Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tema/Arah Penelitian Pembuatan Profosal Perkuliahan Seminar Profosal S1 Pgsd

Menginjak semester 7 khususnya Perkulian PGSD - tentunya akan bertemu dengan mata perkuliahan Seminar Profosal. Dimana mata perkuliahan ini sebagai materi dasar untuk menyusun skripsi nanti. Pada kali ini saya akan bagikan Tema//Arah penelitian dalam pembuatan profosal khususnya dalam kajian bidang Ilmu Pengetahuan Sosial.

Baca juga : PEDAGOGIK

Sebelumnya saran dari saya kalian perdalam dan teliti minat/bakat kalian untuk mempermudah dalam pembuatan profosal kalian hingga menyusun skripsi. Kalian bisa cari minat/bakat kalian di sini https://scholar.google.com/, di sana kalian juga akan disajikan ribuan jurnal dari banyak sekali sumber.

 tentunya akan bertemu dengan mata perkuliahan Seminar Profosal Tema/Arah Penelitian Pembuatan Profosal Perkuliahan Seminar Profosal S1 PGSD
Tema/Arah Penelitian Pembuatan Profosal Perkuliahan Seminar Profosal S1 PGSD

Tema Penelitian Profosal Bidang Kajian IPS


Tema penelitian bidang kajian Ilmu pengetahuan Sosial terdapat 6 kategori, yaitu :


1. Keterampilan Sosial

Keterampilan sosial yang perlu dimiliki oleh setiap siswa tersebut yakni:
1) Kerjasama, Saling bertoleransi, Menghargai hak- hak orang lain, dan Peka terhadap orang lain,
2) Memiliki kontrol diri, dan
3) Berbagi pendapat dan pengalaman dengan orang lain.

Jika kalian mengambil penelitian metode ini, kalian akan meneliti banyak sekali aspek keterampilan sosial yang telah di jelaskan di atas ibarat bekerja sama, toleransi dan lain-lain terhadap setiap siswa.

2. ECO Pedagogic (Pendidikan Ramah Lingkungan)

Eco Pedagogic merupakan adonan dua kata/istilah yakni Ekologi/Ecology mengandung arti ilmu yang mempelajari kekerabatan timbal balik antara semua makhluk hidup dengan lingkungannya, dan Pedagogic/Pedagogy artinya ilmu pendidikan. Kaprikornus sanggup disimpulkan EcoPedagogic adalaha ilmu pendidikan yang mempelajari mengenai kekerabatan makhluk hidup dengan lingkungannya atau daerah tinggalnya.

Ketika mengambil metode ini untuk pembuatan profosal maupun sekaligus penyusunan skripsi, kalian harus melaksanakan Observasi dan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kalau mau mengambil metode ini.

Contohnya : Ketika kalian memiliki permasalahan di suatu daerah terdapat belum dewasa memiliki kebiasaan membuang sampah sembarangan, nah itu bisa dijadikan untuk materi penelitian mengapa anak tersebut membuang sampah sembarangan secara terus menerus tentunya niscaya ada yang melatar belakanginya.

3. Ethno Pedagogic (Kajian Budaya)

Selain ECO Pedagogy ada juga yang dinamakan dengan Ethno Pedagogic. Ethno Pedagogic yaitu Ilmu yang mempelajari atau mengkaji kebudayaan. Ethno Pedagogic juga bisa dijadikan sebagai materi untuk Penelitian dalam pembuatan profosal hingga Skripsi. 

Apabila mengambil metode ini dalam melaksanakan tindakan penelitian, Kalian harus melaksanakan penelitian dengan metode Penellitian Tindakan Kelas (PTK). Karena bersangkutan dengan kebudayaan, kalian hharus observasi ke lokasi yang terdapat persoalan yang dilatarbelakangi oleh kebudayaan. Seperti referensi permasalahannya : Budaya absurd yang masuk ke negara Indonesia  dalam gaya berpakaian dan gaya rambut ibarat Celana jeans di sobek-sobek ataupun gaya rambut skin head yang banyak ditiru oleh belum dewasa di Sekolah. Itu tentunya merupakan suatu permasalahan yang harus di atasi dan dipecahkan sebab sisi negatifnya sangat banyak dan tentunya juga akan menganggu terhadap acara mencar ilmu mengajar di sekolah.

4. Pendidikan Global

Pendidikan Global yaitu Pendidikan yang menanamkan pandangan mengenai dunia yang diajarkan terhadap akseptor didik/siswa dengan mengaitkan antar budaya, kondisi insan maupun planet bumi.

