Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelatihan Digitalisasi Masjid: Cara Menciptakan Website Masjid Dan Mengisinya

 Digitalisasi Masjid ialah pemanfaatan IT internet untuk menghadirkan masjid di internet  Pelatihan Digitalisasi Masjid: Cara Membuat Website Masjid dan Mengisinya
Latar Belakang & Dasar Pemikiran Pelatihan Digitalisasi Masjid.

Digitalisasi Masjid ialah pemanfaatan IT internet untuk menghadirkan masjid di internet sekaligus ekspansi syiar dakwah.

Digitalisasi akan menghadirkan Masjid Digital (Online Masjid) yang menciptakan syiar dakwah dapat lebih masif, terarah, dan masyarakat dapat mendengarkan dakwah sesuai kemauannya.

Dengan digitalisasi masjid, pengurus DKM dapat merekam semua dakwah yang disampaikan penceramah kemudian diupload ke internet atau situs resmi masjid. Jamaah masjid dan pengguna di seluruh dunia dapat mengakses syi'ar dakwah itu dan mendengarnya kembali.

Untuk mewujudkan masjid digital, diharapkan pemahaman sekaligus keterampilan bagi pengurus masjid, melalui Pelatihan Digitalisasi Masjid dengan bahan pokok Web Development & Content Writing.

Teknologi internet memungkinkan dakwah tidak hanya dilakukan dengan tatap muka eksklusif penceramah dengan jamaah. Kecanggihan teknologi memungkinkan dakwah dilakukan secara streaming atau menyajikan bahan ceramah via internet, khususnya website masjid.

Di masjid digital ini pula jamaah dapat berkonsultasi wacana banyak sekali dilema keislaman dan keumatan melalui kolom konsultasi yang disediakan. Tim ustadz DKM menjadi pengasuhnya.

Tujuan Pelatihan Digitalisasi Masjid
  1. Memberikan wawasan dan keterampilan pembuatan website masjid (web development).
  2. Memberikan bekal keterampilan mengisi website masjid (content writing)
Materi Pelatihan
  1. Pembuatan Website Masjid (Blogger & CMS WordPress)
  2. Teknik Mengelola Website (Content Writing) 
Output Pelatihan Digitalisasi Masjid
  1. Setiap masjid mempunyai website sebagai masjid digital, minimal berupa blog.
  2. Setiap masjid mempunyai seksi khusus pengelola website masjid dan media sosialnya.
Waktu & Tempat Pelatihan
  1. One Day Training
  2. Waktu Pelatihan: 09.00-16.00 WIB
  3. Tempat Pelatihan: Aula Masjid (Optional)
Target Peserta Pelatihan
  • Pengurus DKM
  • Maksimal akseptor 40 orang dari 20 masjid (masing-masing masjid maksimal mengirimkan dua peserta).
Syarat Peserta Pelatihan
  • Membawa Laptop
Informasi keislaman yang ada di website masjid akan mempunyai dapat dipercaya tinggi alasannya sumbernya jelas, penulisnya jelas, narasumbernya kredibel, lembaganya terang (DKM), sekaligus mengikis hoax wacana Islam.

DKM Masjid Anda ingin menggelar pembinaan Digitalisasi Masjid? Masjid Anda ingin punya website? Hubungi Admin . Wasalam. (www.baticmedia.com).*


Sumber https://www.baticmedia.com/