Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Tv Lg Slim, Start Kemudian Balik Standby Lagi


 Beberapa waktu kemudian saya ada job servis TV LG Slim milik tetangga sebelah Memperbaiki TV LG Slim, Start Lalu Balik Standby Lagi

- Beberapa waktu kemudian saya ada job servis TV LG Slim milik tetangga sebelah. Katanya TV gak sanggup nyala, yang nyala cuma lampunya saja. Saya coba nyalakan TVnya dikala itu juga, ternyata benar, lampu led nyala jelas kemudian redup dan kembali jelas lagi. Itu tandanya TV ini proteksinya berjalan. kira-kira apanya ya yang rusak...? tanya pemiliknya tadi. Saya jawab rusaknya sanggup macam-macam, ya harus dilakukan investigasi dulu gres baru nanti tertangkap berair kemponen apa yang rusak.

Langsung saja saya bawa pulang TV tadi, kebetulan dekat. Setibanya di rumah eksklusif saya bongkar TVnya. Masalah awal kerusakan TV LG ini kira-kira menyerupai berikut ini:

1) Saat TV di start, lampu led indicator pada panel depan berubah redup kemudian beberapa detik kembali nyala jelas lagi.
2)Setelah saya lihat filamen heaternya belum nyala, mengambarkan bab horisontal belum kerja.
3) Setelah layar sanggup nyala dan tv sudah keluar gambanya , beberapa detik mati ptotek lagi.

Pembersihan dulu bab dalam tv dari abu yang melekat pada main board dan komponen tv , terlihat tv ini memakai komponen berikut ini:
  • IC Power reg   : STR W5554.
  • IC Croma         : LV 76211.3C
  • IC Vertikal       : LA 78141.
  • TR Horizontal  : C 6090.
  • FBT.                 : BSC 25- N0329.
Kemudian dilanjutkan dengan pencarian dan penyelesaian sumber persoalan yang menciptakan tv mengalami problem-problem menyerupai disebutkan diatas.

Dari tanda-tanda awal kerusakan atau problem yang timbul pengecekan diawali dari STR w6554 reg suply ganti C840 : 22uf/63V. kemudian coba start lagi tvnya tapi lagi-lagi masih sama menyerupai semula. Lalu dilanjutkan cek semua Resistor pembatas biasanya resistor ini memiliki isyarat pada mainboardnya dengan goresan pena (FR ...) dan ternyata benar didapat pada FR 403 pembatas pada jalur teg B+ 115V dalam kondisi putus. Ganti komponen tersebut layar tv sudah sanggup hidup lagi. Colokkan antena untuk melihat bagaimana hasil gambarnya , kini gambar siaran juga mulai bermunculan satu persatu. coba stel tv agak usang sambil nonton salah satu acara.

Tapi dikala sedang asik menikmati siaran TV, ....pettt!!, mati standby lagi. Coba start lagi dari remot dan tombol panel depan TV sanggup hidup lagi, tapi lagi-lagi mati standby terus begitu kalau diulang-ulang.

Pemeriksaan berlanjut

Saya coba open C pada Q16 : C5343 tv sanggup start dan hor hidup ,heater juga nyala, layar juga sudah membuka. Sekarang sudah diketahui dan dipastikan bahwaTV ini mengalami problem protek atau kerusakan pada sirkit protek itu sendiri.

Penelusuranpun dilanjutkan pada bab yang berkaitan dengan protek antaranya:

 Beberapa waktu kemudian saya ada job servis TV LG Slim milik tetangga sebelah Memperbaiki TV LG Slim, Start Lalu Balik Standby Lagi

1. Cek teg pada pin 29 Ic LV76211 terukur 4,9V ini masih normal sehabis penggantian C409.
2. Pin 20 untuk control out hor juga normal.
3. R 423 untuk sampling teg B+ to FBT.
4. Cek dioda untuk sampling teg vertikal.

Setelah investigasi dan penggantian yang berafiliasi dengan jalur protek tadi, Lalu saya coba nyalakan TV LG ini lagi. Cteee...ss!! Gamabar normal menyerupai sedia kala, dan yang niscaya TV LG ini sudah tidak protek lagi. Meskipun dinyalakan hingga beberapa lama.

Itu tadi tips dari saya perihal cara Memperbaiki TV LG Slim, Start Lalu Balik Standby Lagi. agar sanggup bermanfaat.