Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Ciri-Ciri Dan Proses Pembentukan Kelompok Sosial

Ciri dan Proses Pembentukan Kelompok Sosial Pengertian, Ciri-Ciri dan Proses Pembentukan Kelompok Sosial
Pengertian, Ciri-Ciri dan Proses Pembentukan Kelompok Sosial

Kelompok Sosial-Manusia ialah makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain. Pembahasan Kelompok sosial ini guru enjoy bagikan untuk membantu perkuliahan teman-teman khususnya yang mengambil Program Studi PGSD. 


KELOMPOK SOSIAL

1. Pengertian Kelompok Sosial

Kelompok sosial merupakan kumpulan insan yang saling berinteraksi dan mempunyai kesadaran bersama akan keanggotaannya dalam suatu organisasi atau kelompok. Kelompok sosial terbentuk alasannya tumbuhnya perasaan bersama akhir adanya interaksi yang sering terjadi diantara mereka. Kelompok sosial didalam kehidupan bermasyarakat sangat banyak jumlah anggotanya, dasar dari pembentukan kelompok tersebut pun berbeda-beda.

Jauh sesudah dilahirkan, insan telah mempunyai dua hasrat pokok dalam dirinya masing-masing, yaitu harapan untuk menjadi satu dengan insan lain dan harapan untuk menjadi satu dengan suasana alam disekitarnya. Pembentukan kelompok sosial merupakan salah satu perjuangan setiap insan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tersebut.

2. Ciri-Ciri Kelompok Sosial

Berikut 6 ciri-ciri kelompok sosial :

  • Memiliki motif yang sama antara individu dengan individu lainnya sehingga kerjasama dan interaksi untuk mencapai tujuan yang sama lebih gampang terjadi.
  • Setiap masing-masing anggota kelompok mempunyai kesadaran dir bahwa ia ialah bab dari kelompok yang bersangkutan.
  • Terdapat hubungan timbal balik antara anggota satu dengan yang lainnya.
  • Mempunyai hubungan sosial sehingga kelangsungan hidup semua kelompok tergantung kepada kesungguhan anggotanya dalam menjalankan tugas mereka.
  • Memiliki norma dan hukum yang mengatur hubungan setiap anggotanyanya.
  • Merupakan satu kesatuan yang aktual sehingga sanggup dibedakan dengan kelompok yang lainnya.
3. Proses Pembentukan Kelompok Sosial


Terbentuknya suatu kelompok sosial dipicu oleh insan yang tidak sanggup hidup bersama dan ingin menyatu dengan insan yang lainnya yang ada disekitarnya. Oleh alasannya itu bergabungnnya seseorang dengan sebuah kelompok biasanya merupakan sesuatu yang murni muncul dari keinginannya sendiri. Ada dua faktor utama yang menciptakan seseorang bergabung dalam suatu kelompok ialah kedekatan dan kesamaan.

Pembentukan suatu kelompok akan diawali dengan adanya kontak sosial dan komunikasi sosial yang akan menghasilkan proses dalam interaksi sosial.

Kata kontak berasal dari bahasa latin yakni "con" yang mempunyai arti bersama dan "tango" yang berarti menyentuh. Secara harfiah kontak sosial mempunyai arti "sama-sama menyentuh". Arti kata kontak dalam ilmu sosial tidaklah harus dengan sentuhan atau kontak fisik. Kontak sosial merupakan sebuah tindakan yang menjadikan kesadaran untuk saling berafiliasi dari satu pihak dengan pihak yang lainnya.

Komunikasi ialah suatu proses penyampaian isu dari satu pihak kepada pihak yang lain. Pada umumnya komunikasi yang sering kita lihat dilakukan secara berbicara dengan memakai cara yang sanggup dimengerti oleh kedua belah pihak, misalnya dengan memakai bahasa dari suatu negara tertentu.

A. Massa

Massa ialah kelompok sosial yang mempunyai ciri hampir sama dengan kerumunan, tetapi massa terbentuk disengaja dan direncanakan dengan persiapan sehingga sifatnya tidak spontan. Contohnya ialah orang-orang yang dikumpulkan untuk melaksanakan demonstrasi atau unjuk rasa.

B. Publik

Publik merupakan kumpulan orang yang terbentuk tidak pada suatu daerah yang sama. Pembentukan publik biasanya direncanakan, publik disatukan melalui alat komunikasi, artinya publik biasanya tidak harus selalu berada dalam suatu kelompok secara fisik. Dalam membentuk publik biasanya dipakai cara-cara yang mempunyai kaitan dengan nilai sosial dan kebiasaan dalam suatu masyarakat. Contoh publik ada orang-orang yang menonton program yang sama pada salah satu televisi ibarat nonton sepak bola.


Demikian klarifikasi mengenai Pengertian, Ciri-Ciri dan Proses Pembentukan Kelompok Sosial yang sanggup guru enjoy bagikan, agar sanggup bermanfaat bagi kita semuanya. Apabila ada yang tidak dipahami sanggup hubungi kontak ataupun berikan komentar di bawah postingan ini. Terima kasih.