Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Angle Informasi (News Angle)

 wartawan terhadap sebuah insiden atau masalah Pengertian Angle Berita (News Angle)
ANGLE isu (news angle) ialah sudut pandang (poin of view) wartawan terhadap sebuah insiden atau kasus.

News Angle inilah yang akan membedakan isi isu antara satu media dengan media lainnya. Peristiwanya sama, namun alasannya ialah perbedaan news angle, konten dan pesan beritanya akan berbeda.

Pengertian Angle Berita

Secara harfiyah, news angle artinya sudut atau sisi berita. Angle sebuah berita muncul di bab teras (lead).

"Kamus" jurnalisme About mendefinisikan news angle sebagai "The angle is the point or theme of a news or feature story. The angle is found in the lede of the story."
Angle ialah poin atau tema sebuah isu atau feature. Angle ditemukan di teras cerita.

Istilah lain News Angle adalah News Peg, News Hook, dan Story Hook, yaitu pasak berita, pelatuk berita, momentum berita, cantelan berita, pokok berita, topik atau insiden aktual, atau situasi yang menjadi nilai isu (news value).

The Oxford Pocket Dictionary (2009) mengartikan News Peg sebagai an aspect or angle of a story that makes it newsworthy”  –aspek atau sudut pandang (angle, perspektif) sebuah insiden yang membuatnya bernilai isu atau patut dijadikan berita.

Namun, ada juga yang membedakan News Peg dengan Angle. Banjir ialah Angle. News Peg-nya ialah korban banjir atau warga yang mengungsi.

Beda News Peg dan News Hook

Ada juga yang membedakan antara News Peg dan News Hook. “People always get confused between a news peg and a hook  (understandingmarketing.com) . Orang-orang selalu galau antara pasak isu dan kail .

Contoh: reformasi perawatan kesehatan merupakan News Peg. Aksi demo di sentra kota untuk memprotes rencana perawatan kesehatan tersebut adalah Hook.

Angle isu dipengaruhi bahkan ditentukan oleh kebijakan redaksi (editorial policy) media daerah wartawan bekerja. Media pro-pemerintah akan mencari angle yang menaikkan gambaran pemerintah. Media oposisi akan mencari sisi negatif yang cenderung menjatuhkan gambaran rezim.

Sebuah insiden akan memunculkan banyak isu alasannya ialah si angle ini. Beda angle akan beda konten dan "pesan" dalam sebuah laporan jurnalistik (berita).

Demikian Pengertian Angle Berita (News Angle). Wasalam. (www.baticmedia.com).*


Sumber https://www.baticmedia.com/