Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komparasi Kendaraan Beroda Empat Sejuta Umat Indonesia, Avanza Vs Mobilio

Pasar mobil di Indonesia ketika ini didominasi oleh laku manisnya penjualan kendaraan tipe multi perpose vehicle (MPV). Di segmen yang biasa disebut kendaraan beroda empat keluarga ini terdapat beberapa merek yang bermain, sebut saja Toyota dengan Avanza, Daihatsu dengan Xenia, Suzuki dengan Ertiga dan juga Honda dengan Mobilio. Produk-produk tersebut hadir dengan kapasitas 7 penumpang dan dianggap ideal sebagai kendaraan yang dipakai di Tanah Air.



Lantas, kali ini kami akan sedikit membahas perbandingan antara Toyota Avanza dengan Honda Mobilio. Lantas menyerupai apa perbandingan keduanya? Simak klarifikasi berikut ini:

Eksterior

Dari sisi eksterior, perbedaan desain antara Toyota Avanza dan Honda Mobilio tampak mencolok. Soal dimensi, Toyota Avanza mempunyai panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm, dan wheelbase 2,655mm. uansa desain Keen Look Toyota kental terasa pada model terbaru Avanza ini. Terlihat bab eksterior Avanza menyerupai memadukan banyak sekali model dari Innova serta Yaris, yang lebih dulu hadir model barunya.

Mobil low multi perpose vehicle (MPV) Toyota ini sekarang memakai desain grille yang berbeda dari sebelumnya. Grille radiator gres empat baris yang dilengkapi dengan lapisan krom menciptakan Grand New Avanza terlihat glamor dari depan.

Selain itu, bumper dengan desain gres dan lampu sekarang terlihat lebih ramping dari Toyota Avanza generasi sebelumnya. Menelisik lebih jauh kebagian samping, spesifikasi Grand New Avanza ini sekarang memakai New Side Body Molding dan aksen molding pada bodi samping Avanza ini sanggup memperlihatkan kesan glamor nan sporty pada kendaraan beroda empat ini.

Untuk Honda Mobilio menyebarkan basis dengan Honda Brio, karenanya DNA Brio masih sangat kental mengalir di desainnya. Untungnya Mobilio mempunyai varian RS yang notabene tak diimiliki Honda Brio, balasannya wajah Mobilio bisa terdongkrak jauh lebih menarik. Pemasangan bumper dengan desain yang berdasarkan kami sangat sporty untuk kasta Low MPV sangat sukses menciptakan Mobilio lebih tampan. Belum lagi lampu projektornya dikelilingi LED yang mewah. Sementara bab velg, Mobilio memakai allow wheel berukuran 15 inci.



Pada bab buritan desain lampu utama Mobilio dibentuk dengan desain kotak dan lampu rem ditempatkan di bab pintu belakang. Tampilan desain belakang juga ditambah adanya tail light dibagian atas. Di bab belakang juga tersemat wiper beling belakang yang sanggup difungsikan ketika hujan.

Interior

Pada bab interior, Toyota mendesain Avanza dengan mengugnakan dua aksen warna disisi dashboard. Secara keseluruhan desain kabin kendaraan beroda empat ini tampak elegan dan juga ditambahkan sistem hiburan yang terpusat pada layar sentuh berukuran 6,1 inci.

Sistem hiburan itu sanggup terkoneksi dengan DVD, CD, AM/FM, USB, AUX, Bluetood & Ipod ready (untuk tipe 1.5G). Pada bab cluster mater dibubuhan desain gres dengan New Amber Color Combimeter Design. Segala isu serta instrumen pada kendaraan beroda empat sanggup terlihat terang pada cluster mater kendaraan beroda empat ini yang didesain tiga bab serta model gres steering wheel.

Bangku baris ketiga kendaraan beroda empat ini juga mempunyai fitur yang sanggup di atur 50:50. Selain itu, untuk memperlihatkan kenyamanan, Toyota menyematkan fitur Cabin Quitness yang sanggup meningkatkan kesenyapan sampai meminalisir bunyi dari luar.

Sementara untuk Mobilio, Honda menghadirkan materi material yang terbilang cukup lembut dan juga jok dengan desain ergonamis. Hal ini memperlihatkan rasa nyaman sendiri ketika berkendara dengan jarak cukup jauh. Pada bab kemudi Honda Mobilio dilengkapi dengan tilt steering dan panel meter cluster dibentuk dengan 3 display meter.

Di tengah bab dashboard, kendaraan beroda empat ini dilengkapi dengn layar sentuh berukuran 6,2 inci yang kopartibel dengan banyak sekali format musik melalui media menyerupai AM/FM, CD, DVD, USB Port, iPod/iPhone.

Mobil yang sanggup menampung 7 orang ini juga dilengkapi dengan ruang bagasi yang cukup lapang. Desain bagasi dibentuk khusus oleh Honda sehingga menciptakan barang tidak terjatuh apabila kita membuka pintu belakang.

Mesin

Di bab mesin, Avanza hadir dalam dua pilihan mesin, yaitu 1.3L dengan mesin 1.500 cc dan Avanza bermesin 1.500 cc. Mesin gres yang disematkan Toyota pada Avanza sanggup menghadirkan pengalaman berkendara gres dengan performa mesin Dual VVT-i.

Sementara untuk Honda Mobilio hadir dengan memakai mesin i-VTEC berkapasitas 1.5 liter SOHC 4 silinder segaris + DBW. Honda menyatakan mesin ini bisa menghasilkan 118 tenaga kuda pada 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm di 4.600 rpm.

Kesimpulan:

Kehadiran Honda Mobilio yang diperkenalkan pada tahun 2013 kemudian berhasil menggoyahkan penjualan Toyota Avanza yang dikatakan sebagai kendaraan beroda empat sejuta umat. Di tahun pertamanya, Honda menyatakan bisa menjual 70 ribu unit Mobilio. Sementara pada tahun 2015 lalu, Toyota mengklaim kalau pihaknya berhasil menjual satu juta unit Avanza semenjak diperkenalkan pada 2004 silam.

Secara tampilan, Avanza hadir dengan desain bodi yang boxy sementara Mobilio terlihat hadir dengan desain yang lebih segar. Pada bab mesin juga Avanza bisa meletupkan daya sampai 96.5 PS sementara Honda Mobilio 118 PS.