Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akun Facebook Diretas | Cara Cek Warta Langsung Yang Dicuri Pada Akun Anda

Facebook bulan kemudian menegaskan bahwa beberapa juta akun diretas di situs web sosial media facebook dan data penggunanya dicuri. Kemarin, terungkap bahwa tepatnya 29 juta akun telah dicuri bebarapa informasi pribadinya dan detail informasinya menyerupai nama, sekolah, sekolah tinggi tinggi, nomor kontak, dan beberapa informasi lainnya. Perusahaan menyampaikan mereka bekerja sama dengan FBI untuk menilik apakah ada layanan lain yang terpengaruh dengan kejadian peretasan ini.
Facebook menyampaikan akan mengirim pesan kepada para pengguna yang akunnya diretas dan akan memberi tahu mereka informasi apa yang diambil atau dicuri oleh peretas. Meskipun ketika ini pihak facebook belum memberitahu pengguna terkait informasi yang dicuri oleh peretas, Anda sanggup menilik apakah akun Anda termasuk dari 29 juta akun yang dicuri atau tidak dan informasi apa saja yang dicuri.

Berikut cara Anda memeriksa:
Langkah 1: Buka Facebook di desktop dan kunjungi situs web Pusat Bantuan Facebook dan pastikan anda sudah login terlebih dahulu. Kemudian buka link https://www.facebook.com/help/securitynotice.

Langkah 2: Gulir ke bab bawah halaman dan lihat subtopik ‘Apakah akun Facebook saya terkena dampak duduk masalah keamanan?

Jika akun Anda diretas, di bawah subtopik itu akan dinyatakan, “Ya. Berdasarkan apa yang telah kami pelajari sejauh ini dalam penyelidikan kami, penyerang mengakses informasi akun Facebook berikut "diikuti oleh teks menyerupai 'Nama', 'Alamat email', 'Nomor Telepon' dan banyak lagi.

Jika Anda yaitu salah satu yang beruntung yang akunnya tidak diretas, tidak akan ada teks menyerupai itu yang dinyatakan di sana.

Bagaimana peretas mencuri informasi?
Seperti yang disebutkan oleh Facebook bulan lalu, peretas mencuri informasi dari sekitar 29 juta pengguna dengan pinjaman fitur 'View As' di situs web. Para penyerang tidak hanya mencuri informasi dasar menyerupai nama dan tanggal lahir tetapi juga rincian pendidikan, nomor telepon, dan alamat email dan beberapa informasi lainya.