Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Intel Luncurkan Modem 5G Di Tahun 2020

INTEL Luncurkan modem 5G Di Tahun 2020




Digital Berita - INTEL sang raksasa Processor tidak mau ketinggalan dengan perkembangan jaringan 5G. INTEL akan memperkenalkan Chip Modem 5G terbarunya yakni XMM 8160.
Chip XMM 8160 merupakan jenis multi-mode Modem.  Chip ini bisa menghubungkan jaringan 2G sampai 5G tanpa pemanis Chip modem lainnya.

Sebelumnya Qualcomm pesaing dari INTEL terlebih dahulu memperkenalkan modem 5G yakni Snapdragon X50. Tetapi masih belum diketahui bahwa Chipset Snapdragon X50 juga mempunyai kelebihan multi-mode modem atau tidak.

Baca juga : Qualcomm Resmikan Snapdragon 8cx Chipset paling extreme

Menurut kabar Chip Modem milik INTEL memakai gelombang Radio gres (NR) yang mendukung gelombang terendah 600 MHz sampai gelombang tertinggi yakni gelombang milimeter (mmWave) dengan Frekuensi 6 GHz yang mempunyai kecepatan download data sampai 6 GBps.

Teknologi multi-mode Modem ini mempunyai kemampuan jaringan EN - DC yakni cara menghubungkan jaringan 4G dan 5G secara bersamaan.
Tetapi pada kenyataanya para produsen tidak menyertakan dukungan jaringan 2G dan 3G. Keuntungan dari muti-mode Modem ini memungkinkan kita bisa menghubungkan jaringan selain 5G, disaat mengunjungi sebuah daerah dan ternyata daerah tersebut tidak mempunyai dukungan jaringan 5G itulah laba dari multi-mode Modem.

Jaringan akan berubah dengan sendirinya menjadi 5G. Ini merupakan teknologi "Non-Stand Alone" dimana transisi dari jaringan 4G ke 5G terealisasi secara mulus.
Selain itu Modem ini mendukung konektivitas 5G Stand Alone tanpa derma dari jaringan 4G.

INTEL mengklaim Chip modem 5G bakal sanggup menciptakan ukuran perangkat lebih kecil dan ekonomis daya.

Tetapi belum diketahui secara niscaya kapan Chipset Modem 5G milik INTEL ini bakal dirilis.

Baca juga : Huawei siapkan Chipset Kirin 990 dengan dukungan jaringan 5G

Dilansir dari : Kompas.com (09/12/2018)
Sumber https://www.digitalberita.com/