Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Terbaik Dalam Mengatur Keuangan Bagi Pasangan Gres

Siapa sih yang tak kenal dengan pasangan Raisa Andriana dan Hamish daud? Pengantin gres ini seakan menjadi panutan bagi para pasangan yang gres saja melaksanakan pernikahan. 
Nah, berbicara mengenai pengantin baru, layaknya Raisa dan Hamish daud, tentu ada beberapa tantangan yang harus dihadapi sesudah pernikahan, salah satunya yang niscaya yaitu terkait persoalan cara pengelolaan keuangan. 
Untuk itu, pada kesempatan ini kami akan bagikan ulasan mengenai langkah-langkah dalam mengatur keuangan bagi pasangan baru. Buat anda para pasangan penganting baru, silahkan disimak dan semoga sanggup menjadi rujukan yang bermanfaat.

Tips Dalam Mengatur Keuangan Bagi Pasangan Baru
  • Keterbukaan
Keterbukaan mengenai persoalan keuangan merupakan salah satu hal terpenting dalam sebuah keluarga. Untuk menghindari pertengkaran terkait persoalan keuangan, sebaiknya Anda mengajak pasangan untuk berdiskusi ihwal pembayaran yang menyangkut tabungan, belanja, hutang, cicilan dan lainnya. Selain itu, mungkin Anda dan pasangan mempunyai wangsit berbeda dalam menyimpan ataupun ketika membelanjakannya. 
  • Menyesuaikan Anggaran Rumah Tangga
Kehidupan janji nikah dan ketika masih sendiri memang sangat berbeda, apalagi dari segi keuangan. Oleh alasannya yaitu itu, Anda harus meninjau ulang anggaran bulanan biar sanggup memenuhi kebutuhan rumah tangga. Belum lagi jikalau istri Anda hamil. Tentu kehadiran anak akan membawa perubahan besar, terutama dalam segi pengaturan keuangan keluarga.
  • Membuat Tujuan dan Investasi
Dalam berkeluarga, Anda juga harus memikirkan tujuan keuangan untuk masa depan, menyerupai dana pensiun, dana liburan, dan dana pendidikan anak. Jadi, Anda sanggup memulai untuk berinvestasi pada produk yang Anda pahami, contohnya emas, saham dan properti. 
  • Menyiapkan Dana darurat
Kejadian yang tak terduga sering terjadi sehingga menciptakan keluarnya uang di luar anggaran, contohnya menyerupai kecelakaan, derma untuk keluarga atau biaya sakit. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan dana darurat sebagai ‘ban serep’ yang berperan dalam mengkover biaya yang tak terduga tersebut.
  • Menjalankan Trik berhemat
Setelah resmi menjadi suami istri, Anda perlu melaksanakan beberapa trik berhemat biar sanggup mencapai tujuan finansial bersama pasangan. Salah satu trik berhemat yang sanggup Anda terapkan yaitu dengan membawa bekal sendiri dari rumah. Selain hemat, juga akan lebih sehat.
  • Menghindari Perselingkuhan Keuangan
Pasangan gres kerap termakan untuk melaksanakan perselingkuhan keuangan. Contohnya, anda membeli barang mahal namun tidak memberitahu pasangan Anda. Tentu saja hal ini akan menciptakan keributan besar dalam kehidupan rumah tangga Anda. 

Cara mengatasinya, Anda hanya perlu membicarakannya terlebih dahulu sebelum membeli barang tersebut. Anda sanggup berbicara secara terbuka kepada pasangan ihwal berharganya barang tersebut sampai beliau mengerti dan menyetujuinya.


Itulah beberapa tips dalam mengatur keuangan bagi pasangan baru. Semoga tips ini bermanfaat dan kehidupan janji nikah Anda akan selalu bahagia!