Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Melepas Baut Atau Sekrup Yang Macet, Dijamin Berhasil

Tips Melepas Baut atau Sekrup yang Macet Tips Melepas Baut atau Sekrup yang Macet, Dijamin Berhasil

Banyak sekali tragedi menjengkelkan yang sering terjadi saat ingin memperbaiki suatu benda elektronik atau otomotif, salah satunya tragedi baut atau sekrup yang tidak sanggup dilepas. Pastinya pernah mengalami hal ini bukan?

Ada banyak pemicu yang memungkinkan sekrup susah untuk dilepas, antara lain alasannya patah, berkarat, keras dan tidak sanggup diputar. Dan apapun itu pemicunya, yang niscaya tragedi ini akan menghambat pekerjaan yang sedang dilakukan.

Ketika sudah terjadi hal yang demikian, seringkali menciptakan emosi tersulut. Sehingga tak sadar malah melaksanakan tindakan ceroboh, yang justru sanggup memperburuk keadaan.

Tips Melepas Sekrup yang Macet

Ada beberapa cara yang sanggup ditempuh untuk melepas baut sekrup yang macet. Berikut beberapa diantaranya:

1. Cara Membuka Sekrup yang Keras

Sering kali sekrup menjadi keras dan tidak sanggup diputar saat hendak membuka benda elektronik atau benda lain yang disegel dengan sekrup disekelilingnya. Nah, cara pertama yang sanggup Anda lakukan yakni dengan menggunakan kunci ring segi enam atau dikenal juga dengan nama kunci sok. Hindari menggunakan kunci yang bergerigi alasannya dijamin tidak akan berhasil bila dalam kondisi ini.

Jika dirasa kurang panjang, Anda sanggup menyambung kunci apa bila memungkinkan. Cara membukanya yakni dengan menawarkan sedikit hentakan atau pukulan ringan saat membuka sekrup dan jikalau sekrup terlalu keras, Anda sanggup memukul ringan bab kepala sekrupnya.

2. Cara membuka Sekrup yang Berkarat

Benda-benda yang disimpan terlalu lama, apa lagi benda yang terbuat dari besi niscaya akan mengalami hal yang namanya karatan. Benda yang sering berkarat juga yakni sekrup. Jika sekrup telah berkarat maka untuk melepasnya diharapkan tenaga yang lebih ekstra tentunya.

Pilihan pertama atau cara pertama yang sanggup Anda coba yakni dengan memberi pelumas pada sekrup. Pelumas ini sanggup berupa apa saja, contohnya dengan minyak rem, minyak pelumas atau pelumas khusus yang biasanya untuk melarutkan karat.

Setelah sekrup Anda beri pelumas, diamkan sebentar kemudian coba untuk memutar sekrup dengan gerakan dua arah yaitu bolak-balik antara melepas dan mengencangkan sekrup. Hal tersebut sanggup membantu karat biar sanggup lepas dari besinya. Jika sekrup sudah terasa longgar Anda sanggup melepas sekrup dengan mudah.

3. Cara Membuka Sekrup yang Tidak Bisa Keluar atau Slek

Kondisi sekrup yang slek ini yang agak sulit ditangani dan butuh tenaga ekstra dan kesabaran yang tinggi pula. Sekrup yang slek ini biasanya sangat keras dan menyerupai menyatu dengan bendanya.

Cara yang sanggup Anda gunakan yakni dengan mencongkel sekrup dari rumahnya dengan menggunkan alat bantu obeng. Congkel hingga sekrup terasa terangkat dari tempatnya, kemudian coba buka sekrup dengan obeng tetap dicongkelkan terus. Lakukan cara ini hingga berhasil.

Nah, itulah beberapa tips untuk melepas baut atau sekrup yang macet. Semoga sanggup menjadi tumpuan yang bermanfaat. Selamat mencoba.