Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Gampang Dan Murah Melaksanakan Pembayaran Publication Fee Melalui Paypal

By Muchlisin

Bagi penulis pemula kadangkala mengalami kebingugan dikala diminta melaksanakan pembayaran oleh jurnal dikala papernya dinyatakan diterima. Sebenarnya ada beberapa cara yang sanggup ditempuh jikalau kita ingin melaksanakan pembayaran, cara yang gampang praktis yaitu dengan transfer via Bank, namun caranya ini kurang hemat alasannya yaitu kita harus membayar biaya pengiriman yang besarnya berkisar 25-30 USD ditambah biaya lainnya tidak kurang Rp25.000,- (bervariasi tergantung bank nya), selain itu cara ini cukup menyita waktu alasannya yaitu harus antri dan mengisi form yang cukup banyak juga butir isiannya. Nah, disini saya ingin memberikan cara yang paling gampang dan murah melaksanakan pembayaran publication fee, yaitu melalui pembayaran online dengan fasiltas Paypal. 

Syaratnya yaitu anda harus punyaa akun Paypal, untuk sanggup mempunyai akun Paypal juga cukup mudah, yaitu cukup alamat email dan kartu kredit atau kartu debit. Berikut langkah-langkahnya (saya asumsikan anda sudah punya alamat email dan kartu kredit atau kartu debit).

1.  Buku laman web Paypay, https://www.paypal.com/id/home
2. Lihat laman sebelkah kiri, Buy with Paypal ini maknanya acara utama kita yaitu untuk melaksanakan pembayaran, Click Get Starter:
3. Pilih Indonesia, isikan alamat email dan pasword, kemudian Click Continue:
4. Isi Biodata Anda, Alamat dll, dan jangan lupa beri tanda contreng sebagai bukti anda telah oke dengan syarat dan ketentuan dari piihak Paypal, kemudian Click Agree and Creat Account.


5. Langkah selanjutnya, Link kan kartu kredit atau kartu debit anda dengan akun Paypal (langkah ini sanggup anda skip dan hanya anda linkkan dikala akan melalukan pembayaran juga boleh), namun disini saya anggap melinkkannya diawal, isikan semua detil kartu anda dan kemudian Click Link Card:

6. Proses tahap pertama selesai:


7. langkah selanjutnya yaitu melaksanakan verifikasi, silahkan buka dan Login ke email yang ada daftarkan, disana sudah ada pemberitahuan untuk melaksanakan verfikasi, ini pola emailnya:
8. Langsung Click Confirm Email Address:
9. Isi kolom password yang ada buat sebelumnya dan seterusnya Click Confirm Email Address:

10. Click Activate for Free,  muncul laman spt ini:

11. Click lagi "Activate For Free": 
12. Akun Paypal anda sudah final dan siap untuk digunakan

Untuk sanggup melaksanakan Pembayaran ada harus mengetahui/memiliki email akun Paypal kemana uang akan dikirimkan, jikalau anda belum mengetahuinya maka anda cukup mengirimkan email kepada editor dan katakan bahwa anda ingin melaksanakan pembayaran melalui Paypal, dan biasanya mereka dengan seang hati memperlihatkan alamat email mereka yang terdaftar di Paypal. Nah kini saya anggap anda sudah punya/mengetahui email akun tujuan pembayaran. Jika anda sudah signout, silahkan 

12. Login kembali ke Akun Paypal, Click Login (ada ditepi kanan atas):
13. isi user name and password, Click Login:

14. Click "Pay or Send Payment", sajian tsb ada disebelah kanan tengah dalam lingkaran:



15. Kemudian Click "Pay for goods or Service"


16. Isikan alamat email penerima, terus click Next:
17. Isikan jumlah uang yang dikirimkan (bisa pilih mata uangnya), pada Add a Note, ada sanggup isikan contohnya Publication for .....etc. terus Click Continue:
18. Jika ada belum melinkkan kartu kredit atau kartu debit anda, sistim akan meminta anda untuk melakukannya, tapi jikalau sudah maka anda sanggup pribadi terus menuntaskan pembayarannya;

19. Terimakasih dan biar bermanfaat


Jangan pula like or follow jikalau suka...terimakasih biar lebih banyak lagi paper yang diterima di jurnal internasional yang bereputasi