Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Ujian Keterampilan Berbahasa Indonesia Semester 4 Lengkap Beserta Kunci Tanggapan S1 Pgsd

Contoh Soal Ujian Keterampilan berbahasa Indonesia Semester  Contoh Soal Ujian Keterampilan berbahasa Indonesia Semester 4 lengkap beserta Kunci Jawaban S1 PGSD
Contoh Soal Ujian Keterampilan berbahasa Indonesia Semester 4 lengkap beserta Kunci Jawaban S1 PGSD


Soal Ujian keterampilan berbahasa Indonesia Semester 4 beserta kunci tanggapan S1 PGSD - Pada postingan kali ini saya akan bagikan pola latihan soal ujian semester 4. Contoh soal dan kunci tanggapan ini saya bagikan untuk mempermudah pekerjaan bapak/ibu guru atau juga rekan-rekan mahasiswa yang sebentar lagi akan menghadapi ujian tengah semester. 


Soal dan Pembahasan Kunci Jawaban PDGK4101 Keterampilan Berbahasa Indonesia SD

1. Proses komunikasi ialah proses....
A. pengiriman dan penerimaan suatu pesan di antara para penutur suatu bahasa
B. adaptasi terhadap lingkungan baru
C. pewarisan budaya atau tradisi yang diajarkan turun temurun
D. pengadopsian tradisi budaya

Jawab:
A. Benar, pengiriman dan penerimaan suatu pesan di antara para penutur suatu bahasa
adalah proses komunikasi
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, aktivitas mencar ilmu 1, halaman 1.3 hingga 1.5

2. Wartawan merupakan salah satu jenis profesi yang harus mempunyai keterampilan berbahasa ....
A. membaca dan menyimak
B. membaca dan menulis
C. membaca dan berbicara
D. membaca, menulis, menyimak dan berbicara

Jawab:
D. benar, alasannya ialah idealnya seorang wartawan mempunyai 4 ketrampilan berbahasa untuk mendukung profesinya
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, aktivitas mencar ilmu 1, halaman 1.6 hingga 1.7

3. Jenis keterampilan berbahasa yang bersifat produktif ialah ....
A. menulis dan membaca
B. mendengarkan dan berbicara
C. berbicara dan menulis
D. mendengarkan dan membaca

Jawab:
C. Benar, alasannya ialah berbicara dan menulis ialah jenis keterampilan berbahasa yang bersifat produktif
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, aktivitas mencar ilmu 2, halaman 1.10 hingga dengan 1.13

4. Contoh aktivitas berbahasa yang bersifat interaktif ialah ....
A. mendengarkan khotbah Jumat di masjid
B. menyimak pidato pembukaan sebuah pusat perbelanjaan
C. rapat anggota Dewan Perwakilan Rakyat
D. menonton suatu pementasan teater di Taman Ismail Marzuki

Jawab:
C. Benar, alasannya ialah dalam rapat anggota Dewan Perwakilan Rakyat terjadi interaksi antar anggota
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, aktivitas mencar ilmu 2, halaman 1.10 hingga dengan 1.11

5. Yang merupakan pola berbicara secara noninteraktif ialah ....
A. berpidato secara eksklusif pada program peringatan Hari Kemerdekaan R.I.
B. bertelepon melalui telepon seluler
C. berusaha menawar alat elektronik di suatu pertokoan
D. berpidato melalui radio atau televisi

Jawab:
D. Benar, aktivitas berpidato melalui radio atau televisi merupakan pola berbicara noninteraktif, alasannya ialah pendengar tidak sanggup melaksanakan interupsi atau tanya jawab
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, aktivitas mencar ilmu 2, halaman 1.10 hingga dengan 1.12

6. Berikut ini yang merupakan keterampilan mikro yang harus dimiliki saat menulis, yaitu ....
A. memakai bentuk kata dengan benar
B. mengenal sistem goresan pena yang digunakan
C. menentukan makna kata-kata, termasuk kosakata sulit
D. menebak makna dari konteks

Jawab:
A. Benar, memakai bentuk kata dengan benar, merupakan keterampilan mikro yang harus dimiliki dalam menulis
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, aktivitas mencar ilmu 2, halaman 1.12 hingga dengan 1.13

7. Yang merupakan persamaan antara keterampilan mendengarkan dengan membaca
adalah ....
A. kedua aktivitas tersebut bersifat reseptif
B. kedua aktivitas tersebut bersifat produktif
C. kedua aktivitas tersebut merupakan hasil nalar kebijaksanaan insan dalam berbahasa
D. kedua aktivitas tersebut merupakan kajian dalam ilmu bahasa

