Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lupakan Gengsi, Lakukan 6 Hal Bijak Ini Ketika Keuangan Anda Menipis

Mempertahankan gengsi sih boleh-boleh saja. Apalagi kalau sanggup dimanfaatkan sebagai motivasi biar menjadi eksklusif yang lebih baik dibandingkan dengan orang lain. Tetapi, terkadang gengsi jugalah yang memicu seringnya mengeluarkan uang secara berlebihan tanpa disadari. Dan tentu saja kebiasaan ini berbahaya sebab sanggup mengancam kondisi keuangan Anda.


Nah, untuk itu tak perlu gengsi, daripada dompet Anda merana, lebih baik lakukan hal ini dikala keuangan Anda sedang menipis.

Hal yang Perlu Dilakukan Saat Keuangan Menipis 
  • Tidak Praktis Meminjamkan Uang
Pinjam-meminjam uang dalam dunia pertemanan memang tak sanggup dielakkan lagi. Namun, bukan berarti hal ini boleh menjadi kebiasaan. Jangan gampang terjebak dengan wajah memelas serta bujuk rayu sahabat Anda, ketika ia hendak meminjam uang. 

Sebaiknya Anda cek motivasinya terlebih dahulu, apakah benar untuk keperluan yang mendesak atau hanya untuk gaya hidup konsumtif.

  • Rajin Membawa Bekal

Walaupun sudah bekerja, membawa bekal makanan bukanlah hal yang memalukan ataupun terlarang. Selain menghemat pengeluaran, rajin membawa bekal dari rumah juga terbilang jauh lebih higienis.

Bayangkan saja berapa pengeluaran yang diperlukan untuk membeli sarapan, makan siang, makan malam hingga makanan ringan sore. Belum lagi kalau mitra sejawat mengajak nongkrong sepulang kerja. Bisa-bisa kondisi keuangan Anda pun terancam.
  • Tidak Praktis Mentraktir Teman
Memang sudah menjadi sebuah budaya untuk mentraktir sahabat pada dikala gres mendapatkan gaji, menerima promosi jabatan, naik gaji, atau ketika merayakan ulang tahun. Namun, bahwasanya hal ini bukanlah kewajiban, tetapi sebuah tradisi yang dipaksakan.

Boleh saja kalau ingin “syukuran” dan menyebarkan dengan orang terdekat. Tetapi pilih juga waktu yang pas, serta cek kondisi keuangan. Jangan hingga Anda memaksakan diri kalau kondisi keuangan Anda masih pas-pasan. 
  • Tidak Terbuai Ajakan nongkrong Setiap Hari
Setelah lelah bekerja seharian di kantor, kaum berjiwa muda niscaya akan mengiyakan usul untuk nongkrong hingga pagi. Tidak salah kalau sekali-kali Anda ingin melepas penat dengan nongkrong bersama teman. Namun, jangan setiap hari juga. Buat apa terlihat gaul, kalau harus hutang di sana-sini? 
  • Tidak Latah Membeli Gadget
Seiring berkembangnya teknologi, gadget baru sering bermunculan. Tak ayal kemajuan teknologi ini menciptakan kita menjadi penganut gaya hidup konsumtif. Berbagai jenis dan model gadget silih berganti. Tetapi, apa iya kita harus membeli semua gadget terbaru? Jika gadget lama masih berfungsi, kita tak perlu latah membeli lagi hanya demi gengsi belaka. 
  • Tidak Perlu Kartu Kredit Jika belum Membutuhkannya
Sah-sah saja mempunyai kartu kredit ketika sudah bekerja dan mendapatkan penghasilan sendiri. Asalkan kita paham betul akan tanggung jawab di balik penggunaan kartu kredit ini. 

Jikalau merasa belum paham dan kesulitan dalam mengatur penggunaannya, lebih baik jangan coba-coba dulu. Anda tak ingin pengeluaran Anda lebih besar dibandingkan pendapatan, bukan?

Nah, itu ia 6 hal yang perlu dilakukan dikala keuangan menipis. Anda tak perlu gengsi lagi untuk berkata ‘tidak’ pada pengeluaran yang tidak penting.