Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Menciptakan Konverter Arus Ac Ke Dc Sendiri 2018

Tutorial Cara Membuat Konverter Arus AC ke DC Sendiri 2018. Arus listrik yang berasal berasal dari PLN merupakan arus AC / arus bolak balik. Distribusi arus AC bahwasanya diharapkan untuk mengimbuhkan kekuatan besar untuk kepentingan listrik yang relative tidak sanggup diatur. Sementara untuk mobilisasi banyak sekali alat elektronik yang ada di daerah tinggal diharapkan arus DC / arus searah. Itu bermakna untuk sanggup menggunakan alat elektronik tsb, Anda mesti menggunakan sumber arus DC layaknya kerikil baterai, dll. Atau kalau Anda menginginkan menggunakan sumber listrik PLN maka Anda mesti merubah arus AC menjadi arus DC menggunakan konverter arus AC ke DC.

Mengubah arus AC menjadi arus DC pastinya sanggup lebih ekonomis dibandingkan mesti belanja kerikil baterai terus-terusan. Selain itu memicu konverter arus AC ke DC sendiri sanggup mengasah keahlian elektro Anda. Pertanyaannya bagaimana langkah memicu konverter arus AC ke DC sendiri?

Rangkaian Konverter Arus AC ke DC
Alat Yang Diperlukan Untuk Membuat :

Konverter Arus AC ke DC Sendiri 

1. Trafo / Transformer 

Sebuah trafo punya 2 gulungan magnetis yaitu gulungan primer dan sekunder yang bermanfaat sebagai penurun tegangan dalam konverter arus AC / DC. 

2. Dioda Bridge 

Diode bridge (jembatan dioda) merupakan penyearah gelombang dalam sebuah konverter arus AC / DC. Komponen inti terdiri berasal dari 4 buah dioda yang dihubungkan dengan langkah menghubungkan dioda no.1 ke katoda diode no.2, lantas hubungkan anoda diode no. 2 ke katoda diode no.3, seterusnya hubungkan anoda diode no.3 ke anoda diode no.4, dan katoda diode no.4 dihubungkan dengan anoda diode no.1. (untuk lebih jelasnya melihat gambar di atas).

3. Kapasitor 

Gunakan kapasitor terpolarisasi. 

4. IC / Regulator 

IC dalam konverter arus AC / DC bermanfaat sebagai pengontrol tegangan output. 

Cara Membuat Konverter Arus AC / DC Sendiri

1. Hubungkan gulungan primer terhadap trafo denga sumber listrik PLN lantas hubungkan gulungan sekundernya katoda dioda no.3 dan katoda diode no.4. 

2. Hubungkan output aktual yaitu kombinasi katoda diode no.1 dan no.2 dengan terminal aktual kapasitor. 

3. Lalu hubungkan output negatif yaitu kombinasi anoda diode no.3 dan no.4 ke pin pertama IC regulator. 

4. Hubungkan pin ke dua IC dengan ground. 

5. Hubungkan pin ketiga dengan alat elektronik yang membutuhkan arus DC. 

Itulah langkah Tutorial Cara Membuat Konverter Arus AC ke DC Sendiri 2018 di rumah, untuk lebih jelasnya silahkan melihat gambar rangkaian elektro di atas, biar bermanfaat …