Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Penyebar Hoax | Cara Ubah Judul Dan Isi Artikel Orang Lain Dengan Isyarat Javascript

Menangkap layar atau dapat kita sebut dengan screenshot, ialah satu tindakan mengambil gambar pada layar smartphone maupun komputer. Tentu saja untuk melaksanakan sreenshot sendiri saya rasa anda semua sudah mengetahui bagaimana caranya, untuk setiap perangkat smartphone bisanya berbeda walaupun ada yang sama. Yaitu dengan menekan kombinasi beberapa tombol. Atau kalau jika melaksanakan pengaturan yang kita inginkan kita dapat melaksanakan screen shot dengan hanya mengusap layar dengan tiga jari kita.
Pada komputer sendiri screenshot dapat dikakukan dengan hanya menekan tombol “prtcs sysrq” tombol ini biasanya ada disebelah kanan f12. Kegunaan screenshot sendiri majemuk mulai dari membagikan informasi kepada orang lain dengan membagikan gambar hasil screenshot. Atau sebagai bukti sebuah perkara misalnya.

Namun mungkin yang belum anda ketahui bahwa bahu-membahu goresan pena pada sebuah website yang akan kita screenshot bahu-membahu dapat kita ubah, ya! Kita dapat mengubah goresan pena judul artikelnya maupun isi dari artikelnya. Jadi, pada artikel ini saya akan mengambarkan kepada anda bagaimana cara melakukannya.

Disini kita tidak akan memakai aplikasi pelengkap dan lain sebagainya. Yang kita butuhkan hanyalah sebuah isyarat javascript yang sangat sederhana dan kita dapat mengedit goresan pena pada artikel tersebut dengan sangat mudahnya. Seperti menghapus dan mengetik ulang dengan goresan pena yang anda mau. Manrik bukan?

Tapi yang sangat disayangkan kalau trik ini anda gunakan untuk membagikan isu palsu atau mungkin lebih dekat kita sebut dengan “HOAX”. Saya harap anda tidak melakukannya. Karena semua yang saya tulis ialah untuk pengetahuan semata.

Oke, tampaknya sudah terlalu panjang pengantarnya kita pribadi saja. Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka browser anda dan silahkan menuju artikel yang ingin anda ubah judul maupun sisinya.

2. Copy semua isyarat javaScript yang ada dibawah ini
javascript:document.body.contentEditable = 'true'; document.designMode='on'; void 0
3. Setelah itu simpan pada “bookmark” pada browser anda. Atau anda hanya perlu mengcopy dan menariknya ke daftar bookmark toolbar yang ada diatas browser anda.
* Jika anda masih galau silahkan paste isyarat javaSript tadi ke tab gres yang kosong kemudian klik hidangan “Bookmarks” yang ada di atas dan klik “bookmark this page”. Atau cara cepat anda dapat menekan Ctrl + D, dan berikan nama pada Bookmarks tersebut contohnya “edit text”.

4. Untuk menggunakannya anda dapat klik hidangan “Bookmarks” kemudian “Show all bookmarks” kemudian cari “edit text” klik kanan “open”

5. Kembali ke artikel yang sudah car tadi, dan coba saja lakukan edit text menyerupai bisa. Maka anda akan dapat menghapus dan mengubah semua text yang ada pada artikel tersebut.
Intinya ialah kalau anda dapat mengCopy artikel tersebut maka artikel tersebut dapat anda edit tulisannya. Tapi kalau tidak tentu anda tidak dapat melakukannya. Seperti contohnya blog ini tidak akan dapat anda edit textnya dengan cara tersebut. Dan terimaksih sudah berkunjung agar bermanfaat.