Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karya Jurnalistik: Jenis-Jenis Goresan Pena Di Media Massa

 atau video yang bernilai informasi atau berisi informasi nyata Karya Jurnalistik: Jenis-Jenis Tulisan di Media Massa
Karya Jurnalistik ialah tulisan, foto, audio, atau video yang bernilai informasi atau berisi informasi aktual, faktual, penting, dan menarik.

Posting berikut ini berisi klarifikasi singkat perihal karya jurnalistik perihal jenis-jenis goresan pena di media massa. Sebagian sudah dibahas di posting jenis-jenis goresan pena jurnalistik. Kali ini ulasannya lebih lengkap.

Tulisan di media massa umumnya dibentuk oleh wartawan. Media massa sendiri ialah kanal komunikasi massa untuk pubikasi karya jurnalistik, yang terdiri dari:
  1. Media cetak -- surat kabar, tabloid, majalah
  2. Media elektronik -- radio dan televisi (media penyiaran)
  3. Media siber -- media online, situs berita, website berita.
Jenis-Jenis Tulisan berikut ini khususnya yang dimuat di media cetak.

Jenis-Jenis Tulisan di Media Massa

Jenis-Jenis Tulisan yang merupakan karya jurnalistik atau produk jurnalistik umumnya ditulis oleh wartawan. Namun, tidak semua goresan pena di media massa dibentuk oleh wartawan. Ada juga yang ditulis oleh pembaca atau non-wartawan.

1. Berita


Berita (news) merupakan sajian utama media massa sekaligus produk utama jurnalistik atau karya tulis wartawan.

Berita ialah goresan pena berisi informasi insiden aktual, faktual, penting, dan menarik serta hanya berisi fakta apa adanya, tanpa opini atau pendapat penulisnya (wartawan).

Singkatnya, informasi ialah laporan peristiwa. Sebuah insiden menjadi informasi bila diinformasikan wartawan melalui media massa sehingga diketahui umum.

Jenis-jenis informasi antara lain:
  1. Berita Langsung (straight news)
  2. Berita Menyeluruh (comprehensive news)
  3. Berita Mendalam (depth news)
  4. Pelaporan Mendalam(depth reporting)
  5. Berita penyelidikan (investigative news).

2. Feature


Feature ialah informasi atau informasi yang dikemas dengan gaya berkisah atau bertutur (story telling) dengan gaya bahasa sastra. Feature disebut juga "karangan khas".

Pengertian praktisnya, feature ialah dongeng pendek (cerpen) yang berisi kisah nyata atau insiden yang benar-benar terjadi. Wartawan menuliskannya dengan gaya penulisan sastra. Karenanya, feature disebut juga "jurnalisme sastra".

Feature merupakan jenis goresan pena yang yang sifatnya memperjelas suatu berita, dengan cara penyajian yang lebih ringan dan menghibur dibanding berita.

Tujuan penulisan feature ialah untuk menggugah perasaan pembacanya selain menunjukkan informasi lebih mendalam mengenai sesuatu di balik peristiwa.

Jenis-jenis feature antara lain:
  1. Feature berita
  2. Feature tips
  3. Feature biografi
  4. Feature perjalanan
  5. Feature ilmiah.



3. Artikel


Disebut juga artikel opini. Artikel ialah goresan pena berisi opini atau pendapat penulisnya yang mengupas peristiwa, isu, atau kasus aktual.

Artikel bertujuan menunjukkan penjelasan, analisis, memengaruhi, dan meyakinkan pembaca perihal suatu insiden atau permasalahan.

Di surat kabar, artikel biasanya dimuat di rubrik khusus yang menyajikan goresan pena non-berita lainnya, ibarat Tajuk Rencana, Kolom, Surat Pembaca, Pojok, dan Karikatur.


4. Tajuk Rencana



Disebut juga "editorial" atau "tajuk". Tajuk rencana goresan pena berisi pendapat redaksi sebuah media perihal suatu kasus atau peristwa.

Tulisan tajuk berisi pendapat dan perilaku resmi media sebagai institusi penerbitan terhadap duduk kasus aktual, fenomenal, atau kontroversial yang berkembang dalam masyarakat.

Opini yang ditulis pihak redaksi diasumsikan mewakili sekaligus mencerminkan pendapat dan perilaku resmi media pers bersangkutan secara keseluruhan sebagai suatu forum penerbitan media berkala.

Tajuk rencana biasanya ditulis oleh pemimpin redaksi, editor, atau wartawan senior yang perilaku dan pandangannya mewakili pandangan redaksi media secara keseluruhan.

5. Kolom


Kolom (column) ialah goresan pena sejenis artikel dan tajuk yang berisi opini atau pandangan perihal suatu kasus yang ditulis oleh pakar di bidangnya, contohnya pengamat, guru besar, jago bidang tertentu.

Penulis kolom disebut kolomis. Kolom biasanya ditulis dengan gaya bahasa informal dan ringkas.

6. Karikatur


Secara etimologis, karikatur berasal dari bahasa Italia, caricare, yang artinya "melebih-lebihkan". Kata caricare dipengaruhi kata carattere, juga bahasa Italia, yang berarti "karakter" dan kata "cara" dalam bahasa Spanyol yang berarti "wajah".

Karikatur merupakan representasi perilaku atau abjad seseorang dengan cara melebih-lebihkan sehingga melahirkan kelucuan. Karikatur juga sering digunakan sebagai sarana kritik sosial dan politik.


7. Pojok



Pojok ialah kutipan pernyataan singkat narasumber atau insiden tertentu yang dianggap menarik atau kontroversial untuk kemudian dikomentari pihak redaksi dengan kata-kata atau kalimat yang mengsuik , menggelitikdan ada kalanya reflektif.

Ciri-ciri pojok :

  1. Berisi dua alinea. Alinea pertama menyajikan suntingan informasi atau peristiwa. Alinea kedua menyajikan opini atau pandangan-pandangan dari media massa tersebut sebagai respon terhadap isi yang tersaji dalam alinea pertama.
  2. Isi yang disajikan baik dalam alinea pertama maupun dalam alinea kedua , biasanya terangkai dalam kalimat-kalimat pendek.
  3. Opini atau pendangan-pandangan dari forum surat kabar disajikan dalam kalimat-kalimat bernada sinis dan humoris.

8. Surat Pembaca

Surat pembaca (letter to editor) ialah opini yang ditulis oleh pembaca dan dimuat dalam rubrik khusus surat pembaca.

Surat pembaca biasanya berisi keluhan atau komentar pembaca perihal apa saja yang menyangkut kepentingan dirinya atau masyarakat. Panjang surat pembaca rata-rata 2-4 paragraf. Rubrik surat pembaca lebih merupakan layanan publik dari sebuah media atau pihak redaksi terhadap masyarakat.

Keluhan konsumen atau pelayanan umum biasa ditulis di rubrik ini dan mndapatkan respons dari pihak terkait. Di sini media menjalankan fungsinya untuk menjadi "mediator".

Demikian Jenis-Jenis Tulisan di Media Massa yang merupakan Karya Jurnalistik. Wasalam. (www.baticmedia.com).

Sumber: Asep Syamsul M. Romli, Jurnalistik Terapan, Batic Press, Bandung, 2001.


Sumber https://www.baticmedia.com/