Jawab:
A. Benar, baik keterampilan mendengarkan maupun keterampilan membaca merupakan keterampilan yang bersifat reseptif
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, aktivitas mencar ilmu 3, halaman 1.21 hingga dengan 1.23

8. Sekalipun berbicara dan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang bersifat produktif namun dalam proses komunikasi keduanya berbeda, yaitu ....
A. berbicara bersifat langsung, menulis bersifat tidak langsung
B. berbicara bersifat tidak langsung, menulis bersifat langsung
C. berbicara memerlukan tempat, menulis tidak memerlukan tempat
D. berbicara tidak memerlukan tempat, menulis memerlukan tempat

Jawab:
A. Benar, komunikasi yang dilakukan dengan berbicara bersifat langsung, tatap muka/interaktif, sedangkan menulis tidak
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, aktivitas mencar ilmu 3, halaman 1.21 hingga dengan 1.23

9. Tataran identifikasi dan seleksi tanpa retensi ialah tataran menyimak di mana penyimak dibutuhkan bisa ....
A. mengenal bunyi-bunyi dan memahaminya dalam taraf terpimpin
B. mengenal banyak sekali jenis bunyi suatu bahasa, kata-kata, frase-frase dan kalimat dalam kekerabatan timbal balik antarunsur
C. mengenal bunyi-bunyi dan kemampuan memahami sesuatu unit ujaran, tetapi belum dituntut adanya kemampuan merencanakan, menyimpan, dan memproduksi
D. menyimak kontinum wacana yang panjang, baik ragam bacaan, cerita-cerita
menarik, gosip surat kabar, dan sebagainya

Jawab:
C. Benar, alasannya ialah hal tersebut memang ada pada tataran identifkasi dan seleksi tanpa retensi
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 2, aktivitas mencar ilmu 1, halaman 2.3 hingga dengan 2.4

10. Dalam menangkap gagasan inti simakan, kita sanggup melaksanakan beberapa aktivitas diantaranya ialah ....
A. memperhatikan gejala baca, ejaan, dan berkonsentrasi penuh dalam menangkap gagasan
B. memusatkan perhatian dan memuat catatan, dan menjawab latihan-latihan yang ada.
C. menuangkan setiap gagasan dan pikiran secara sempurna dan efektif
D. mengekspresikan pikiran dan perasaan dalam bentuk tuturan

Jawab:
B. Benar, untuk sanggup menangkap isi simakan penyimak harus memusatkan perhatian dan memuat catatan, serta menjawab latihan-latihan merupakan seni administrasi untuk menangkap gagasan
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 2, aktivitas mencar ilmu 2, halaman 2.18 hingga dengan 2.19
11. Menyimak kritis ialah jenis menyimak yang ....
A. dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk menunjukkan evaluasi secara objektif.
B. dilakukan untuk membuatkan daya imajinasi dan kreativitas
C. dilakukan dengan penuh perhatian untuk mendapat informasi baru
D. dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang akurat

Jawab:
A. Benar, menyimak kritis harus dilakukan dengan sungguh-sungguh biar sanggup menunjukkan evaluasi secara objektif
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 2, aktivitas mencar ilmu 2, halaman 2.19 hingga dengan 2.20

12. Hal-hal yang harus diperhatikan saat bercerita ialah ....
A. penguasaan dan penghayatan cerita, pemilihan dan penyusunan kalimat, pengekspresian yang alami.
B. menunjukkan hiburan, mengajarkan kebenaran, menunjukkan keteladanan
C. memahami pendengar, menguasai bahan cerita, menguasai olah suara
D. menentukan ide, membuatkan ide, menuangkan ide

Jawab:
A. Benar, alasannya ialah hal-hal tersebut harus diperhatikan saat bercerita
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, aktivitas mencar ilmu 1, halaman 3.7 hingga dengan 3.8

13. Sebelum melaksanakan debat, peserta debat sebaiknya melaksanakan persiapan untuk ....
A. persiapan untuk menyusun bahan dan argumentasi dengan tumpuan yang memadai
B. persiapan untuk membuat suasana yang dramatik
C. persiapan untuk menentukan topik yang menarik
D. persiapan untuk melaksanakan tanya jawab

