Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Media Internal Humas

 Media Internal yakni sebutan bagi sarana komunikasi atau publikasi isu hubungan ma Media Internal Humas
Media Internal yakni sebutan bagi sarana komunikasi atau publikasi isu hubungan masyarakat (Humas) atau Public Relations (PR) sebuah lembaga.

Media internal dipakai Humas sebuah organisasi, instansi, atau perusahaan untuk komunikasi dari perusahaan kepada karyawan atau khalayak di luar lembaga.

Dalam pengertian luas, media internal terdiri dari media komunikasi mulut dan media komuniksi tulisan.

  1. Media Komunikasi Lisan antara lain konferensi pers, jumpa pers (press briefing), dan presentasi.
  2. Media Komunikasi Tulisan antara lain surat, brosur, company profile, buletin, dan majalah. 

Media internal berupa majalah dikenal dengan sebutan in-house magazine, company magazine, atau company journal.

Di kala internet, media internal Humas fokus kepada situs web dan media sosial, serta sanggup menerbitkan atau publikasi e-bulletin dan e-magazine.

Media Internal Humas sanggup menjalankan fungsi komunikasi massa.

Menurut Jay Black dan Frederick C Whitney (1988), fungsi komunikasi massa yaitu

  1. to inform (menginformasikan)
  2. to entertain (memberi hiburan)
  3. to persuade (membujuk), 
  4. transmission of the culture (transmisi budaya).

Fungsi komunikasi massa juga dikemukakan John Vivian dalam buku The Media
of Mass Communication (1991):

  1. providing information
  2. providing entertainment, 
  3. helping to persuade, 
  4. contributing to social cohesion.

Media internal sanggup menawarkan bantuan untuk menawarkan klarifikasi terkait lembaga, menawarkan isu secara umum terkait kebutuhan segmentasinya, dan menawarkan isu secara khusus terkait kegiatan kerja yang telah atau tengah dilaksanakan oleh lembaga.

Sumber:
Nurudin, Pengantar Komunikasi Massa, (Cet. 2; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007)
Jurnalisa Vol 03 Nomor 1/ Mei 2017 140.


Sumber https://www.baticmedia.com/