Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tv Polytron Diva Nyala Sebentar Kemudian Stanby Lagi (Protek)


TV Polytron Diva Nyala Sebentar Lalu Stanby Lagi  TV Polytron Diva Nyala Sebentar Lalu Stanby Lagi (protek)

Seperti yang kita ketahui bahwa TV polytron memiliki sistem perlindungan yang cukup canggih. Satu komponen saja ada yang short, maka TV akan eksklusif gagal start, disitulah sistem perlindungan sedang bekerja. Memperbaiki kerusakan TV yang dilengkapi dengan sistem perlindungan menyerupai ini memang sedikit ribet. Namun jikalau anda mengerti dan mengetahui dimana letak komponen perlindungan ini akan mempermudah pengerjaan TV. Kelebihan dengan adanya sistem protek pada TV yaitu sanggup meminimalkan terjadinya kerusakan yang labih parah. Rangkaian protek akan mematikan TV saat ada area protek bermasalah mungkin tegangan naik atau malah alasannya yaitu memang ada komponen yang rusak, pembacaan tegangan dilakukan oleh prosessor TV tersebut, system protek ada yang diambilkan dari filamen dengan memberi tap pada supply tegangan dan potong melalui resistor dan satu dioda. Ada juga yang memakai rangkaian vertikal sebagai acuannya, dimana ada nilai tegangan yeng kurang atau bahkan melebihi maka rangkaian akan eksklusif memutus dengan paksa.

Biasanya dan memang sering TV polytron ini mengalami protek alasannya yaitu ada kerusakan pada blok vertikal. Namun tidak menutup kemungkinan juga ada kerusakan blok lain yang mengakibatkan perlindungan ini bekerja.

Baca juga: Cara Mengatasi TV Polytron MX51323 Mati Total

Dari pengalaman saya beberapa waktu lalu, menjumpai  TV Polytron Diva sanggup nyala sebentar kemudian stanby lagi. Tv polytron diva ini memakai IC vertikal 78141. Kebetulan yang kini ini akan saya coba share untuk anda. Detail kerusakannya yaitu menyerupai berikut ini:

Setelah saya cek cuilan vertikalnya, ternyata masih normal, tapi nyala hanya sebentar saja dan kemudian mati lagi.

Sebelumnya saya memperkirakan kerusakan ada pada cuilan blok vertikalnya, alasannya yaitu sesudah mengganti elko 50volt/100mf gambar sanggup normal tetapi mati lagi. Saya coba hidupkan TV sebentar hidup dan kembali stanby, begitu seterusnya. Kemudian saya lanjutkan investigasi pada komponen lainnya tapi masih dalam area vertikal, kemungkinan masih ada yang terlewat.

Saya cek lagi sana-sini, jadinya ketemu juga kerusakan yang menimbulkan TV polytron diva ini menjadi protek yaitu diode zener yang sudah short, letaknya akrab IC vertikal. Setelah saya lakukan penggantian diode tadi, kemudian saya coba hidupkan TV kesekian kalinya, hasilnya byaaar... TV sudah sanggup nyala dengan normal dan tidak kembali protek lagi.

Baca juga: Cara Memperbaiki TV Polytron Mati Standby (Led Nyala)

Sekian tips dari saya mengenai cara memperbaiki TV Polytron Diva Nyala Sebentar Lalu Stanby Lagi (protek). Semoga tips singkat diatas sanggup bermanfaat untuk anda.