Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Komunikasi Goresan Pena Di Media Online

Teknik Komunikasi Tulisan di Media Online Teknik Komunikasi Tulisan di Media Online
Teknik Komunikasi Tulisan di Media Online. 

Komunikasi Tulisan yaitu proses penyampaian pesan, informasi, atau aliran secara tertulis.

Media Online yaitu sarana atau jalan masuk penyampaian pesan secara online atau melalui internet, menyerupai email, media umum (facebook, twitter, dll), blog, dan situs web (website).

Komunikasi Tulisan di Media Online membutuhkan teknik, cara, atau gaya tersendiri yang berbeda dengan komunikasi di media konvensional --media cetak (koran, majalah, dll) dan media elektronik (radio, televisi).

Komunikasi Tulisan di media online harus memperhatikan beberapa aspek berikut ini:
  1. Scannability
  2. Readability
  3. Findability
  4. Usability
Scannability
Tulisan di media online harus scannable (mudah dipindai). Teks di monitor bukan dibaca, tapi dipindai.

Readability
Tulisan di media online harus readable (mudah dibaca). Tampilan teks atau goresan pena harus gampang dibaca, tidak melelahkan dan menyilaukan mata.
Findability
Mudah ditemukan, yakni gampang diindeks mesin pencari dan gampang ditemukan pembaca. Data atau hal terpenting dalam pesan komunikasi goresan pena online ini juga harus gampang ditemukan, menyerupai dihighligt, ukuran hurufnya diperbesar, diberi warna, dll.

Usability
Menyangkut aspek kemanfaatan atau kegunaan. Pesan yang disampaikan di media online harus diharapkan dan penting bagi pembaca, pengguna (user), atau pengunjung (visitor).

Demikian Teknik Komunikasi Tulisan di Media Online yang akan disambung pada posting berikutnya secara detail disertai contoh.*

Sumber https://www.baticmedia.com/