Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Kerusakan Kipas Angin Dan Cara Memperbaiki



Mengalami kerusakan pada barang elektronik tentunya hal biasa yang niscaya akan terjadi pada barang-barang elektronik milik kita. Kali ini saya akan membahas problem kerusakan pada kipas angin yang sering terjadi dan bagaimana cara mengatasinya. Biasanya kalau kita mengalami sedikit problem pada barang elektronik niscaya kita lagsung membawanya ke bengkel servis elektronik atau membeli gres lagi atau malah pribadi Anda jual kipas angin Anda ke penadah elektronik, pada hal kerusakan yang terjadi tidak terlalu parah, malah sebetulnya kita sendiri pun dapat memperbaikinya.

Sebelum kita membahas ke topik pembahasan, ada baiknya Anda ketahui dahulu komponen kipas angin supaya memudahkan Anda dalam perbaikan serta dengan mengenal komponen dari tiap bab kipas akan memungkin untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada kipas angin. Komponen kipas angin sendiri terdiri dari kabel listrik dan colokkan, motor kipas, baling-baling, kapasitor, gear box, dan bearing. Nah sehabis Anda mengetahui komponen kipas mari sama-sama kita ulas apa saja kerusakan yang sering terjadi pada kipas angin.

Berikut ini beberapa kerusakan yang sering kita jumpai pada sebuah kipas angin.

1. Kipas angin tidak dapat berputar / berputar lambat dan terdengar bunyi dengung di dalam kipas
Masalah ini terjadi alasannya bushing atau bearing yang berada didalam kipas mengalami kerusakkan. Bearing yang sudah rusak biasanya tidak dapat lagi diperbaiki dikarenakan pengunci epilog bearing telah patah sehingga kita harus menggantinya dengan yang baru. Harga bearing dipasaran sekitar lima belas ribu rupiah.

Bentuk bearing yang sudah rusak biasanya berwarna hitam menyerupai terbakar. Di dalam kipas angin bushing berfungsi untuk daerah kedudukan as kipas. Jika kedudukan ini tidak manis maka sudah dipastikan kipas tidak akan dapat berputar dengan baik atau bahkan tidak dapat berputar sama sekali. Kerusakkan yang terjadi pada bushing biasanya diakibatkan alasannya kehausan. Selain itu juga alasannya getaran keras.

Cara mengganti bushing kipas angin:

1. Buka semua cover atau epilog kipas.
2. Lepaskan ke empat baut yang berada dibagian belakang (dekat kumparan).
3. Keluarkan bushing yang rusak dan ganti dengan yang baru.
4. Setelah tamat pasang ke empat baut dan pasang baling-baling.
5. Coba dulu tes hidupkan kipas.
6. Jika sudah ok, pasang kembali semuanya.

2.Kipas angin mati total
kipas angin dengan kerusakan mati total ditandai dengan bila tombol di ON dipencet, baling-baling kipas tidak berputar, tidak ada getaran sama sekali di motor kipasnya (seperti tidak ada arus listik yang masuk), untuk cara mengatasinya pertama periksa sekring, kabel power mungkin putus, cek tombol speednya, cek tombol timer bilak ada. Apabila ke empat elemen tersebut dalam kondisi baik kemudian untuk langkah kedua, cek motor kipas (cek memakai multi tester) mungkin gulungannya putus atau bahkan terbakar (kemungkinan paling fatal).

3. Kipas angin tidak dapat berputar dan tidak ada bunyi dengung di dalam kipas
Pada kasus ini dapat dipastikan sekring (fuse) yang berada di dalam kipas telah putus. Sekring yakni suatu komponen pengaman dalam peralatan elektronik. Jika diaplikasikan pada kipas angin sekring berfungsi sebagai pengaman dari panas yang berlebihan sehingga akan melindungi kumparan supaya tidak terbakar. Sekring akan memutuskan dirinya bila kondisi kumparan terlalu panas begitulah cara kerja dari sekring. Untuk memastikan sekring rusak atau tidaknya dapat dilakukan dengan cara mengukur memakai multitester.

4. Kipas angin Baling-baling berputar tetapi pelan.
Kerusakan menyerupai ini ditandai dengan, apabila tombol di ON kan motor/dinamo kipas akan bergetar menyerupai dengung, baling-baling berputar pelan atau bahkan tidak berputar sama sekali. berikut solusi untuk kerusakan menyerupai ini. Pertama pastikan bahwa AS nya tidak seret / macet (jika macet harus dibersihkan dulu), Kedua pastikan bahwa antara as dengan bos (bearing) nya tidak goyang/ kendor, sehabis kedua langkah tersebut sudah baiklah tetapi kipas ndak mau berputar juga kita ambil langkah berikutnya yaitu ganti kapasitornya ( biasanya ukuran 1 mf, 1.5 mf dan sebagainya)

5. Kipas angin salah satu speednya mati
Misal kipas angin Anda memiliki 3 tombol speed, tetapi speed no 3 mati, kemungkinan pertama kerusakan pada tombol speednya, kemungkinan kedua kerusakan pada motor/dinamo kipasnya.

6. Kipas angin tidak dapat Tengok kanan dan kiri
Untuk kerusakan menyerupai ini periksa bab belakang motor/dinamo kipas, biasanya alasannya terlalu usang digunakan baut pengunci antara dinamo dan roda gigi kendor. untuk kipas angin yang memakai dinamo tersendiri, periksa saklar on/off nya dan ada kemungkinan dinamo penggeraknya yang rusak.

7. Untuk kerusakan non tehnis
seperti, baling-baling paecah , leher kipas angin patah dan sebagainya , dapat kita ganti atau perbaiki dengan spare part kipas yang sudah rusak. Anda dapat mendapat nya di daerah jual beli barang bekas yang jual kipas angin tidak hidup.

Demikianlah solusi cara memperbaiki kipas angin sendiri dengan lebih mudah. Anda kini kita tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaiki kipas angin yang harusnya dapat diperbaiki sendiri. Lakukanlah perawatan pada kipas angin secara terjadwal supaya tidak ada bubuk yang menumpuk pada kipas.



Sumber https://cubalibre1110.blogspot.com/