Tutorial Memperbaiki Kepala Aki Kendaraan Beroda Empat Kendor Dan Ketahui Penyebabnya
Kepala aki kendaraan beroda empat yang rusak/tidak rata akan menimbulkan percikan api pada ketika melaksanakan stater.
Sebelum kita membahas wacana cara perbaikannya, marilah kita mengenal terlebih dahulu fungsi dari aki dan komponen-komponen yang ada di dalamnya.
Aki (Accu / Baterai) yakni kapasitor yang sangat besar yang merupakan komponen penting dalam kendaraan yang mempunyai fungsi sebagai berikut :
1. Penyedia arus listrik yang melingkupi :
-Starter mesin
-Penerangan
-Klakson
-Kelistrikan aksesoris mobil,seperti: tape, alarm, dan lain sebagainya.
2. Menyetabilkan tegangan kendaraan dan mem-back-up alternator jika tidak Mampu memenuhi kelebihan beban listrik yang dibutuhkan di kendaraan.
Berikut Komponen-komponen yang ada di dalam dan di luar Aki :
1.Kotak Aki.
Berfungsi sebagai rumah atau wadah dari komponen aki yang terdiri atas cairan aki,pelat nyata dan pelat negatif berikut separatornya.
2.Tutup Aki.
Bekerja sebagai epilog lubang pengisian udara aki kedalam Wadahnya. Kaprikornus aki tidak gampang tumpah. Di aki kering Tertentu tidak ada komponen ini, walaupun ada dihentikan dibuka.
3.Lubang Ventilasi.
Untuk tipe konvensional ada di samping atas dan ada selangnya. Berfungsi untuk memisahkan gas hidrogen dari asam sulfat dan juga sebagai saluran penguapan udara aki. Sedang tipe MF, gas hidrogen dikondisikan lagi menjadi cairan sehingga tidak dibutuhkan lubang ventilasi.
4.Pelat Logam atau Kepala Aki.
Terdiri dari pelat nyata dan negatif. Untuk pelat nyata dibentuk dari logam timbelpreoksida(PbO2). Sedangkan pelat negatif hanya dibentuk dari logam timbel (Pb).
5.Udara Aki.
Dibuat dari adonan udara (H2O) dan asam sulfat (SO4).
Berikut Cara Memperbaiki atau Pengecoran Kepala Aki Mobil Yang Sudah Kendor.
Bahan-bahan yang dibutuhkan :
1. Kabel seri
2. Isi dalam batrei kering
3. Tang
4. Timah aluminium
5. Tanah kuning yang basah
6. Plat besi atau kaleng bekas minuman yang lunak
7.Air
Langkah-langkah pengerjaannya sebagai berikut :
1. Lepaskan aki dari mobil.
2. Buka semua pengikat-pengikat kabel pada kepala aki.
3. Longgarkanlah tutup aki.
4. Bentuklah plat besi dengan ukuran lingkaran (sesuai dengan betuk kepala aki).
5. Sambungkan satu ujung kabel ke kepala aki yang masih utuh.
6. Di ujung yang satunya ikat dengan isi dalam batrei kering (berfungsi sebagai peleleh timah).
7. Balutlah kepala aki yang tidak rata dengan plat besi, dan diluarnya dilapisi dengan tanah berair (untuk menahan panas yang timbul akhir lelehan timah).
8. Arahkanlah ujung kabel yang telah di ikat dengan isi dalam batrei kering memakai tang (agar arus listriknya tidak hingga ke tangan kita) ke kepala aki yang sudah di balut memakai plat besi.
9. Tunggu hingga arang isi dalam batrei mulai memerah. Dan lelehkan timah almanium.
10. Isi hingga timahnya penuh sesuai bentuk kepala aki.
11. Diusahakan pelelehannya dilakukan secara bertahap atau bertahap supaya batrei tidak terlalu panas.
12. Setiap lelehan yang sudah masuk ke dalam cetakan segeralah disiram memakai air.
13. Setelah kepala batreinya sudah terbentuk, bukalah cetakan plat besi. Dan batrei siap di pakai.
Nah mungkin hanya ini saja yang bisa Mekanik Zaman Now bagikan untuk kita semua.
Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa SHARED, agar dapat membantu orang lain juga.
Jika artikel ini kurang membantu atau ada pertanyaan wacana aki mobil, silahkan tulis dikolom komentar.
