil dari BJT ini! 
  16. Berapakah gain arus sinyal kecil yang tipikal untuk sebuah BJT? Berapakah tegangan basis-emitor sebuah BJT dikala berada dalam keadaan aktif?
  17. Apa yang dimaksud dikala sebuah BJT dikatakan berada dalam keadan saturasi?
  18. Mengapa transistor yang dipakai dalam sebuah rangkaian saklar transistor biasanya tidak membutuhkan piranti heat sink? 
  19. Rancanglah sebuah rangkaian saklar transistor yang akan dipakai bersama sebuah piranti ensor ORP12, untuk menyalakan sebuah lampu 12V 6W dikala level cahaya yang jatuh mengenai sensor melampaui suatu level tertentu. 
  20. Sebutkan keunggulan-keunggulan FET terhadap BJT dikala dipakai sebagai sebuah saklar. 
  21. Apa yang dimaksud dengan tegangan ambang (thresh-old) sebuah FET? 
  22. Apakah perbedaan antara gain dan transkonduktansi? 
  23. Sebuah FET mempunyai nilai transkonduktasi sebesar3S. tegangan gatenya berada di atas tegangan ambang dengan selisih sebesar 1,5 mV. Perubahan apa yang terjadi pada arus drain? 
  24. Gambarkan symbol yang dipakai untuk sebuah FET dan sebutkan nama-nama ketiga terminalnya!
  25. Sebutkan dua buah komponen pasif dan dua buah komponen aktif!
  26. Rancanglah sebuah rangkaian saklar FET untuk menyalakan sebuah lampu 230V, 100W yang ada di beranda sebuah rumah pada malam hari. 
  27. Rancanglah sebuah rangkaian saklar-sentuh untuk mengaktifkan sebuah prosedur pembuka kunci pintu 12V, 1,5A di dalam sebuah sistem keamanan. 
  28. Gunakan tabel data pada hal 85 untuk menentukan transistor yang sesuai untuk rangkaian-rangkaian di bawah ini: 
  • Rangkaian saklar untuk menyalakan sebuah LED yang bekerja dengan arus 20 mA dan arus basis yang besarnya tidak lebih dari 40  𝜇𝐴. 
  • Rangkaian saklar untuk mengaktifkan sebuah motor DC yang bekerja pada tegangan catu 3V dan dengan arus maksimum 1A. 
  • Tahapan output rangkaian penguat audio yang bekerja pada tegangan catu 18V, dan memakai sebuah alat pengeras bunyi 8Ω. 
  • Rangkaian saklar untuk sebuah komputer yang bekerja pada frekuensi 150 MHz. 
29. Sebutkan lima sumber data transistor yang tersedia bagi anda. Sumber mana yang paling bermanfaat dan mengapa demikian?