Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar-Dasar Humas Online (Cyber Pr)

Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dan Dasar-Dasar Humas Online -- Keahlian yang Harus Dimiliki Praktisi Cyber PR.

HUMAS Online--dikenal juga dengan istilah Digital PR, Cyber PR, atau Electronik PR (e-PR)-- ialah istilah dan kiprah gres humas seiring perkembangan media internet.

 Keahlian yang Harus Dimiliki Praktisi Cyber PR Dasar-Dasar Humas Online (Cyber PR)

Pengertian Humas Online / Cyber PR

Humas Online atau Cyber PR ialah praktik kehumasan yang dilakukan dengan memakai media internet.

Dalam humas online, membangun merek (brand) dan memelihara kepercayaan (trust), pemahaman, gambaran perusahaan/organisasi kepada public/khalayak dan sanggup dilakukan secara one to one communication bersifat interaktif. (Kamus Komputer dan Teknologi Informasi, 2006).

Kegiatan Cyber Public Relations ataub Humas Online antara lain mengikuti publikasi mailing list yang sesuai dengan sasaran market perusahaan kita, publikasi artikel, press release, atau e-newsletter melalui website dan akun resmi media umum instansi/perusahaan.

Praktisi Humas remaja ini dituntut bisa menyesuaikan diri dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), lebih dari sekadar berilmu menulis --sebagai "tradisional skills" humas -- dan lincah berbicara (speaking skills).

Kemunculan konsep gres kehumasan, menyerupai Corporate Blogging, Corporate Journalism, dan Social Media Strategy menciptakan praktisi humas harus familiar dengan teknik komunikasi melalui media gres (new media).

Praktisi humas bisa memulai kemahirannya di bidang media online dan media umum dengan cara:

1. Blogging.

Membuat blog pribadi untuk melatih keterampilan menulis di media online, juga mengakrabi bahasa pemrograman menyerupai CSS, HTML, Javascript, dan php. Untuk itu, buatlah blog di Blogger.

2. Netizen.

Jadilah user internet yang aktif. Share dan publikasi info aktual, aktif di forum-forum, minimal aktif di Facebook dan Twitter untuk membiasakan diri bergaul dengan komunitas online atau masyarakat dunia maya.

Karakteristik & Manfaat Humas Online

Karakteristik utama Humas Online tentu saja ialah kiprah pokok dan fungsi kehumasan itu dilakukan secara online melalui media internet, menyerupai memakai email, e-newsletter, blog, situs web instansi/perusahaan, dan media sosial/jejaring sosial.

Sebagaimana jenis komunikasi online pada umumnya, humas online mempunyai karakteristik dan manfaat antara lain sebagai berikut:

1. Real Time & All Time.
Bisa dilakukan ketika ini juga dan sepanjang waktu (24 jam).

2. Interaktif.
Terjadi proses komunikasi dua arah. Publik atau klien bisa memperlihatkan feedback secara eksklusif dan cepat.

3. Multimedia.
Informasi yang disampaikan bisa berupa goresan pena (script), gambar (grafis), bunyi (audio), audio‐visual (film, video), dan link (tautan).

Cyber PR Tools - Perangkat Humas Online

Perangkat humas online, sebagaimana dikemukakan The PR Doc, antara lain:
  1. Website
  2. Online Press Release
  3. Article Marketing
  4. Online Newsletter
  5. Blog
  6. Other Social Media.

Keahlian Humas Online

Praktisi Humas Online dituntut mempunyai sejumlah pengetahuan dan keterampilan terkait media online dan media sosial.

Konsultan humas digital, Arik Hanson, dalam  “10 skill the PR Pro of 2022 MUTS have” menyebutkan 10 jenis keterampilan yang harus dimiliki humas modern:
  1.  Advertising copywriting
  2. Video editing/production
  3. Mobile
  4. Social content creation/curation
  5. Analytics
  6. SEO
  7. Speed to information
  8. Programming skills
  9. Managing virtual teams
  10. Blogger outreach
Laman Braa The Enterprises juga menyebutkan 10 keahlian humas profesional di masa media online:
  1. Knowledge of the AP Stylebook
  2. Being able to blog
  3. Keeping up with the times and information while remaining educated on emergent trends and issues
  4. Able to Shoot and Edit Video
  5. Being Bilingual
  6. Knowledge of Advertising
  7. SEO Expertise
  8. Create and curate content on social media
  9. Programming skills
  10. Writing Skills
Demikian ulasan ringkas kiprah pokok dan fungsi (tupoksi) serta dasar-dasar humas online yang sanggup menjadi contoh bagi peningkatan kualitas SDM kehumasan dan "perubahan kurikulum" jurusan humas di sekolah tinggi tinggi.

Kami siap memfasilitasi inhouse training ihwal Humas Online ini. Wasalam. (www.baticmedia.com).*


Sumber https://www.baticmedia.com/