Terimakasih.
Hai Sahabat , pada artikel ketiga ini kita akan membahas cara memperbaiki kepala aki kendaraan beroda empat yang sudah kendor dengan metode pengecoran.
Sebelum kita membahas wacana cara perbaikannya, marilah kita mengenal terlebih dahulu fungsi dari aki dan komponen-komponen yang ada di dalamnya.
Aki (Accu / Baterai) yakni kapasitor yang sangat besar yang merupakan komponen penting dalam kendaraan yang mempunyai fungsi sebagai berikut :
1. Penyedia arus listrik yang melingkupi :
-Starter mesin
-Penerangan
-Klakson
-Kelistrikan aksesoris mobil,seperti: tape, alarm, dan lain sebagainya.
2. Menyetabilkan tegangan kendaraan dan mem-back-up alternator jika tidak Mampu memenuhi kelebihan beban listrik yang dibutuhkan di kendaraan.
Berikut Komponen-komponen yang ada di dalam dan di luar Aki :
1.Kotak Aki.
Berfungsi sebagai rumah atau wadah dari komponen aki yang terdiri atas cairan aki,pelat nyata dan pelat negatif berikut separatornya.
2.Tutup Aki.
Bekerja sebagai epilog lubang pengisian udara aki kedalam Wadahnya. Kaprikornus aki tidak gampang tumpah. Di aki kering Tertentu tidak ada komponen ini, walaupun ada dihentikan dibuka.
3.Lubang Ventilasi.
Untuk tipe konvensional ada di samping atas dan ada selangnya. Berfungsi untuk memisahkan gas hidrogen dari asam sulfat dan juga sebagai saluran penguapan udara aki. Sedang tipe MF, gas hidrogen dikondisikan lagi menjadi cairan sehingga tidak dibutuhkan lubang ventilasi.
4.Pelat Logam atau Kepala Aki.
Terdiri dari pelat nyata dan negatif. Untuk pelat nyata dibentuk dari logam timbelpreoksida(PbO2). Sedangkan pelat negatif hanya dibentuk dari logam timbel (Pb).
5.Udara Aki.
Dibuat dari adonan udara (H2O) dan asam sulfat (SO4).
Berikut Cara Memperbaiki atau Pengecoran Kepala Aki Mobil Yang Sudah Kendor.
Bahan-bahan yang dibutuhkan :
1. Kabel seri
2. Isi dalam batrei kering
3. Tang
4. Timah aluminium
5. Tanah kuning yang basah
6. Plat besi atau kaleng bekas minuman yang lunak
7.Air
Langkah-langkah pengerjaannya sebagai berikut :
1. Lepaskan aki dari mobil.
2. Buka semua pengikat-pengikat kabel pada kepala aki.
3. Longgarkanlah tutup aki.
4. Bentuklah plat besi dengan ukuran lingkaran (sesuai dengan betuk kepala aki).
5. Sambungkan satu ujung kabel ke kepala aki yang masih utuh.
6. Di ujung yang satunya ikat dengan isi dalam batrei kering (berfungsi sebagai peleleh timah).
7. Balutlah kepala aki yang tidak rata dengan plat besi, dan diluarnya dilapisi dengan tanah berair (untuk menahan panas yang timbul akhir lelehan timah).
8. Arahkanlah ujung kabel yang telah di ikat dengan isi dalam batrei kering memakai tang (agar arus listriknya tidak hingga ke tangan kita) ke kepala aki yang sudah di balut memakai plat besi.
9. Tunggu hingga arang isi dalam batrei mulai memerah. Dan lelehkan timah almanium.
10. Isi hingga timahnya penuh sesuai bentuk kepala aki.
11. Diusahakan pelelehannya dilakukan secara bertahap atau bertahap supaya batrei tidak terlalu panas.
12. Setiap lelehan yang sudah masuk ke dalam cetakan segeralah disiram memakai air.
13. Setelah kepala batreinya sudah terbentuk, bukalah cetakan plat besi. Dan batrei siap di pakai.
Nah mungkin hanya ini saja yang bisa Mekanik Zaman Now bagikan untuk kita semua.
Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa SHARED, agar dapat membantu orang lain juga.
Jika artikel ini kurang membantu atau ada pertanyaan wacana aki mobil, silahkan tulis dikolom komentar.
Terimakasih.