Pendidikan Global tentunya bisa dijadikan sebagai materi dasar atau tema penelitian unuk pembuatan profosal dalam penyusunan skripsi. Karena Pendidikan global seiring berkembangnya jaman kearah yang lebih modern, banyak hal-hal dan fenomena negatif yang terjadi tanggapan berkembangnya pendidikan global

Jika kalian ingin mengambil metode ini, terlebih dahulu kalian harus bisa bagaimana cara membuka mainset/cara berpikir anak. Karena permasalahan dalam pendidikan global ini anak berpikir bahwa orang lain bertingkah atau memiliki pola pikir yang sama. 

Seperti misalnya : Ketika ia memperabukan sampah tentunya akan merusak lingkungannya, anak itu berpikir bahwa semua orang pemikiran dan tingkah lakunya akan sama ibarat dirinya sendiri. Dari referensi permasalahan tersebut kalian bisa menciptakan judul penelitian permasalahan kalian dikala mengambil metode Penelitian Pendidikan Global.

5. Pendidikan Multikultural

Mendengar kata Multikultural tentunya sudah tidak absurd lagi di indera pendengaran kita. Pendidikan Multikultural yaitu pendidikan yang menghargai setiap perbedaan (Toleransi). Tentunya banyak sekali permasalahan di sekolah untuk dijadikan materi penelitian mengenai pendidikan multikultural. Contohnya ibarat perbedaan agama, RAS, dan yang sering kita lihat dan sering terjadi yaitu Bullying.

Contoh persoalan tersebut bisa kalian gunakan untuk judul atau materi penelitian  dikala kalian ingin mengambil metode ini saya akan berikan 1 referensi Judul/Tema ibarat : Pengaruh Bulying terhadap Proses Pembelajaran anak di Dalam lingkungan kelas.

6. PAKEM 

Pakem merupakan kependekan dari Pelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan. Melihat pengertian PAKEM tersebut tentunya kalian niscaya akan mengerti. Apabila kalian ingin mengambil metode ini pertama kalian harus terjun kedunia/lingkungan mencar ilmu anak bisa dengan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). 

Jika dalam proses pembelajaran kalian mendapati banyak sekali permasalahan ibarat anak malas belajar, bosan, mengantuk, kalian bisa memakai metode PAKEM ini untuk materi penelitian dalam pembuatan profosal hingga skripsi. Tentunya banyak judul atau tema yang bisa kalian dapatkan melalui metode ini ibarat Pengaruh Menyanyikan Lagu belum dewasa sebelum pembelajaran terhadap Proses Pembelajaran.

7. IT Literasi

IT Literasi yaitu Ilmu Teknologi berupa seperangkat keterampilan Guru dengan memakai sumbangan media gambar/video. Seiring berjalannya jaman tentunya banyak sekali di dunia maya gambar maupun video pembelajaran/Media untuk membantu proses mencar ilmu mengajar yang efektif. Karena belum dewasa identik menyukai gambar/video kalian bisa jadikan Metode IT Literasi ini sebagai materi atau judul untuk penelitian kalian.

Metode ini bergotong-royong sedikit berkaitan dengan metode PAKEM diatas. Contohnya dikala menerima permasalahan dalam pembelajaran ibarat anak bosan, tidur kalian bisa memakai media ini untuk membangkitkan minat mencar ilmu anak ibarat memakai video dengan di bantu LCD Projector.

Berikut ini Susunan pembuatan Profosal BAB 1 yang baik dan benar.
  1. Judul
  2. Latar Belakang
  3. Rumusan Masalah
  4. Tujuan Penelitian
  5. Manfaat Penelitian

Dari klarifikasi ke 7 kepingan diatas sebagai metode untuk pembuatan Tema/Judul pembuatan profosal, kalian bisa mengambil salah satunya. Pililah salah satu yang kalian rasa minat/bakat kalian ada disalah satu metode tersebut. Seperti yang telah saya bahas diatas, kalau kalian merasa resah dalam memilih arah/penelitian, kalian bisa mengunjungi https://scholar.google.com/, disitu juga telah disediakan ribuan jurnal terbaik sebagai materi referensi untuk pembuata skripsi.


Demikian klarifikasi mengenai Tema atau Arah Penelitian dalam pembuatan profosal dalam bidang kajian IPS, supaya bisa memudahkan pekerjaan rekan-rekan terutama mahasiswa tingkat akhir. Apabila ada yang ingin ditanyakan bisa hubungi lewat kontak yang telah disediakan. Terima kasih.