Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Layar Yang Burn-In Pada Galaxy S8

Banyak orang yang membicarakan smartphone terbaru Samsung yaitu Galaxy S8, tapi tidak semuanya bernada positif ada beberapa yang bernada negatif juga sebut saja penempatan fingerprint scanner yang kurang nyaman untuk digunakan, pada model yang dirilis di Amerika utara performanya tidak se-smooth pada model yang dirilis untuk internasional dan yang paling parah yaitu terdapat beberapa perkara "Burn-In" pada layar Samsung Galaxy S8.

Bilah Navigasi yang gres pada layar Samsung Galaxy S8 yang seharusnya tahan terhadap burn-in berkat algoritma gres yang dibentuk Samsung, ternyata tidak berjalan sesuai kenyataan. Bahkan ada pengguna Galaxy S8 yang melaporkan layarnya mengalami tanda-tanda burn-in sesudah penggunaan yang hanya berjalan 1 ahad saja. Jika kalian juga mengalami burn-in pada layar Galaxy S8, kalian sanggup menyimak artikel dibawah ini kami menemukan cara untuk memperbaikinya dan cara untuk mencegahnya semoga tidak terjadi lagi.


  • Install AMOLED Burn-in Fixer
Langkah pertama yang sanggup kalian lakukan yaitu meng-undo layar yang sudah terkena burn-in dengan cara meng-install aplikasi berjulukan AMOLED burn-in fixer aplikasi ini sanggup dipakai pada semua layar smartphone yang bertipe AMOLED. Aplikasi ini berfungsi untuk meng-invert layar, sehingga memaksa pixel-pixel untuk melepas warna yang terlah terkena burn-in.


Setelah selesai proses install jalankan aplikasi tersebut maka proses akan berjalan secara otomatis sehingga pixel pada layar kalian akan terlihat seolah kembali ibarat normal. Proses ini sanggup cepat atau bahkan memakan waktu berjam-jam, tergantung dengan seberapa parah keadaan layar burn-in kalian.
  • Hide/Sembunyikan Navigation dan Status Bar
Setelah kalian selesai memperbaiki layar yang burn-in, kalian tentu tidak ingin hal tersebut terjadi kembali bukan? cara paling gampang yaitu mengaktifkan mode imersive pada layar. Hal tersebut akan secara otomatis akan menyembunyikan bilah navigasi dan status, tetapi kalian tetap sanggup mengakses bilah  navigasi dan status dengan cara swipe pada pinggir layar maka secara otomatis bilah navigasi dan status akan muncul kembali.

Caranya seebenarnya sangat mudah tetapi sebelumnya kalian membutuhkan komputer dan sudah terpasang ADB. Kami merekomendasikan untuk menyembunyikan bilah navigasi dan status alasannya yaitu kedua area tersebut sudah terbukti bermasalah. Kalian sanggup mengikuti langkah-langkahnya pada link berikut ini.
  • Mematikan Always On Pada Layar
Untuk langkah terakhir semoga mencegah terjadinya burn-in pada layar, Samsung memang sudah meng-claim bahwa telah menggeser sedikit letak tombol home untuk mencegah burn-in pada layar, namun untuk berjaga-jaga sebaiknya kalian mematikan saja fitur always on pada layar ini.

Oke lanjut pada cara untuk menonaktifkan fitur always on pada layar pertama kalian masuk sajian settings > lalu masuk pada "Lock screen and security" > lalu cari "Always on display" ada dua cara untuk menonaktikannya pertama dengan menekan tombol switch yang terletak pada sebelah kanan goresan pena "Always on display" yang kedua dengan masuk pada sajian "Always on display" dan mengubah tombol switch yang terletak pada sisi atas layar, keduanya berfungsi sama yaitu mematikan fitur always on pada layar.


Sekarang kalian sudah menyembunyikan dan menonaktifkan faktor yang mungkin akan menciptakan layar kalian burn-in, semoga cara ini sanggup membantu kalian mencegah layar Galaxy S8 menjadi burn-in. Jika kalian mempunyai cara lain untuk mencegah layar burn-in sanggup kalian bagikan pada kolom komentar dibawah ini jangan lupa juga like pada fanspage facebook kami droidnoobhut.