Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Temperatur Kendaraan Beroda Empat Naik, Berikut Derma Pertamanya

Selang Dan Tutup Radiator Mobil Anda Tiba Tiba Lepas Disaat Sedang Berkendara Yang Diakibatkan Suhu Mesin/Temperatur Mobil Anda Meningkat.
Jangan Panik, Ada Solusi Jitu Mengatasinya.




Hai Sahabat , pada artikel ke empat ini, kita akan membahas cara mengatasi selang dan tutup radiator kendaraan beroda empat tiba-tiba lepas disaat sedang berkendara alasannya suhu mesin/temperatur kendaraan beroda empat meningkat dan penyebabnya.


Penyebab Suhu Mesin/Temperatur Mobil Meningkat.
Suhu mesin meningkat dapat terjadi akhir tekanan angin yang sangat besar di dalam radiator sehingga angin semakin usang semakin memadat akhir putaran mesin yang dapat mengakibatkan pecahnya radiator, lepasnya selang dan tutup radiator.
Penyebab utamanya ialah :
-Paking cylinder head sudah mulai bocor.
-Adanya kebalingan pada cylinder head.
-Tersumbatnya kanal air yang ada di dalam radiator dan mesin.

Gelaja-gejala awal yang perlu diketahui, ditandai adanya buih-buih udara di dalam radiator dan air di dalam radiator. Jika dibuka dalam keadaan lamsam maka air akan menembak ke atas. Jika ini sudah terjadi segeralah membawa unit kendaraan beroda empat anda ke bengkel langganan sahabat atau yang terdekat.

Cara Mengatasi Selang Dan Tutup Radiator Lepas Saat Berada Di Jalan

1. Selang radiator lepas tiba-tiba,
 mesin hingga mati sendiri.
Pada umumnya bila mesin tiba-tiba mati alasannya selang radiator lepas, janganlah pribadi mengisi air. Ini dapat berdampak parah, karna suhu mesin melebih batas normal.
Langkah yang harus dilakukan si driver ialah hening dan cari lokasi yang aman, kemudian bukalah cap atau epilog mesin dan tunggu hingga mesin benar-benar dingin. Ini dapat memakan waktu hingga berjam-jam. Ingat tutup radiator jangan di buka. Setelah mesin sudah masbodoh pasanglah kembali selang yang tadinya lepas, kemudian putarlah poli mesin dengan manual menggunakan tangan, apakah mesinnya masih dapat berputar, bila masih bisa, isilah airnya hingga penuh dan hidupkan mesin. Tapi bila mesin sudah tidak dapat berputar, berarti mesin sudah jim total dan tidak dapat untuk beroperasi lagi.
Catatan: Di usahakan tabung cadangan radiator masih aktif, semoga tidak terjadi lagi selang copot, maka guntinglah setengah karet tutup radiator, ini berfungsi semoga tekanan angin dapat keluar melalui tabung cadangan.

2. Tutup radiator copot tiba-tiba.
Sebenarnya kedua insiden ini cara penangannya sama. Namun yang satu ini sering terjadi, tapi mesin masih tetap hidup.

Cara penanganan :
-Biarkanlah mesin hidup dengan putaran lamsam atau normal dan radiator terlebih dahulu disiram di belahan atasnya menggunakan air,agar temperatur suhunya dapat pribadi turun. Kemudian isilah air radiator hingga penuh. Pada insiden ini, karet tutup radiator juga harus di potong setengah.

Cara mengoperasikan kendaraan/mobil semoga insiden diatas tidak terulang kembali :
1. Lakukan step by step menurut isyarat yang sudah saya lampirkan diatas.
2. Jika biasanya anda menggunakan Rpm tinggi, alangkah baiknya mengurangi Rpm dan mengurangi kecepatan mobil, jangan terlalu memaksa putaran mesin.

Catatan :
Untuk pengoperasian kendaraan beroda empat truck muatan berat, bila pada ketika menanjak kendaraan beroda empat anda biasanya menggunakan gigi 3, dengan rpm 2000. Maka lebih baik menggunakan gigi 1 atau gigi 2, dengan rpm di bawah 1800
Kurangilah menggunakan exhaust breat (rem angin). Jika pada ketika jalan datar jangan terlalu memacu kendaraan beroda empat tapi ikuti irama putaran mesin.

Nah mungkin hanya ini saja yang bisa Mekanik Zaman Now bagikan untuk kita semua.
Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa SHARED, agar dapat membantu orang lain juga.
Jika artikel ini kurang membantu atau ada pertanyaan perihal penyebab dan solusi mengatasi selang dan tutup radiator tiba-tiba lepas disaat anda sedang berkendara, silahkan tulis dikolom komentar.
Terimakasih.