Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan

 Sudah diketahui bahwa manfaat minyak ikan baik untuk kesehatan sebab mengandung omega  11 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan

Photo Credit: Pexels.com
DokterSehat.Com– Sudah diketahui bahwa manfaat minyak ikan baik untuk kesehatan sebab mengandung omega 3. Tubuh kita tidak sanggup menciptakan omega-3, balasannya untuk menerima jumlah yang diperlukan kita harus mengonsumsi kuliner yang mengandung omega-3 atau suplemen. Selain pada ikan berlemak, omega-3 juga banyak ditemukan pada kacang walnut, minyak canola, zaitun, flaxseed, serta kacang kedelai.
Dibandingkan sumber nabati, omega-3 yang berasal dari binatang tetap yang terbaik. Ini sebab minyak ikan mempunyai dua jenis asam esensial, yakni eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Sementara sumber nabati hanya mengandung asam lemak aplha-linolenic acid (ALA). Riset-riset mengatakan manfaat EPA dan DHA jauh lebih besar daripada ALA.
Omega-3 minyak ikan bisa ditemukan pada ikan salmon, ikan kembung dan tuna. Mengonsumsi ikan dua kali seminggu akan memberi manfaat kesehatan bagi Anda dan keluarga.

Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan

Berikut yaitu beberapa laba besar dari minyak ikan:
  1. Minyak ikan mencegah serangan jantung. Dr Alexander Leaf dan kolega di Harvard Medical School menyatakan, bahwa dengan mengonsumsi ikan, ibarat salmon atau tuna dua kali seminggu sanggup mencegah serangan jantung. Tidak hanya itu saja, penelitian di Universitas Southampton pun menyatakan demikian, Omega-3 yang terkadung dalam ikan bisa melindungi terhadap penyakit jantung dan stroke.
  2. Selain itu, minyak ikan sanggup mengurangi risiko janjkematian dari serangan jantung mendadak. Ketua peneliti Dr. Roberto dan Consortia Mario, Lembaga Penelitian Santa Maria Embargo, Italia menemukan satu kasus, yaitu dalam takaran harian gram omega-3 minyak ikan cukup signifikan untuk mengurangi janjkematian dari serangan jantung mendadak hingga 42%.
  3. Khasiat minyak ikan membantu mengurangi tanda-tanda lupus. Para peneliti di Irlandia Utara Universitas Ulster menemukan bahwa orang dengan penyakit lupus yang makan ikan tongkol, ikan kembung dan ikan serupa berisi omega-3 minyak ikan sanggup mengurangi tanda-tanda lupus.
  4. The Institute Paterson menemukan bahwa minyak ikan omega-3 bisa melindungi atau mencegah terkena kanker prostat.
  5. Minyak ikan mengurangi pertumbuhan kanker payudara. Para peneliti dari Indiana University menemukan bahwa asam lemak omega-3 sanggup mengurangi pertumbuhan sel kanker payudara.
  6. Minyak ikan mengurangi radang. Para peneliti dari Harvard Medical School dan Brigham dan Women’s Hospital menemukan bahwa diet tinggi dalam minyak ikan sanggup membantu meningkatkan kondisi tubuh dan menghindarkan dari sakit radang.
  7. Manfaat minyak ikan mencegah beberapa tanda-tanda kanker lanjutan. Profesor Kevin Fearon dan rekan-rekan di Edinburgh Royal Infirmary menemukan bahwa minyak ikan bisa mencegah cachexia-wasting yang parah dan berat tubuh yang bekerjasama dengan beberapa jenis kanker lanjutan.
  8. Khasiat minyak ikan bisa menanggulangi asma. Para peneliti di Universitas Cambridge menemukan bahwa minyak ikan sanggup melindungi tubuh dari gangguan pernapasan atau asma.
  9. Peneliti di Universitas Bristol menyatakan bahwa minyak ikan untuk anak anggun untuk visual otak dan perkembangan anak-anak
  10. Fungsi minyak ikan membantu sindrom kelelahan kronis. Dr. Basant Puri dan rekan-rekan di Rumah Sakit di London menemukan bahwa mengonsumsi aksesori omega-3 minyak ikan sanggup membantu untuk meringankan beberapa tanda-tanda berkaitan dengan sindrom kelelahan kronis.
  11. Karena manfaat terbesar minyak ikan berasal dari kandungan antiinflamasi, omega-3, para andal percaya minyak ikan juga efektif mencegah penyakit akhir inflamasi seperti artritis rematoidosteoporosis, menjaga kesehatan mata, menurunkan risiko penolakan sesudah pencangkokan jantung dan ginjal, mengurangi tanda-tanda depresi, gangguan konsentrasi, penyakit jiwa berat Schizophrenia, atau gangguan bipolar.
Meski sumber alami, yakni mengonsumsi ikan langsung, dianggap lebih baik daripada aksesori tetapi sebaiknya Anda mencurigai kemungkinan ikan tercemar merkuri atau logam berat.
Untuk menyiasatinya, pilihlah ikan berukuran kecil, contohnya sardin yang mengandung toksin lebih sedikit sebab mereka berada di bawah rantai makanan. Makin besar ukuran ikan, makin besar pula kemungkinan ia terkontaminasi. Bila ingin membeli minyak ikan, pilihlah yang berkualitas tinggi dan produknya punya reputasi baik.