Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui 7 Penyebab Oli Mesin Kendaraan Beroda Empat Dapat Berkurang

Oli pada mesin kendaraan beroda empat mempunyai tugas yang sangat penting dalam mendukung kinerja mesin. Seiring dengan pemakaian oli, kualitas dan fungsi sanggup saja menurun. Oleh alasannya yaitu itu di perlukan penggantian oli secara periodik.

Hai teman .
Pada artikel yang ke delapan ini, kita akan membahas 7 penyebab oli mesin kendaraan beroda empat sanggup terus berkurang.
Sebelum lanjut ke topik permasalahan, ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu 5 fungsi dari oli mesin.

5 FUNGSI OLI PADA MESIN MOBIL
1. Pelumas.
Pada ketika mesin dihidupkan, oli mesin disirkulasikan ke setiap komponen mesin oleh pompa oli. Oli melewati bagian-bagian yang bergerak dan membentuk lapisan yang tipis untuk melumasi komponen tersebut.

2. Perapat.
Saat oli bersirkulasi di dalam mesin, oli akan membentuk lapisan tipis. Lapisan ini akan merapatkan celah antara dua benda yang bergerak. Sebagai contoh, didalam mesin terdapat silinder dan ring piston sebagai potongan penghasil tenaga di mesin. Oli pada potongan ini akan merapatkan celah keduanya, sehingga kompresi maupun tenaga pembakaran tidak bocor. Hasilnya tenaga yang dihasilkan akan maksimal.

3. Pembersih.
Ketika oli bersirkulasi di area mesin, oli yang sudah tersaring di filter oli melewati bagian-bagian mesin menyerupai dinding silinder, metal dan sebagainya. Ketika tempat tersebut terdapat kotoran menyerupai sisa karbon pembakaran maupun partikel logam jawaban gesekan, maka oli higienis tersebut akan mendorong atau membawa kotoran tersebut. Sehingga potongan yang terdapat pertikel logam dan potongan sisa karbon akan higienis kembali. Untuk itulah oli mesin perlu diganti secara berkala, alasannya yaitu kualitas oli akan menurun sesudah tercampur dengan endapan karbon dan partikel logam.

4.Penyerap panas.
Ketika mesin dihidupkan, terjadi proses pembakaran yang menghasilkan panas untuk diubah menjadi tenaga. Pada saat  bersamaan oli bersirkulasi pada bagain dalam mesin. Ketika oli melewati potongan mesin dengan temperatur tinggi menyerupai piston, metal dan dinding silinder, maka panas komponen tersebut akan diserap. Hal ini sanggup menjaga temperatur mesin dan mencegah ke-aus-an yang berlebihan pada potongan mesin.

5. Mencegah karat.
Fungsi lain dari oli mesin yaitu mencegah terjadinya karat pada permukaan logam. Oli mesin akan menutup permukaan metal, sehingga metal tersebut terbebas dari oksidasi yang menjadikan timbulnya karat. Hal ini sanggup dibuktikan pada mesin yang terbuat dari metal/logam ketika terisi dengan oli, akan terbebas dari karat.

7 Penyebab Oli Pada Mesin Mobil Sering Berkurang, berikut penjelasannya :
1. Ring pada piston sudah mulai habis atau menipis, yang mengakibat masuknya oli ke dalam ruang bakar. Biasanya insiden ini ditandai dengan adanya asap putih pada knalpot.

2. Packing cylinder head bocor dan adanya keretakan pada block cylinder. Ini ditandai dengan masuknya oli ke dalam ruang pendingin(radiator).

3. Adanya kebocoran pada seal klep. Kejadian ini hampir sama menyerupai no 1, hanya saja asap yang dikeluarkan tidak begitu pekat.

4. Seal crankshaft bocor.
 Ini ditandai dengan adanya keluarnya oli melalui potongan depan dan belakang mesin.

5. Ring kompresor sudah menipis.
Untuk jenis kendaraan beroda empat truck ditandai dengan angin yang dikeluarkan oleh kompresor bercampur dengan oli.

6. Adanya kebocoran pada selang oli dan tempat penampung oli (carter).
7. Isi dalam potongan Turbo ada yang sudah mulai haus. Ini sanggup di ketahui dari tenaga yang dihasilkan kendaraan beroda empat berkurang dan selang-selang yang ada pada jalur udara terlumuri oleh oli.

Himbauan : 
Jika kerusakan-kerusakan di atas terjadi pada kendaraan beroda empat anda, segeralah untuk memeriksakan unit kendaraan beroda empat anda ke bengkel tedekat. Agar sanggup mengantisipasi kerusakan yang lebih parah lagi dan jangan lupa untuk rutin mengganti oli mesin(tergantung dari cara pemakaian mobil/jarak yang telah ditempuh).

Nah mungkin hanya ini saja yang bisa Mekanik Zaman Now bagikan untuk kita semua.
Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa SHARED, agar sanggup membantu orang lain juga.
Jika artikel ini kurang membantu atau ada pertanyaan wacana pembahasan pada artikel ini, silahkan tulis dikolom komentar.


Terimakasih.