Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Perbaiki Cetak Foto Bergaris Di Printer Canon 2270

Cara Perbaiki Cetak Foto Bergaris di Printer Canon 2270 - Hasil cetak pada printer 2270 bergaris, pernah mengalami dilema tersebut? Untuk kita pengguna printer Canon 2270 mungkin pernah mengalami hal ini dan tentunya sangat mengganggu lantaran hasil print tidak maksimal. 

Situs khusus printer kali ini akan membahas mengenai permasalahan tersebut mulai dari menganalisa penyebab hasil cetak bergaris hingga pada solusi atau cara mengatasi dilema tersebut. Bukan menggurui namun hanya menyebarkan pengalaman saja sebagai materi referensi.

Seperti kita ketahui, pada mesin cetak printer banyak hambatan sehari-hari yang sering kita hadapi. Kendala tersebut sesungguhnya bukan hanya terjadi pada jenis Printer Canon 2270 saja melainkan banyak sekali jenis printer lain juga sanggup mengalami permasalahan hasil cetak yang tidak maksimal tersebut. 

Kalau untuk printer ini terkadang kita sanggup mengalami Masalah Cetak Foto Bergaris di Printer Canon 2270 selain masalah-masalah lain yang sanggup terjadi.

Pada kondisi ini kita sanggup mencetak dokumen atau foto dengan printer yang kita miliki namun kesannya kurang maksimal. Hasil pada cetakan printer terlihat bergaris dan tidak penuh sehingga menjadikan gambar tidak begitu berkualitas. 

Apabila kita mengalami dilema ibarat ini maka kita perlu mencari tahu terlebih dahulu banyak sekali penyebabnya, gres sehabis kita tahu apa yang mengakibatkan hasil cetak print bergaris kita sanggup memilih langkah perbaikan yang tepat.

A. Penyebab Cetak Foto Bergaris Printer Canon

Pada jenis Printer Canon 2270, tidak berbeda dengan printer lain, kerusakan atau dilema ibarat ini juga terjadi lantaran ada dilema para cartridge printer yang kita miliki. Masalah pada cartridge tersebutlah yang paling banyak menjadikan hasil cetakan bergaris, pudar atau bahkan putus-putus. Beberapa penyebab hasil cetak foto bergaris antara lain sebagai berikut:

1. Tekanan udara pada cartridge tidak sesuai standar
2. Aliran tinta tidak lancar
3. Terjadi kerusakan pada cartridge

Setidaknya ada tiga poin yang paling sering menjadikan dilema ibarat ini. Pertama, hasil cetak sanggup bergaris bila terjadi adanya tekanan udara yang tidak sesuai pada cartridge. Hal ini biasanya terjadi pada jenis print yang sudah di modifikasi menjadi printer sistem infus dimana terdapat gelembung udara pada selang infus.

Selain itu dilema tekanan udara ibarat ini juga sanggup terjadi pada cartridge original yang diisi dengan sistem suntik, penyebabnya biasanya lantaran lubang daerah pengisian tinta yang di buat pada cartridge terlalu lebar sehingga tekanan udara di dalam cartridge berbeda dengan aslinya. Meski tidak sering namun masalah ibarat ini sanggup juga terjadi pada printer yang kita gunakan.

Kemungkinan penyebab kedua adanya dilema ini yaitu pedoman tinta yang tidak lancar atau tersendat. Ini sanggup terjadi lantaran selang tinta yang terjepit atau sanggup juga terjadi lantaran cartridge mengalami penyumbatan. 

Pada beberapa masalah adakalanya selang tinta pada printer infus terjepit cover dan tidak diketahui. Meski tidak sepenuhnya mampet namun ternyata hal ini sanggup menjadikan hasil cetakan yang tidak tepat dan bergaris.

Kemungkinan ketiga yaitu telah terjadi kerusakan pada cartridge yang digunakan. Urutan kerusakan pada cartridge dengan dilema ini yaitu pertama terjadi penyumbatan ringan, penyumbatan, sedang dan penyumbatan berat. 

Pada penyumbatan ringan hasil cetakan terkadang masih sanggup manis dan terkadang tidak manis demikian pun dengan pada penyumbatan sedang. Untuk penyumbatan berat biasanya hasil cetakan sudah permanen bergaris meski dipakai untuk mencetak sebanyak apapun.