Jawab:
A. Benar, alasannya ialah sebaiknya menyusun bahan dan argumentasi dengan tumpuan yang memadai, sebelum memberikan argumentasi, biar pihak lawan menjadi yakin dan berpihak serta oke dengan pendapat peserta debat
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, aktivitas mencar ilmu 1, halaman 3.6 hingga dengan 3.7

14. Kegiatan berbahasa dalam bentuk tukar pikiran secara teratur dan terarah dalam kelompok besar atau kecil ialah ....
A. pidato
B. diskusi
C. musyawarah
D. kampanye sebuah partai politik

Jawab:
B. Benar, alasannya ialah diskusi ialah bentuk tukar pikiran secara teratur dan terarah dalam kelompok besar atau kecil, dengan tujuan mengambil keputusan
Pembahasan :
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, aktivitas mencar ilmu 1, halaman 3.14 hingga dengan 3.15

15. Agar pidato menjadi efektif dan komunikatif, sebaiknya dalam menentukan kata-kata, haruslah ....
A. menunjukkan kebanggaan kepada khalayak atas prestasi mereka
B. memakai kata-kata yang sederhana, biar gampang dipahami dengan cepat
C. banyak memakai istilah aneh biar lebih berbobot
D. memakai kata-kata bermakna konotatif

Jawab:
B. Benar, alasannya ialah biar pidato menjadi efektif dan komunikatif gunakanlah kata-kata yang sederhana, yang gampang dipahami dengan cepat
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, aktivitas mencar ilmu 1, halaman 3.17 hingga dengan 3.19

16. Cara yang baik dalam memberikan sanggahan saat berdiskusi ialah ....
A. secara santun dan tidak berbelit-belit
B. dengan bunyi keras dan tegas
C. disertai kata pembuka dan penutup
D. mengemukakan banyak sekali argumen yang sanggup mematahkan argumen pembicara

Jawab:
A. Benar, dalam memberikan sanggahan, peserta diskusi hendaknya memberikan dengan cara yang santun dan tidak berbelit-belit
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, aktivitas mencar ilmu 1, halaman 3.14 hingga dengan 3.15

17. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menunjukkan tanggapan saat berdiskusi ialah ....
A. mengangkat kehidupan pribadi pembicara dan karya-karyanya
B. berhemat dalam memakai kata-kata serta melembutkan nada/suara
C. dilakukan dengan berprasangka dan emosi yang tinggi
D. tanggapan harus bekerjasama dengan pembahasan bersifat objektif dan memuaskan banyak sekali pihak

Jawab:
D. Benar, alasannya ialah saat berdiskusi, tanggapan atau tanggapan harus bekerjasama dengan pembahasan bersifat objektif, dan memuaskan banyak sekali pihak
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, aktivitas mencar ilmu 1, halaman 3.14 hingga dengan 3.15

18. Bagaimana cara menutup pidato yang baik ....
A. menghubungkan dengan kejadian yang sedang diperingati
B. melukiskan latar belakang masalah
C. dilakukan dengan cara bertukar informasi dan tanya jawab
D. menyatakan kembali gagasan utama dengan kalimat dan kata yang berbeda

Jawab:
D. Benar, alasannya ialah pernyataan tersebut ialah cara menutup pidato
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, aktivitas mencar ilmu 1, halaman 3.18 hingga dengan 3.19

19. Membaca scanning ialah jenis keterampilan membaca yang dilakukan dengan cara ....
A. menangkap kata kunci yang menandai informasi khusus dengan sangat cepat
B. membaca teks dengan cepat guna memperoleh citra umum ihwal teks tersebut
C. memahami wacana atau bacaan dengan tepat
D. mengulang-ulang bab bacaan atau kalimat yang sulit dipahami

Jawab:
A. Benar, alasannya ialah membaca scanning dilakukan dengan cara menangkap kata kunci untuk menemukan informasi khusus dengan sangat cepat
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 4, aktivitas mencar ilmu 1, halaman 4.1 hingga dengan 4.12

20. Berikut ini yang merupakan pola aktivitas yang memerlukan keterampilan membaca bersuara ialah ....
A. para siswa berpidato
B. bermain drama
C. mendengarkan musik
D. menulis laporan

Jawab:
A. Benar, membaca naskah pidato/ berpidato memerlukan keterampilan membaca bersuara yang memadai
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 4, aktivitas mencar ilmu 1, halaman 4.12 hingga dengan 4.14.


Demikian pola soal ujian dan kunci tanggapan mata kuliah keterampilan berbahasa indonesia semester 4, semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan mahasiswa semuanya khususnya prodi PGSD. Terima kasih.