Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Membeli Kendaraan Beroda Empat Bekas Berkualitas - Bab #1


www.pelengkapotomotif.com Halo sobat PO, pada pekan kemudian kami sudah memperlihatkan ulasan mengenai ciri-ciri kendaraan beroda empat bekas banjir, untuk artikel selanjutnya kali ini kami akan membahas mengenai beberapa tips membeli kendaraan beroda empat bekas berkualitas - pecahan #1. Berikut ialah ulasannya :

1. Tempat Pembelian


Tips pertama ialah menelusuri kawasan pembelian. Jaman kini sudah makin banyak kawasan yang membuka penjualan kendaraan beroda empat bekas dengan segala penawaran. Akan tetapi, untuk mendapat kendaraan beroda empat bekas yang diinginkan, kalian sanggup membeli nya dengan cara eksklusif dari orang pertama atau melalui perantara.

Membeli di Showroom
Membeli ke showroom akan memperlihatkan kalian banyak pilihan, namun kalian juga harus tahu bahwa membeli lewat showroom pastinya menciptakan biaya pembelian menjadi lebih besar dibanding kalau membelinya eksklusif dari orang pertama. Jadi, membeli kendaraan beroda empat bekas melalui mediator juga akan menciptakan pembelian harga kendaraan beroda empat menjadi lebih mahal. 

Membeli di Orang Pertama
Membeli kendaraan beroda empat dari tangan pertama akan menciptakan kaian lebih mengerti kondisi perawatan pada mobil, apalagi kalau orang yang menjualnya tersebut merupakan orang yang kalian kenal. Maka akan sangat gampang kalau ingin melaksanakan negosiasi. Oleh lantaran itu,  perhatikan dimana kalian akan membeli kendaraan beroda empat bekal tersebut.

2. Check / Waspadai Mobil Bekas Banjir / Tabrakan


Jika kalian menemukan kendaraan beroda empat bekas yang dijual dengan harga yang murag atau bahkan dibawah harga pasaran, maka kalian perlu mewaspadainya. Namanya juga barang bekas, kita belum tahu secara niscaya apa penyebab dan sejarahnya kenapa dijual dengan harga yang murah, pastinya terdapat beberapa alasan mengapa orang menjual mobilnya dengan harga murah. Salah satunya ialah kendaraan beroda empat yang dijualnya tersebut bekas gesekan atau rusak akhir menerobos banjir. 

Informasi mengenai ciri ciri kendaraan beroda empat bekas banjir sanggup kalian baca pada ulasan berikut >>  ciri-ciri kendaraan beroda empat bekas banjir,

Perhatikan juga pecahan lekukan pada bodi maupun cat mobil. Jika memang kendaraan beroda empat bekas tertabrak, maka pecahan bodi dan cat mobilnya tidak akan tepat menyerupai barunya. Untuk itu kalian harus lebih teliti sebelum membeli kendaraan beroda empat bekas.

3. Periksa Kelistrikan


Supaya kalian tidak menyesal dikala membeli, ada baiknya menyidik pecahan kelistrikan pada kendaraan beroda empat bekas yang akan dibeli. Karena kalau kendaraan beroda empat gres tentu tidak akan terlalu mengalami problem kelistrikan. Namun pada kendaraan beroda empat bekas sanggup mempunyai potensi mengalami problem kelistrikan. 

Biasanya pecahan kelistrikan kendaraan beroda empat bekas yang sering mengalami problem ialah akhir adanya binatang yang masuk ke ruang mesin. Selain itu, pemilik usang sanggup juga melaksanakan modifikasi / service yang tanpa sengaja menjadikan kerusakan pada pecahan kelistrikan. Akibatnya, kalian harus mengeluarkan dana ekstra untuk melaksanakan perbaikan. Tak jarang pula nantinya kalian diharuskan mengganti komponen yang tidak sanggup dilakukan perbaikan.

4. Periksa Mesin dan Performanya


Mesin merupakan jantung dan sumber kehidupan dari mobil. Untuk itu kalian harus teliti dalam melihat apakah kendaraan beroda empat bekas yang akan kalian beli dalam kondisi baik atau tidak. Karena banyak penjual kendaraan beroda empat bekas bandel yang mengakali pecahan mesin supaya kendaraan beroda empat terlihat mempunyai performa yang baik. 

Cara Melakukan Pemeriksaan sanggup mengikuti step berikut ini :
  1. - Buka kap mesin dan periksa apakah terdapat kebocoran ataupun korosi. 
  2. - Selanjutnya kalian juga sanggup memerika pecahan oli dengan mencabut tongkat pengukur kemudian lihat kepekatan warna oli. 
  3. - Jangan lupa juga periksa pecahan belt serta accu untuk memastikan pecahan kelistrikan dalam keadaan baik.
  4. - Hidupkan mesin kendaraan beroda empat dan perhatikan suara mesin yang menyala. Mesin yang terdengar baik ialah mesin yang terdengar halus dan tidak kasar. Mobil yang masih cantik juga mempunyai ciri gampang di-starter. 
  5. - Setelah menyalakan mesin cobalah untuk melaksanakan tes drive. Cobalah untuk mengoper gigi, pastikan bahwa oper gigi ini berjalan dengan lancar. Rasakan benar kondisi kendaraan beroda empat dikala berjalan. Bila terasa berat, cenderung berbelok kearah kiri atau kanan, sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk membelinya. Dalam tes drive ini cobalah untuk melewati jalan yg kurang rata untuk mengetes baik tidaknya kondisi kaki-kaki mobil. Untuk keseluruhan proses tes drive ini sebaiknya kalian melakukannya bersama si penjual supaya si penjual juga mengetahui kondisi mobilnya.

5. Keabsahan /Kelengkapan Surat Surat

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ialah kelengkapan surat-surat. Kelengkapan standar yang harus dimiliki kendaraan beroda empat bekas ialah :
  1. - BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)
  2. - STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). 
Kedua surat ini ialah bukti identifikasi kendaraan bermotor sekaligus kelengkapan kendaraan. Surat ini mencatat identitas pemilik, identitas kendaraan bermotor, nomor pendaftaran dan masa berlaku termasuk pengesahannya.


Apabila kedua surat itu ada, tidak ada salahnya kalian mengecek keabsahan dari BPKB dan juga STNK tersebut. Karena tak sedikit penjual kendaraan beroda empat bekas yang bandel dengan meniru surat-surat kelengkapannya. Jangan hingga kalian justru mengalami problem dikemudian hari dan malah membeli kendaraan beroda empat curian
Cara mengidentifikasi apakah surat kendaraan itu orisinil atau tidak sanggup melalui situs online yang beralamat samsat-pkb.jakarta.go.id. Selain itu Anda sanggup juga memeriksanya melalui pesan singkat melalui SMS ke nomer 1717 dengan cara mengetik Kode (spasi) Nomor Polisi kemudian kirim ke 1717.
Dengan adanya BPKB dan STNK yang orisinil dan lengkap maka kalian akan dimudahkan untuk urusan balik nama dan manajemen lainnya.

Nah, Itulah isu mengenai 5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas - Bagian #1, untuk Bagian ke #2 nya kalian sanggup membaca ulasan berikut >> 5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas - Bagian #2