Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Penyebab Sistem Kemudi Kendaraan Beroda Empat Tidak Stabil, Berikut Cara Perbaikannya!

Sistem Kemudi Mobil Anda Tidak Stabil,,,,,?????
Apa lagi dikala sedang memacu kendaraan, setir sanggup lari ke kiri dan ke kanan....
Ketahui penyebab dan cara perbaikannya.

Hai semua sahabat , pada artikel ke enam ini, kita akan membahas 4 penyebab sistem kemudi kendaraan beroda empat anda tidak stabil pada kendaraan beroda empat tipe truck roda 6 dan 10.

Pada dasarnya cara kerja sistem kemudi pada semua kendaraan beroda empat sama, hanya saja komponen-komponen utama saja yang berbeda.
Sebelum kita mengetahui 4 penyebab sistem kemudi yang tidak stabil, marilah kita mengetahui perihal sejarah sistem kemudi kendaraan beroda empat fungsi dan juga komponen-komponen utama yang terdapat pada sistem kemudi.

SEJARAH SISTEM KEMUDI.
Sistem kemudi kendaraan beroda empat pertama kali di dunia ialah tiller. Tiller ialah sebuah sistem kemudi yang berbentuk tongkat, ibarat sistem kemudi pada bahtera motor dan hanya sanggup di gerakan ke kiri atau ke kanan.
                       
Pada tahun 1894 Alfred Vacheron dalam mengikuti lomba Paris-Rouen menggunakan kendaraan beroda empat model Panhard 4 hp yang telah dilengkapi dengan roda kemudi, bukan lagi tiller. Sistem kemudi inilah yang di percaya sebagai cikal bakal setir kendaraan beroda empat (roda kemudi).

Mulai dari tahun 1898, mobil-mobil keluaran Panhard et Levassor telah dilengkapi setir (roda kemudi). CS Rolls memperkenalkan kendaraan beroda empat pertama di Inggris dilengkapi dengan roda kemudi ketika beliau mengimpor 6 hp Panhard dari Perancis pada tahun 1898 dan mengganti sistem kemudi tiller di mobilnya.

Pada tahun 1898, Thomas B. Jeffery dan putranya, Charles T. Jeffery, menyebarkan dua kendaraan beroda empat eksperimental maju yang menampilkan mesin depan serta roda kemudi yang dipasang di sisi kiri. Akan tetapi gres pada tahun 1903 sebuah perusahaan pembuat kendaraan beroda empat Ramblers, gres menggunakan setir hanya di kendaraan beroda empat jenis ramblers model E yang merupakan kendaraan beroda empat produksi masal. Pada 1904 gres seluruh kendaraan beroda empat keluaran rambler telah menggunakan setir (roda kemudi). Dalam satu dekade, sistem kemudi jenis setir (Roda kemudi) telah menggantikan sistem kemudi jenis tiller di mobil-mobil dikala itu.

FUNGSI SISTEM KEMUDI.
Pada setiap kendaraan beroda empat niscaya mempunyai yang dinamakan sistem kemudi atau setir, fungsi setir ialah Sistem kemudi pada kendaraan beroda empat sanggup mengatur arah kendaraan dengan cara membelokkan roda kepingan depan kendaraan kearah kiri atau kanan sesuai dengan putaran dari roda kemudi.

Dari klarifikasi di atas kita sudah mengerti perihal sejarah dan fungsi sistem kemudi mobil. Dan kita juga harus mengerti komponen-komponen utama pada sistem kemudi dan fungsi komponennya juga.

Komponen-Komponen Utama Sistem Kemudi Beserta Fungsinya.
1.DAUN SETIR
BERFUNGSI sebagai pengarah putaran roda kiri dan kanan, dan juga pembentuk putaran.

2.AS SETIR
BERFUNGSI  sebagai penerus putaran dari daun setir ke BLOCK setir.

3.BLOCK SETIR
BERFUNGSI sebagai peringan putaran setir, dan sekaligus merubah arah kanan kiri menjadi maju mundur.

4.TIE ROD PENDEK ATAU DRAG LINK (SETIAP BENGKEL BERBEDA BAHASA)
BERFUNGSI sebagai peserta sorongan dari block setir dan meneruskannya ke AS RODA, dan PENYETABIL SETIR.

5.AS RODA
BERFUNGSI mengembalikan arah maju mundur menjadi kanan kiri. Dan sebagai rujukan ban. (Keterangan as roda bahwasanya mempunyai banyak fungsi tapi lantaran kita membahas perihal setir, maka fungsinya aku paparkan hanya satu).

6.AS PIKUL
BERFUNGSI sebagai daerah rujukan dari as roda, dan sebagai penghubung ban kanan dan kiri.

7.TIE ROD PANJANG
BERFUNGSI sebagai penghubung putaran roda kanan ke roda kiri, dan juga sebagai penyetabil roda semoga tetap lurus.


PENYEBAB UTAMA SETIR TIDAK STABIL DAN CARA PERBAIKANNYA .
1. Adanya kebalingan pada velag ban.
(cara perbaikan sanggup dengan meratakan kembali velag ban ke tukang peres).

2. Setelan yang ada pada TIE ROD PANJANG tidak rata.
(cara perbaikan sanggup mengukur ulang kerataan ban dengan meter, jikalau sanggup dibantu dengan orang yang sudah professional di bidang bengkel).

3. Guli-guli yang ada pada TIE ROD PANJANG DAN PENDEK sudah mulai koclak, ini di sebabkan lantaran adanya ukiran oleh guli-guli dan rumah guli-guli yang tidak di lumasi.
(cara perbaikan sanggup dengan mengganti yang gres atau membubutkan tie rod tersebut).

4. Adanya ke AUSAN pada ayunan spring.(cara perbaikan hanya dengan mengganti pen spring).

Nah mungkin hanya ini saja yang bisa Mekanik Zaman Now bagikan untuk kita semua.
Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa SHARED, agar sanggup membantu orang lain juga.
Jika artikel ini kurang membantu atau ada pertanyaan perihal penyebab dan cara perbaikan sistem kemudi mobil, silahkan tulis dikolom komentar.
Terimakasih.