Pengertian Jenis-Jenis Media Sosial
Media sosial yaitu bab dari media online. Apa bedanya dengan jejaring sosial? Apa saja jenis media sosial?
MEDIA Sosial (social media) adalah yaitu terusan atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet).
Tanpa batas ruang dan waktu, para penggunanya dapat dengan gampang berpartisipasi, berbagi, dan membuat isi mencakup blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.
Blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media umum yang paling umum dipakai oleh masyarakat di seluruh dunia. (Wikipedia).
Ciri utama media umum yaitu pesan yang disampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu gatekeeper (editor), serta para pengguna dapat berkomentar bahkan menghapus pesan yang tidak disukainya.
Revolusi terjadi tahun 1999 semenjak kemunculan media umum berupa blog yang memfasilitasi semua orang untuk membuat situs eksklusif (personal website).
Setelah itu bermunculan media-medis sosial lainnya, mulai Friendster (2002), jejaring sosial kalangan profesional LinkedIn (2003), MySpace (2003), Facebook (2004), Twitter (2006), hingga Google+ (2011), Path, Instagram, hingga belasan medsos gres yang muncul tahun 2015.
Media sosial yang semula sebagai media komunikasi dan interaksi personal, sekarang bermetamorfosis sarana bisnis online dan publikasi informasi konkret yang menyemarakkan jurnalisme warga (citizen journalism).
Berikut ini 6 jenis media umum berdasarkan praktisi marketing online Tim Grahl:
1. Social Networks3
Mengubungkan orang-orang atas dasar kesamaan minat dan latar belakang, ibarat Facebook and LinkedIn.
2. Bookmarking Sites
Menyediakan layanan penyimpanan, penyusunan, dan pengelolaan tautan ragam situs web dan membaginya, ibarat Delicious dan StumbleUpon.
3. Social News
Memungkinan semua orang memposting semua jenis informasi dan link ibarat Digg and Reddit.
4. Media Sharing
Pengguna dapat mengupload dan membuatkan ragam media ibarat gambar dan video, ibarat YouTube dan Flickr.
5. Microblogging
Layanan online gratis yang fokus pada update ringkas (short updates) yang dipublikasikan dan dibagi kepada orang lain yang mengikuti (follow) atau berlangganan, ibarat Twitter.
6. Blog Comments and Forums
Situs-situs eksklusif berbasis platform blog gratis ibarat Blogger dan Wordpress.
Perbedaan Media Sosial vs Jejaring Sosial
Sebenarnya tidak ada perbedaan antara media umum dan jejaring sosial.
Media sosial yaitu sarana. Jejaring sosial yaitu pemanfaatan sarana itu untuk membangun jaringan pertemanan dan bahkan bisnis.
Ada juga yang menggabungkan kedua istilah itu menjadi "Social Media Networking" (Jaringan Sosial Media). Wasalam. (www.baticmedia.com).*
Sumber https://www.baticmedia.com/
MEDIA Sosial (social media) adalah yaitu terusan atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet).
Tanpa batas ruang dan waktu, para penggunanya dapat dengan gampang berpartisipasi, berbagi, dan membuat isi mencakup blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.
Blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media umum yang paling umum dipakai oleh masyarakat di seluruh dunia. (Wikipedia).
Ciri utama media umum yaitu pesan yang disampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu gatekeeper (editor), serta para pengguna dapat berkomentar bahkan menghapus pesan yang tidak disukainya.
Sejarah & Perkembangan Media Sosial
Six Degree (1997-2001) tercatat sebagai media umum atau situs jejaring sosial (social networking) pertama di dunia. Sebelumnya, tahun 1995 muncul Class Mates namun lebih merupakan ajang reuni online lulusan Sekolah Menengan Atas di Amerika Serikat.Revolusi terjadi tahun 1999 semenjak kemunculan media umum berupa blog yang memfasilitasi semua orang untuk membuat situs eksklusif (personal website).
Setelah itu bermunculan media-medis sosial lainnya, mulai Friendster (2002), jejaring sosial kalangan profesional LinkedIn (2003), MySpace (2003), Facebook (2004), Twitter (2006), hingga Google+ (2011), Path, Instagram, hingga belasan medsos gres yang muncul tahun 2015.
Media sosial yang semula sebagai media komunikasi dan interaksi personal, sekarang bermetamorfosis sarana bisnis online dan publikasi informasi konkret yang menyemarakkan jurnalisme warga (citizen journalism).
Jenis-Jenis Media Sosial
Secara umum media umum mempunyai kemudahan yang sama, yakni berteman, chatting, berkukar info, foto, video, dan pean pribadi.Berikut ini 6 jenis media umum berdasarkan praktisi marketing online Tim Grahl:
1. Social Networks3
Mengubungkan orang-orang atas dasar kesamaan minat dan latar belakang, ibarat Facebook and LinkedIn.
2. Bookmarking Sites
Menyediakan layanan penyimpanan, penyusunan, dan pengelolaan tautan ragam situs web dan membaginya, ibarat Delicious dan StumbleUpon.
3. Social News
Memungkinan semua orang memposting semua jenis informasi dan link ibarat Digg and Reddit.
4. Media Sharing
Pengguna dapat mengupload dan membuatkan ragam media ibarat gambar dan video, ibarat YouTube dan Flickr.
5. Microblogging
Layanan online gratis yang fokus pada update ringkas (short updates) yang dipublikasikan dan dibagi kepada orang lain yang mengikuti (follow) atau berlangganan, ibarat Twitter.
6. Blog Comments and Forums
Situs-situs eksklusif berbasis platform blog gratis ibarat Blogger dan Wordpress.
Perbedaan Media Sosial vs Jejaring Sosial
Sebenarnya tidak ada perbedaan antara media umum dan jejaring sosial.
Media sosial yaitu sarana. Jejaring sosial yaitu pemanfaatan sarana itu untuk membangun jaringan pertemanan dan bahkan bisnis.
Ada juga yang menggabungkan kedua istilah itu menjadi "Social Media Networking" (Jaringan Sosial Media). Wasalam. (www.baticmedia.com).*
Sumber https://www.baticmedia.com/