Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Permasalahan Yang Dihadapi Dalam Mencetak

Permasalahan yang Dihadapi dalam Mencetak - Beberapa pembahasan terdahulu sudah panjang lebar mengupas tuntas problem ini namun ada beberapa hal yang perlu dibahas lebih lanjut sebagai rangkuman atau pola awal dalam melaksanakan segala acara kita dengan mesin pencetak printer. 

Kita akan kembali membahas permasalahan dalam mencetak menggunakan printer. Yang akan kita bahas ialah citra umum aneka macam problem atau permasalahan yang bisa kita hadapi dalam hal mencetak dokumen.

Masalah yang bisa saja kita hadapi dalam hal ini bisa tiba dari alat atau mesin printer yang digunakan dan bisa juga tiba dari kemampuan kita sebagai pengguna. Ada kendala-kendala yang bersifat teknis dan juga hambatan yang bersifat non teknis. 

Semua akan kita bahas satu persatu semoga kita bisa mengantisipasi aneka macam permasalahan tersebut. Lalu apa saja permasalahan yang dihadapi dalam mencetak menggunakan printer, berikut klarifikasi lengkapnya.

Printer ialah alat atau mesin cetak yang bisa menunjukkan fasilitas dalam mencetak aneka macam dokumen yang kita butuhkan. 

1) Tulisan tidak muncul dikala di print
2) Printer ready tapi tidak bisa ngeprint
3) Mengatasi dokumen word yang tidak bisa di print
4) Printer tidak bisa mencetak halaman tertentu
5) Printer tidak bisa mencetak semua halaman
6) Print out tidak sama dengan print preview
7) Printer tidak merespon perintah print
8) Cara menghilangkan print to file

Meski demikian, dalam mencetak menggunakan printer kita juga bisa menghadapi aneka macam permasalahan yang harus bisa kita hadapi. Berbagai permasalahan berkaitan dengan pencetakan dokumen tersebut dijelaskan sebagai berikut!

A. Masalah dengan tinta printer

Hal pertama yang sering menjadi permasalahan dalam mencetak ialah mengenai tinta printer. Yang menjadi problem disini ialah dalam proses pengisian tinta bila tinta sudah habis digunakan. Untuk printer gres biasanya tinta akan segera habis bila sudah digunakan. 

Selanjutnya kita harus bisa mengisi tinta tersebut sebelum bisa menggunakannya kembali. Yang sering menjadi problem ialah proses pengisian tinta tersebut sedikit sulit, apalagi bagi kita yang belum terbiasa menggunakan dan mengisi printer.

Hal tersebut bisa menjadi kesulitan tersendiri bagi kita dalam menggunakan printer untuk kebutuhan mencetak. Sering kali kita harus susah payah membawa printer kita ke kawasan pengisian tinta yang jauh dari rumah, ini tentu menjadi problem bagi kita. 

Untuk problem ini kita bisa mengatasinya dengan cara berguru melaksanakan pengisian tinta sendiri di rumah. Dengan begitu kita tidak akan mengalami kesulitan alasannya harus bergantung kepada jasa pengisian tinta.

Meski tidak begitu praktis namun berguru mengisi tinta printer sendiri akan mencegah kita dari problem dengan tinta tersebut di kemudian hari. Kaprikornus ini merupakan solusi yang cukup anggun dan bijaksana untuk dilakukan.

Selain pengisian, problem dengan tinta bisa juga terjadi ketika hasil cetakan warna tinta tidak begitu memuaskan dan tidak menyerupai yang diharapkan. Bisa saja dalam hal ini cetakan printer kesudahannya tidak jelas, bergaris, pudar dan lain sebagainya. 

Untuk menghindari hal tersebut kita hendaknya membiasakan diri untuk selalu mengganti tinta dengan brand standar orisinil yang direkomendasikan.

B. Masalah kertas atau media cetak

Ada juga permasalahan yang berkaitan dengan kertas atau media cetak. Kadang kita mendapati kertas terlipat dan macet di dalam printer. Istilah ini sering disebut dengan papar jam dimana kertas terjepit di dalam mesin printer. 

Kalau terjadi problem kertas menyerupai ini tentu mau tidak mau kita harus mengambil kertas tersebut dari dalam printer. Jangan hingga ada yang tertinggal, harus dipastikan semua sobekan kertas tidak ada satu pun yang tertinggal di dalam printer alasannya hal ini bisa mengakibatkan problem lain.

Untuk mengambil kertas yang terjepit kita bisa membuka cover printer dan mengangkat kertas tersebut. Lakukan secara perlahan dan searah dengan keluarnya kertas dari mesin printer. Lakukan dengan hati-hati dan jangan hingga ada kertas yang tertinggal di dalamnya.

Masalah kertas terjepit ini bisa terjadi alasannya posisi penempatan kertas yang tidak sesuai pada tatakan, bisa miring atau kurang masuk. Selain itu bisa juga alasannya kertas yang digunakan sudah tidak layak untuk digunakan., contohnya saja sudah kusut.

