Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Membeli Kendaraan Beroda Empat Bekas Berkualitas - Bab #2



www.pelengkapotomotif.com Halo sahabat PO, berbicara mengenai kendaraan beroda empat bekas memang tidak ada habisnya ya, apalagi kalau kita ingin membeli kendaraan beroda empat bekas berkualitas. Pada kesempatan kali ini kami kembali membahas mengenai "5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas - Bagian #2". Untuk bab #1 nya kalian dapat membaca pada ulasan berikut >> 5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas - Bagian #1.

1. Eksterior Mobil


Bagian kendaraan beroda empat yang sering menjadi perhatian ialah eksterior mobil. Lakukan pengecekan pada bab yang paling pertama terlihat ini. Seperti :
  1. Bagian bodinya. Perhatikan apakah ada ukiran atau rusak pada bodi kendaraan beroda empat ini, bagaimana kondisi cat-nya, apakah masih mulus atau sudah kasar.
  2. Bagian kaca, apakah ada bab yang retak atau pecah. 
  3. Bagian lampu, apakah ada yang pecah dan dapat menyala dengan baik, atau malah cahaya lampu tersebut sudah tidak jelas lagi atau bahkan malah sudah tidak menyala lagi.
  4. Bagian keempat bannya, apakah masih baiklah atau sudah aus. 
  5. Bagian yang jarang terlihat. Salah satunya ialah bab kolong, cobalah untuk masuk ke kolong untuk melihat apakah ada yang karatan dan keropos.


2. Interior Mobil beserta aksesorisnya


Setelah selesai dengan bab eksterior, sekarang saatnya untuk mengamati bab interior kendaraan beroda empat beserta aksesorisnya. Beberapa komponen aksesoris dan interior kendaraan beroda empat yang perlu kalian cermati antara lain  ialah :
  1. Bagian dashboard, setel AC, karpet, serta perhatikan kualitas jok dan langit-langitnya. Pastikan untuk coba menduduki jok, tarik ke belakang, dan cek kualitas pelapisnya.
  2. Bagian kaca, pada bab beling ini cobalah dengan menaik-turunkan beling mobil. Cek pula tombol wiper serta kondisi buka-tutup pintu mobil.
  3. Bagian fasilitas, seperti  mengecek lampu sein, hazard, lampu depan, dan lampu rem. Radio atau akomodasi audio lainnya juga penting untuk kalian coba dengan cara menyalakan dan memutarnya.


3. Cek Fisik


Untuk lebih meyakinkan lagi, tidak ada salahnya untuk melaksanakan cek fisik di kantor samsat. Dengan cek fisik ini kalian akan dapat memastikan data dan isu yang tertera di dokumen BPKB dan STNK sesuai dengan yang bergotong-royong di mobil. Proses cek fisik ini tentunya dapat Anda lakukan sesudah mendapat izin dari pemilik atau penjual mobil. Jangan ragu untuk meminta cek fisik pada pemilik. Jika kalian memang sudah yakin akan membeli mobilnya, pemilik biasanya akan bersedia kalau mobilnya dilakukan cek fisik.

4. Asuransi


Selanjutnya ialah check asuransi. Cara dan trik untuk menentukan kendaraan beroda empat bekas yang anggun dan berkualitas ialah dengan memperhatikan asuransi yang ada pada kendaraan beroda empat tersebut. 

Jika kendaraan beroda empat bekas yang akan kalian beli memiliki asuransi tentu ini akan sangat lebih baik. Bagaimana dengan nama pemiliknya? Jangan khawatir asuransi dapat dipindahtangankan melalui proses balik nama pada perusahaan asuransi yang menjamin kendaraan yang hendak dibeli

Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen jual-beli yang komplet supaya proses balik nama asuransi ini dapat berjalan dengan lancar.

5. Teliti Sebelum Membeli 


Tips yang terakhir ialah teliti. Ini ialah faktor yang paling penting sebelum membeli, alasannya ialah ketelitian juga menentukan apakah kalian bakalan membeli kendaraan beroda empat bekas tersebut atau tidak. Teliti sebelum membeli menjadi hal yang wajib kalian lakukan sebelum membeli kendaraan beroda empat bekas. 

Hal ini tentu saja untuk menghindari Anda dari kerugian yang tidak perlu ibarat kerusakan kendaraan beroda empat bekas yang Anda beli hanya alasannya ialah Anda tidak teliti mengecek kondisi kendaraan beroda empat tersebut sebelumnya. 

Nah, itulah "5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas - Bagian #2". Dengan menerapkan beberapa tips diatas semoga memperlihatkan laba bagi kalian dalam melaksanakan pembelian kendaraan beroda empat bekas.