Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Laptop Atau Komputer Blank Hitam Tapi Hidup (Black Screen) Dengan Mudah

Assalamualikum sobat, kali ini Droid.Techno akan membahas artikel perihal cara mengatasi komputer atau laptop yang hidup tapi tidak tampil windows (Black Screen). Berbagai kemungkinana yang sanggup terjadi dikala laptop atau komputer kau hanya menampilkan layar hitam saja ,yaitu RAM yang kotor atau rusak, Sistem operasi yang corupt, dan yang paling parah Monitor atau Lcd laptop kau yang rusak. Nah untuk caramengatsi nya kau sanggup simak caranya dibawah ini.

1. Mengecek dan Membersihkan RAM 

Untuk langkah pertama yang harus kau lakukan ialah dengan cara mengecek dan membersihkan RAM laptop atau komputer kamu. Caranya yaitu dengan mencopot ram yang ada di laptop atau di komputer kamu, kemudian kemudian kau bersihkan kaki-kaki ram (yang berwana kuning) dengan penghapus pensil, Hal ini bertujuan untuk membersihkan ram dari bubuk yang menempel pada kaki ram sehingga ram tidak sanggup bekerja dengan sempurna. Cara ini selalu berhasil saya lakukan, kalau tidak berhasil kita lanjut ke cara selanjutnya.


2. Mengecek LCD atau Monitor

Jika cara diatas tidak berhasil maka cara selanjutnya yaitu dengan mengecek LCD atau Monitor kamu. Jika laptop, untuk cara mengeceknya kau sanggup memakai senter dan menyorotkan nya ke lcd, kalau terlihat windows maka yang bermasalah lampu lcd kamu. dan kalau tidak terlihat cara selanjutnya yaitu dengan menghubungkan laptop kau dengan monitor atau kalau tidak ada monitor kau sanggup mengubungkannya ke Tv led dengan cara mencolokan kabel HDMI atau VGA yang ada di laptop dan monitor, kalau tampil maka yang rusak ialah lcd kau dan untuk cara mengatasinya adlah dengan mengganti lcd.
Untuk Komputer caranya yaitu dengan cara mengganti dengan monitor yang lain dan kalau masih tidak tampil maka cek port dan kabel VGA atau HDMI yang ada di komputer dan monitor kamu.

3. Driver VGA yang tidak cocok

Untuk cara mengatasi nya yaitu dengan masuk ke safe mode dengan cara
1. Nyalakan laptop atau komputer kamu
2. Sebelum masuk tampilan logo Windows, tekan tombol F8 terus menerus, sampai masuk menu            Boot Option Windows
3. Lalu pilih Safe Mode
4. Setelah berhasil masuk safe mode selanjutnya masuk ke sajian device manager Tekan 
5. Tombol Windows + R secara bersamaan kemudian ketikkan devmgmt.msc dan tekan enter.
6. Lalu cari display adapter dan klik kanan dan uninstall ibarat gambar dibawah.
    kalau sudah restart komputer atau laptop kamu