Untuk menghindari atau mengatasi problem kertas ini kita harus memastikan penempatan kertas sudah benar-benar baik. Gunakan kertas yang masih bagus, tidak kotor atau ada lipatan-lipatan kusut yang bisa mengakibatkan kertas tidak sanggup ditarik dengan lancar.

C. Masalah kerusakan printer

Kerusakan komponen merupakan problem yang biasanya tidak akan bisa kita tangani sendiri. Masalah kerusakan hardware ini membutuhkan penanganan khusus dari jago alasannya akan melibatkan proses pembongkaran printer dan penggantian suku cadang. Kerusakan komponen bisa terjadi pada potongan manapun, yang paling sering biasanya pada komponen cartridge, handler, board dan lain sebagainya.

Jika terjadi problem kerusakan menyerupai ini sebaiknya kita baca saja ke kawasan servis yang lebih tahu bagaimana memperbaikinya. Jangan lakukan perbaikan sendiri bila tidak memungkinkan, kecuali bila kita memang ingin berguru melakukannya dengan menanggung semua resiko yang bisa terjadi.

Selain itu baca juga:
  1. Cara Memasang Ink Stabilizer pada Infus Printer
  2. Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon
  3. Cara Memperbaiki Printer Normal Tapi Tidak Bisa Mencetak
  4. Cara Mengatasi Canon IP2770 Mati Total
  5. Cara Mengatasi Eror Printer Epson T13 Lampu Tak Berkedip
  6. Cara Mengatasi Error 6A80 Pada Canon IP3680 Blinking
  7. Cara Mengatasi Error E3 Canon MP160
  8. Cara Mengatasi Error P03 (E3) Canon MP258
  9. Cara Mengatasi Error Pada Printer Epson TX111
  10. Cara Mengatasi Error Saat Reset Canon IP2770
  11. Cara Mengatasi Error Tinta (Ink has Run Out) Canon IP 2770
  12. Cara Mengatasi Hasil Cetak Epson R230x Infus Pudar dan Bergaris
  13. Cara Merawat Printer Infus semoga Lebih Awet
  14. Cara Merawat Printer semoga Awet
  15. Cara Perbaiki Cetak Foto Bergaris di Printer Canon 2270
  16. Cara Reset Canon MX360, MX366 Ink Absorber is Almost Full
  17. Cara Reset Canon ip2770 Error Print 5200
  18. Cara Reset Error E8 Canon Mp145 Yang Mudah
  19. Cara Reset Printer Canon Pixma MP258
  20. Data Tidak Bisa Terkirim ke Printer
  21. Kode Error Canon MP270 MP250 dan Cara Mengatasinya
  22. Masalah Hasil Cetak Printer dan Cara Mengatasinya
  23. Mengatasi Cetakan Print Terlalu Basah
  24. Mengatasi Epson L110 Tinta Warna Tidak Keluar (Bocor)
  25. Mengatasi Hasil Cetak Bergaris Printer
  26. Mengatasi Printer Tinta Hitam Tidak Keluar
  27. Mengatasi Printer Tinta Warna Tidak Keluar
  28. Panduan Cara Reset Ink Level Printer Epson L100 yang Mudah
  29. Panduan Cara Servis Canon MP287 tidak Menyala
  30. Penyebab Cartridge Cepat Rusak
  31. Penyebab Printer Hasil Print Merah
  32. Perbaikan Error Setelah Isi Tinta Printer
  33. Printer Tidak Bisa Mencetak dan Solusi
  34. Solusi Mengatasi Printer Hp Deskjet Selalu Menarik Kertas

Untuk menghindari problem kerusakan komponen ini sebaiknya kita menggunakan printer dengan bijaksana, mulai dari usang penggunaan dalam satu hari, beban cetak, perawatan dan lain sebagainya. Perhatikan juga keadaan arus listrik yang digunakan, usahakan menggunakan stabilizer semoga tegangan listrik bisa stabil.

D. Masalah proses pencetakan

Masalah proses pencetakan biasanya juga sering terjadi khususnya bila kita belum begitu menguasai bagaimana cara menggunakan printer. Terkadang kita tidak tahu bagaimana cara mencetak dokumen dari word, dokumen online, dokumen gambar atau foto dan lain sebagainya. 

Kadang kita juga tidak tahu aneka macam macam ukuran kertas yang sesuai dengan dokumen yang akan dicetak.

Permasalahan yang Dihadapi dalam Mencetak Permasalahan yang Dihadapi dalam Mencetak

Cara mengatasi problem proses pencetakan tidak ada jalan lain kecuali belajar. Kita bisa berguru dan membaca aneka macam isu yang berkaitan dengan bagaimana cara mencetak. Bisa melalui buku maupun sumber online menyerupai pada situs ini. 

Dengan begitu di kemudian hari kita akan lebih cerdik dan tidak akan mengalami problem dalam hal mencetak.

Itu saja sedikit tentang Permasalahan yang Dihadapi dalam Mencetak (Print). Semoga bisa menambah pengetahuan kita semua. Untuk melengkapi isu ini mari kita baca beberapa artikel lain di potongan tamat goresan pena ini. 

Sumber http://belajar-komputer-laptop-printer.blogspot.com/