Dfsk Glory 580 Bertahan Dengan Suv Yang Bertabur Fitur Modern
- PT Sokonindo Automobile ikut meramaikan industri otomotif nasional di 2018 ini. Sedikit melawan arus, Sokonindo tidak bertarung di segmen terbesar yakni MPV, dan menentukan bermain di SUV. Seperti diketahui, produk yang diperkenalkan gres satu model yakni DFSK Glory 580 yang berada di segmen SUV medium. Meski bukan segmen terbesar, tapi kelas ini tidak bisa dipandang sebelah mata alasannya yakni DFSK harus bertarung dengan nama-nama besar dan merek yang sudah matang di Indonesia. Berdasarkan data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), di segmen SUV medium DFSK bertemu dengan Mitsubishi Pajero Sport dan Outlander, Toyota Fortuner dan C-HR, Honda CR-V, HR-V 1.8, Nissan X-Trail, Mazda CX-5, Isuzu MUX, Chevrolet Captiva, Hyundai Tucosn serta Santa Fe.
"Kami menentukan tetap fokus pada segmen SUV medium, dan tidak ada rencana untuk bergeser ke MPV. Memang segmen terbesat ada di MPV, tapi berdasarkan kami tren di Indonesia sudah mulai beralih ke SUV. Lihat saja banyak model yang menyebut dirinya yakni crossover," terang Franz Wang, Managing Director of Sales Center PT Sokonindo Automobile.
Setelah pembahasan mengenai eksterior, interior, performa dan kenyamanan, sekarang kita tengok fitur-fitur yang menarik yang disematkan pada SUV DFSK Glory 580. DFSK memang tidak main-main mengatakan SUV terbaru mereka ini dengan menghadirkan bermacam-macam fitur yang mungkin hanya ada di kendaraan beroda empat dengan rentang harga Rp 400 juta - Rp 500 jutaan. Unit yang Kompas.com coba merupakan varian tertinggi dari DFSK Glory 580 yakni Luxury 1.5 T CVT. Dalam penggunaan beberapa hari, Kompas.com coba melihat beberapa fitur yang menarik. Pertama yang paling sederhana yakni Electronic Parking Brake (EPB). Penggunaan cukup gampang dengan menekan tombol untuk mengaktifkan dan mengungkit tombol tersebut untuk melepaskan. Efeknya, rasa berkendara kendaraan glamor jadi terasa sepanjang penggunaan SUV bermesin 1.5 L turbo ini.
Fitur lainnya yakni keyless entry dan start stop button untuk menyalakan mesin. Hanya dengan mengantungi kunci Glory 580 proses masuk ke kabin hanya tinggal menarik gagang pintu. Begitu juga sebaliknya untuk mengunci cukup menekan tombol yang ada di gagang pintu tersebut. Sentuhan detail lainnya yakni ketika mengunci, spion otomatis melipat untuk menjaga dari ruang parkir yang sempit. Masuk ke dalam kabin, sunroof jadi salah satu yang cukup menarik perhatian. Sunroof ini sanggup dibuka dengan satu sentuhan tombol di bab konsol tengah atas.
Fitur lain yang menarik yakni tombol pengatur suhu udara di baris kedua. Ini memudahkan penumpang untuk mendapat kenyamanan AC yang keluar dari kisi-kisi di atap sisi kiri dan kanan Glory 580. Glory 580 juga punya penunjuk ukuran tekanan udara pada ban yang tertera di meter cluster. Ukuran tekanan ini sanggup terlihat dengan gampang cukup dengan menekan tombol mode di lingkar kemudi. Perhatian utama di bab kabin kendaraan hadir dari layar sentuh berukuran 10 inci yang mempunyai bermacam-macam kemampuan. Selain bisa mengatakan hiburan mulai dari radio, Aux, hingga USB, layar ini juga dipakai untuk navigasi meski belum terlalu gampang digunakan. Fitur Vehicle Running Recorder (VRR) jadi fitur wajib di semua varian DFSK Glory 580. Alat ini berfungsi sebagai perekam selama perjalanan dan sanggup menjadi alat bukti bila terdapat kejadian selama perjalanan memakai SUV tersebut.
Penggunaannya pun cukup menekan tombol recorder di layar menu. Penyimpanannya sudah memakai kartu memori sehingga sanggup dipindahkan ke perangkat lain. Sayangnya ketika malam hari kualitas rekamannya masih terlihat kurang.
Itu tadi beberapa fitur mencolok dari SUV seharga Rp 300 jutaan ini. Glory 580 juga mengatakan kabin yang sanggup diatur konfigurasinya sesuai kebutuhan barang bawaan. Berbagai ruang penyimpanan yang tersebar di dalam kabin, soket power di beberapa titik untuk kebutuhan mengisi daya serta kemampuan cruise control yang sayangnya belum sanggup dirasakan selama pengujian.