Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Dan Video Pertama Yang Diunggah Ke Youtube Oleh Jawed Karim

Jawed Karim salah satu pendiri YouTube, mengunggah video pertama ke situs video sharing yang menjadi raksasa sampai ketika ini.

Video yang di unggah Karim berupa klik pendek berjudul "ME at the Zoo". upload yang dilakukan melalui akun miliknya berjulukan "jawed"

Tayangan tersebut hanya mempunyai durasa pendek adalah 19 detik. Di dalam video tersebut Karim bangun di depan sangkar gajah. Ia tampak terkesima dengan belalai gajah yang di sebutnya "sangat, sangat panjang".

Diliat dari resolusi video tersebut masih sangat kurang bagus, hanya memakai aspect ratio non-widescreen yang umum ketika jaman itu. Akibatnya ada beberapa bidang kosong berwarna hitam di sisi kanan dan kiri video tersebut.

Seperti yang diketahui, YouTube sendiri didirikan oleh tiga mantan karyawan PayPal. Selain karim, ada Chad Hurley dan Steven Chen. Domain YouTube yang beralamatkan www.youtube.com diaktifkan pada 14 Februari 2005, kemudian situs tersebut dikembangkan beberapa bulan setelahnya.

Pada masa awalnya, YouTube hanya beroperasi sebagai perusahaan startup yang dibiayai oleh Sequoia Capital. Dengan lokasi kantor yang berada dilantai atas sebuah restoran pizza di San Mateo, California.

Diakuisisi Google

Dalam waktu tempo yang singkat sehabis aktif tiga belas tahun lalu, YouTube tumbuh sangat pesat. Berdasarkan warta dari banyak sekali sumber, pada juli 2006 YouTube sudah mencatat sebanyak 65.000 video diunggah kesitusnya setiap hari.

Meski belum mencatat untung yang banyak, kepopularitas YouTube mulai dilirik oleh Raksasa-raksasa teknologi ketika itu. Salah satunya google yang kemudian mengakusisi YouTube pada Oktober 2006 senilai 1,65 miliar dollar AS dalam bentuk salam.

YouTube pun menjadi berstatus sebagai salah satu anak perjuangan google yang paling dikenal, dibawah kepemimpinan CEO Susan Wojcicki.

Google mengklaim jumlah pengguna yang terdaftar di YouTube sekarang mencapai 1,5 miliar yang tersebar di 100 negara. Setiap menitnya ada 400 jam video yang di unggah ke YouTube, dengan total 570.000 jam perhari.

Berikut Video unggahan pertama di YouTube oleh Jawed :