B. Cara Perbaiki Cetak Foto Bergaris

Bagaimana solusi untuk mengatasi dilema ini? Solusi untuk mengatasi dilema hasil cetak bergaris ibarat ini tentu akan diadaptasi dengan penyebab masalahnya. Jika kita kurang tahu niscaya yang menjadi penyebab dilema tersebut tentu kita sanggup melaksanakan cek menyeluruh terhadap sistem tinta pada printer yang kita gunakan. Secara umum cara memperbaiki cetak foto bergaris sanggup kita lakukan dengan langkah-langkah ibarat di jelaskan berikut:

a) Periksa pedoman tinta bila memakai printer sistem infus
b) Perbaiki penempatan selang, jangan ada yang terjepit
c) Lakukan cleaning
d) Lakukan deep cleaning
e) Lakukan print head allignment


Pertama, kita sanggup mengusut pedoman tinta pada printer yang kita miliki, khususnya untuk jenis printer yang sudah dimodifikasi dengan sistem infus. Kita sanggup mengusut posisi dan keadaan selang mulai dari tabung tinta hingga pada cartridge. 


Pastikan selang tidak ada yang terjepit sehingga pedoman tinta lancar tanpa hambatan. Selain terjepit, kita juga sanggup mengusut kalau-kalau ada potongan selang yang terlipat atau sedikit terlipat sehingga mengganggu jalannya tinta.


Jika kita mendapati ada gangguan pedoman pada selang maka kemungkinan besar penyebab dilema ini yaitu pedoman tinta yang tidak lancar. Setelah memperbaiki posisi selang dan memastikan pedoman tinta printer tidak terhambat kita sanggup mencoba melaksanakan pencetakan untuk mengetahui apa dilema hasil cetak tersebut sudah teratasi.


Pada beberapa kasus, dilema ini juga sanggup disebabkan adanya penyumbatan pada printer, jadi solusi atau cara mengatasinya yaitu dengan melaksanakan cleaning. Pertama kita sanggup melaksanakan cleaning satu atau dua kali sehabis itu kita coba untuk mencetak. 

Jika tidak berhasil maka kita sanggup melaksanakan deep cleaning, coba lakukan hingga 2 kali sehabis itu kita coba untuk mencetak. Jika penyumbatan masih dalam kategori sedang maka seharusnya dengan langkah ini hasil cetak sudah kembali normal.

Jika sehabis di cleaning tetap juga masih belum memuaskan, kita sanggup mencoba membersihkan head dengan memakai tisu. Caranya, ambil tisu halus dan beri sedikit air hangat, tempelkan pada head beberapa detik hingga tinta membasahi tisu. 

Lakukan dua tiga kali sehabis itu coba untuk mencetak lagi. Langkah ini cukup efektif untuk mengatasi penyumbatan ringan pada cartridge printer. Untuk mengoptimalkan hasil cetakan kita juga sanggup melaksanakan head alignment untuk mensejajarkan hasil cetakan garis pada printer kita.

Seharusnya dengan beberapa langkah di atas kita sudah sanggup mengatasi atau memperbaiki dilema hasil cetakan printer yang kita miliki tersebut. 

Namun bila dilema belum juga terselesaikan maka ada kemungkinan memang sudah terjadi kerusakan atau penyumbatan yang parah pada cartridge yang kita miliki. Solusi terakhir untuk dilema ini tentu saja dengan mengganti cartridge yang telah rusak tersebut.

Ilustrasi Hasil Cetak Foto
Dengan adanya pembahasan mengenai Cara Perbaiki Cetak Foto Bergaris di Printer Canon 2270 tersebut mudah-mudahan kita semua yang sedang mengalami dilema hasil cetakan printer khususnya yang hasil cetakannya bergaris sanggup terbantu dan masalahnya segera sanggup diperbaiki. Untuk beberapa alternatif langkah atau cara mengatasi dilema ini kita sanggup melihat pembahasan lain di potongan selesai goresan pena ini. Itu saja, supaya bermanfaat!

Sumber http://belajar-komputer-laptop-printer.blogspot.com/