Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon

Apakah anda ingin berguru perihal Cara Memperbaiki Cartridge Canon yang Rusak dan juga tidak terdeteksi? Bisa, bisa, anda sanggup berguru dengan mempelajari panduan dasar perbaikan atau servis yang akan kita bahas kali ini.

Kita akan coba menggali sedikit pengetahuan yang mungkin saja belum menjadi kepandaian kita. Pada umumnya kerusakan yang terjadi pada komponen printer yang satu ini tidak ditangani oleh pengguna melainkan hanya teknisi saja yang melakukannya.

Biasanya, jika Cartridge Printer sudah tidak terdeteksi eksklusif dibuang saja dan diganti dengan yang baru. Bagaimana dengan anda, apakah anda ingin berguru coba-coba memperbaikinya? Semua langkah perbaikan niscaya akan bermula pada pencarian terhadap penyebab kerusakan.

Dengan menelusuri penyebab kerusakan yang terjadi maka kita akan tahu posisi kerusakan secara niscaya dan sanggup memilih langkah perbaikan yang dibutuhkan. Sama saja dengan Memperbaiki Cartridge, kita cari tahu terlebih dahulu sebabnya gres kita tentukan langkah perbaikannya.

Sebagai langkah awal kita akan telusuri penyebab kerusakan, penyebab cartridge canon rusak secara umum ada dua macam, yaitu rusaknya head cartridge dan rusaknya chip cartridge. Beda kerusakan tentu beda penanganan, jikalau anda ingin tahu silahkan ikuti klarifikasi berikut!

A. Head Cartridge Printer Canon Rusak

Permasalahan pertama yang akan kita pelajari yakni mengenai kerusakan pada head. Head cartridge rusak sanggup disebabkan oleh beberapa hal yaitu antara lain sebagai berikut:
  1. Penyumbatan akhir tinta yang mengering, sehingga tentu saja akan menyumbat jalannya tinta ketika digunakan proses mencetak.
  2. Kotoran atau sering kali bubuk yang masuk ke cartridge bersamaan bercampur masuknya tinta, sehingga menyumbat lubang-lubang head (nozle).
  3. Panas berlebih akhir head yang dipaksa bekerja mencetak tanpa istirahat.
  4. Ujung head tergores akhir benturan/bergesekan dengan benda yang lebih keras. diameter lubang head cartridge sangat kecil bahkan lebih kecil dari diameter rambut manusia, sehingga apabila ujung head ini terbentur/tergesek benda keras akan gampang sekali rusak.

Solusi mengatasi Head Cartridge yang rusak
Head cartridge rusak yang masih sanggup diperbaiki yaitu : head cartridge yang tersumbat baik oleh tinta yang mengering atau kotoran semisal bubuk yang masuk bercampur tinta. Solusi penanganan tergantung kondisi kerusakan head cartridge, dari yang ringan hingga yang berat. Gejala penyumbatan cartridge tentu saja ditandai dengan tidak keluarnya tinta dengan tepat ketika mencetak.

  • Penyumbatan ringan: Lakukan proses cleaning memakai software dari bawaan printer, jikalau masih belum juga sanggup membantu lakukan proses deep cleaning memakai software bawaan printer juga. 
  • Penyumbatan sedang: Dengan memakai alat yang disebut dengan toolkit penyedot cartridge. Caranya pun gampang cukup pasang cartridge yang bermasalah pada toolkit lalu sedot memakai suntikan. 
  • Penyumbatan berat: Rendam head cartridge dengan memakai cairan cleaner (tentu saja bukan sembarang cairan cleaner), ketika merendam jangan hingga membasahi hingga kena chip cartridge. Lamanya tergantung tingkat kerusakan penyumbatan head cartridge (bisa 15 menit, 1 jam, bahkan sehari). Kemudian kombinasikan juga memakai toolkit penyedot cartridge. 
  • Penyumbatan extra berat: Tidak sanggup dijelaskan dengan mendetail, tapi pada dasarnya memakai printer Canon (yang sudah tidak dipakai/rusak) yang dimodifikasi diambil fungsi vakumnya. Nah... Vakum inilah yang akan kita manfaatin untuk membersihkan penyumbatan pada cartridge tersebut, cara kerjanya yakni dengan menciptakan sirkulasi ajaran memakai santunan vakum printer Canon bekas yang telah dimodifikasi. Untuk menciptakan ajaran sirkulasi tersebut, kita cukup memakai cairan cleaner. 
Setelah mengenai duduk kasus di atas, sekarang Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon akan kita lanjutkan dengan permasalahan kedua yaitu pada kerusakan chip.

