Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Aki Kurang Setrum Atau Tekor


Penyebab Aki Kurang Setrum Atau Tekor-Salam Otomotif, kembali lagi bersama aku Saliman yang akan membagikan pengalaman menarik seputar dunia otomotif, khususnya aki. Dan pada hari ini aku akan membagikan tips untuk menciptakan aki lebih tahan usang atau dengan kata lain tidak gampang tekor.

Karena pada insiden yang aku alami kali ini dimana ada seorang pelanggan membeli aki, gres 1 ahad sudah tidak berpengaruh untuk start. Setelah aku melaksanakan pengecekan ternyata indikator aki berwarna putih. Tahukan kalau indikator aki berwarna putih itu membuktikan kurang setrum.

Lantas apakah kita berfikir akinya buruk alasannya yaitu gres beli seminggu kok sudah tidak sanggup melaksanakan start ? Tentu saja sebagai dokter aki aku menyampaikan belum tentu akinya rusak. Dan benar saja itu hanya kurang setrum. Terus solusinya bagaimana?

Solusi untuk insiden semacam ini tentu saja dengan mengambalikan voltasenya dengan cara menchargenya hingga 12 V. Setelah aki 12 V maka kita pastikan dengan BT400 untuk mengetahui kekuatan aki tersebut dari segi kekuatan sel aki ketika melaksanakan start. Kemudian sanggup aku simpulkan aki baik-baik saja.

Lantas apa saja yang mengakibatkan aki tidak sanggup start, padahal aki gres seminggu? Jawabannya ada beberapa alasan. Yang pertama kita lupa mematikan lampu semalaman, sehingga aki tergerus terus dalam pemakaian lampu tersebut. Yang kedua, radio menyala ketika mesin mati. Biasanya kita menyalakan radio sambil bersantai. Setelah beberapa jam eh kendaraan beroda empat tidak mau start hehe.

Yang ketiga, ada kebocoran arus dalam kendaraan beroda empat kita, sanggup saja ada salah satu kabel posistif dan negatif menempel. Disitulah arus akan tergerus. Perlu diketahui untuk standard bocor arus yaitu 0.05 sanggup dicek mwnggunakan tang ampere. Dan yang terakhir yaitu alarm yang error. Seperti yang aku alami baru-baru ini.

Lantas apa si ciri-ciri alarm error. Ciri-cirinya yaitu dashboard kendaraan beroda empat on, taoi ketika distart alarm malah berbunyi sedangkan dinamo starter tidak berbunyi sama sekali. Adapun hal lainnya, dimana kunci kontak kendaraan beroda empat tidak sanggup dilepas. Bagaimana cara untuk melepasnya, dengan cara melapas kepala aki negatif pada aki dan sebaiknya jangan dipasang kembali sebelum alarm diperbaiki. Karena bila dipasang maka lambat laun akan tekor juga si aki.

Nah biar bermanfaat artikel kali ini. Untuk terus update artikel dari PO Blog anda sanggup like fans page kami atau follow this blog. Sampai jumpa, hingga bertemu lagi di artikel selanjutnya. Sampai jumpa lagi, salam otomotif.