Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Rom Biro Xiaomi Menjadi Rom Global

Karena banyaknya smartphone xiaomi yang beredar dipasaran Indonesia yang melalui jalan tidak resmi atau dengan kata lain melalui agen maka banyak pula smartphone xiaomi yang menggunakan rom agen atau rom abal-abal jiaka rom kalian masih agen sebaiknya segera ganti menjadi rom global versi.



Makara akan saya jelaskan disini kekurangan dan kelemahan menggunakan rom agen atau rom abal-abal.

Banyak iklannya, rom dari agen biasanya banyak ikalannya kalian tentu terganggu dengan adanya beberapa iklan yang berseliweran meskipun kalian bukan sedang menggunakan aplikasi pihak ketiga itu tandanya kalian sedang menggunakan rom abal-abal maka saya sarankan untuk segera menggantinya dengan rom global atau rom resmi.

Banyak bugs, yups kalian sering merasa ketika sedang asik browsing kemudian secara tiba-tiba  aplikasi chrome kau berhenti dengan sedirinya? nah itu salah satu bugs juga atau pun kalian mempunyai smartphone yang ada finger print sensor tetapi sering bermasalah ketika melaksanakan unlock melalui finger print sanggup saja itu disebabkan kalian menggunakan rom agen yang masih ada bugs dalam sistem finger print sensor.

Kalian tidak akan mendapat update via ota, pernah kalian punya tipe sama dengan sobat kalian tetapi kenapa ia terlebih dahulu mendapat update software? jadi secara terpola produsen xiaomi melaksanakan pembaruan via ota (over the air) maksudnya secara otomatis smartphone anda akan mendapat notifikasi jikalau memang tersedia pembaruan. Namun sesudah ditunggu-tunggu pun smartphone anda tak kunjung mendapat pembaruan software melalui ota. Nah sanggup jadi anda ketika membeli smartphone xiaomi melalui agen sang agen mengganti rom kalian. maka sekali lagi saya sarankan untuk mengganti rom menjadi rom resmi atau rom versi global.

Oke kini saya jelaskan cara mengganti rom agen menjadi rom resmi atau versi global.
Pertama-tama akan saya jelaskan dulu kepada kalian soalnya rom resmi miui itu ada 4 versi bisar kalian tidak binggung dan salah pilih versi.

Yang pertama versi global. Pada rom versi global ini ialah rom yang paling stabil dan paling sedikit bugsnya, kemudia tersedia pilihan bahasa Indonesia, penggunaan rom ini pun sanggup dibilang paling irirt baterai. Tetapi rom ini ialah rom yang sangat jarang mendapat pembaruan sanggup satu bulan sekali atau bahkan lebih. Koneksi 4G kadang agak bermasalah.

Kedua versi global developer. Hampir ibarat dengan rom versi global rom inin cukup stabil, ada pilihan bahasa Indonesianya juga, Namun rom ini paling cepat untuk dilema mendapat pembaruan sanggup satu ahad sekali jadi yang menggunakan rom ini akan jadi yang pertama merasakan fitur terbaru dari xiaomi. Namun ada efek negatifnya juga lantaran ini rom ini memang ditujukan untuk uji coba fitur gres maka terkadang akan terdapat bugs atau error.

Ketiga versi china. Yang membedakan dari versi rom diatas ialah ketidak hadiran pilihan bahasa Indonesia jadi smartphone kalian secara default dalam bahasa china namun sanggup diubah ke bahasa inggris. kemudia untuk dilema konektifitas 4G biasanya lancar jaya. Untuk dilema pembaruan juga bisanya 1 bulan sekali bahkan sanggup lebih.

Versi keempat china developer. Dari segi update dilakukan tiap ahad selalu membawa fitur-fitur terbaru dari xiaomi cuma kadang masih ada bugs dan fitur gres malah kadang menciptakan baterai smartphone kau jadi lebih boros. Kemudian rom versi china developer ini tidak menyediakan pilihan bahasa Indonesia.

Nah udah tau kan bedanya masing-masing versi rom? baiklah lanjut cara mengganti rom agen menjadi rom resmi.

Download rom sesuai dengan perangkat yang anda pakai disini.
Download mi pc suit disini.
Downlaod minimal adb fastboot disini.
Download mi flash setup disini.
Download qualcom driver disini.
Jangan lupa backup data data kalian caranya sanggup baca disini. atu kalian sanggup baca cara backup dengan twrp
Pastikan baterai smartphone kau diatas 50%
Perangkat komputer dengan window 64 bit.
Kabel usb.

Jika kalian suadah menyiapkan materi bahannya baca juga:
PERINGATAN: droidnoobhut.blogspot.co.id tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi kepada smartphone Anda.
"DO WITH YOUR OWN RISK"

  • Extract semua file yang sudah anda download.
  • Install mi pc suit.
  • Install mi flash setup.
  • Install qualcom driver.
  • Install adb fastboot
  • Matikan smartphone anda kemudian tekan tombol power + volume  up secara bersamaan selama beberapa detik, maka kalian akan masuk pada download mode.
  • Kemudian tekan download maka layar smartphone akan blank hitam itu tanda bahwa anda sudah masuk download mode.
  • Pada pc buka file explorer > Lalu klik kanan pada goresan pena this pc > pilih properties.


  • Kemudian pilih device manager.


  • Sambungkan smartphone ke pc menggunakan kabel usb.
  • Smartphone akan terdeteksi sebagai "QHUSB_BULK".
  • Kemudian klik kanan pada goresan pena "QHUSB_BULK" kemudian pilih update driver.
  • Lalu pilih chose browse my computer for drive software.
  • Kemudian cari lokasi filenya [ C > Program Files (x86) > Xiaomi > MiPhone > Qualcomm > Driver ]
  • Buka device manager > pilih ports (com & lpt) > qualcomm hs-usb qdloader 9008.

  • Extract file rom yang telah didownload pastikan ektensi filenya .tgz jikalau belom .tgz maka tinggal direname aja menjadi .tgz.
  • Maka hasil extract file tadi akan ibarat ini.


  • Jalankan aplikasi miflash dengan cara C: > Program Files (x86) > Xiaomi > MiPhone.
  • Kemudian klik browse > cari folder rom yang sudah di extract > buka folder > pilih semua file yang ada kecuali file folder image.
  • Lalu tekan tombol refresh. Tunggu proses sampai selesai.


  • Kemudian pada kolom paling bawah pilih flash all.
  • Kemudian tekan tombol flash yang berada di kanan atas.
  • Tunggu proses selesai, jikalau proses telah simpulan maka akan muncul goresan pena the operation completed successfully.


Oke selamat kau telah berhasil mengganti rom agen atau rom abal-abal menjadi rom resmi atau rom versi global. jikalau anda mengalami kesuliat kalian sanggup berkomentar pada kolom dibawah.