B. Memperbaiki Chip Cartridge Canon rusak

Chip Cartridge yang rusak sanggup ditandai dengan pesan-pesan error pada komputer menyerupai : unrecognized cartridge, not compatible atau cartridge belum terpasang, yang pada dasarnya cartridge yang rusak harus diganti, namun jangan diganti terlebih dahulu, siapa tau kita sanggup memperbaikinya sendiri, semoga cara berikut sanggup membantu.

Penyebab Chip cartridge rusak
  • konsleting pada konektor akhir terkena cairan misal tinta.
  • kelebihan arus akhir tegangan listrik yang tidak stabil.
  • kotoran yang menempel pada konektor chip cartridge.
  • yang terakhir yakni kerusakan yang disebabkan oleh pembuat cartridge itu sendiri. Untuk jenis kerusakan yang satu ini belum dipastikan juga kebenaranya, namun pada kenyataannya, dari informasi-informasi yang didapat, sering kali terjadi kerusakan pada cartridge yang sudah habis level tintanya atau yang sudah beberapa kali disuntik di isi ulang (refill). 
Makara tampaknya pihak produsen memang sengaja menciptakan cartridge yang hanya sekali pakai hingga tinta habis dan cartridge itu dirancang untuk merusak dirinya sendiri begitu level tinta original habis.

Tentu saja tujuan produsen tersebut biar pembeli tidak sanggup lagi mengisi ulang atau memakai kembali cartridge printer yang telah habis tersebut dan ujung-ujungnya dituntut untuk membeli tinta dari cartridge original.

Solusi Cara mengatasi Chip Cartridge yang rusak
  • Chip kotor: bersihkan memakai cairan alkohol, usapkan dengan tisu pada belahan konektor chip yang kotor
  • Chip rusak: cara ini kadang sanggup membantu, tingkat keberhasilannya 50:50. Tidak ada salahnya juga untuk dicoba, jikalau masih ada kemungkinan untuk berhasil. Yaitu dengan cara memanaskan konektor chip memakai ujung solder. caranya :
  • Gunakan solder dengan ujung yang lancip.
  • Panaskan solder dengan panas sedang.
  • Oleskan FLUX solder pada conector chip, biar kabel flexible chip tidak rusak terkena solder nantinya. 
  • Tempelkan ujung lancip solder pada masing-masing konektor chip cartridge selama kurang lebih 5 detik (hati-hati jangan hingga mengenai kabel flexible nya), lakukan dengan hati-hati.

Hal paling bijak jikalau kita akan berguru memperbaiki sendiri kerusakan yang ada yakni anda sanggup memanfaatkan komponen yang mungkin tingkat kerusakannya sudah parah. Belajar terlebih dahulu jadi sehabis mencobanya sendiri anda sanggup mengetahui langkahnya lebih detail.

 anda sanggup berguru dengan mempelajari panduan dasar perbaikan atau servis yang akan kita b Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon

Dengan mempelajari tips cara memperbaiki cartridge canon rusak dan tidak terdeteksi diatas diperlukan anda sanggup mendapat manfaat atas pengetahuan tersebut. Cara di atas sanggup diterapkan pada beberapa jenis cartridge lain menyerupai printer HP dengan karakteristik yang sama.

Sumber http://belajar-komputer-laptop-printer.blogspot.com/