Fungsi Katup Penyeimbang Tekanan Pada Sistem Rem
Sistem rem bekerja pada keempat roda dikendaraan, namum tekanan yang terjadi pada semua silinder roda tidaklah sama besar. Tekanan yang diterima oleh setiap rem berbeda - beda, ini berfungsi untuk mencegah kendaraan beroda empat oleng sebab pembagian tekanan yang tidak sama sedangkan beban kendaraan tidak rata.
Sebagai contoh, kalau letak mesin terletak pada potongan depan kendaraan maka beban pada potongan depan bertambah. Jika tekanan rem diberikan sama besar pada semua roda, maka roda dijamin lebih pakam. Mengapa demikian ? selain mendapat tekanan yang sama pada roda belakang, roda depan mendapat gaya dorong kebawah ( Friction ) dari beban yang besar ( adanya mesin ).
Seperti yang terlihat pada gambar diatas, kendaraan dengan bermesin didepan ( Front enggine ), maka roda depan mengalami large load ( beban yang besar ) yang menjadikan more friction ( gaya gesek yang berlebih ). Sedangkan yang terjadi pada roda belakang akan mengalami smaller Load ( beban yang ringan ) yang menjadikan less friction ( gaya gesek yang rendah ).
Pada gambar diatas, katup pengimpang difungsikan untuk mengatur tekanan roda belakang. Ini berlaku untuk kendaraan yang memiliki beban lebih berat pada potongan depan kendaaraan ( letak mesin di depan ). Pada grafik diatas sanggup kita lihat bahwa, kalau tidak memakai katup pengimbang ( without proportioning valve ), tekanan pada silinder roda belakang sangat tinggi. Hal ini mengkhawatirkan roda menjadi mengunci ( ngepot ). Dengan memakai katup pengimbang ( with proportioning valve ), tekanan rem belakang hampir mendekati tekanan yang ideal.
Sebagai contoh, kalau letak mesin terletak pada potongan depan kendaraan maka beban pada potongan depan bertambah. Jika tekanan rem diberikan sama besar pada semua roda, maka roda dijamin lebih pakam. Mengapa demikian ? selain mendapat tekanan yang sama pada roda belakang, roda depan mendapat gaya dorong kebawah ( Friction ) dari beban yang besar ( adanya mesin ).
Beban kendaraan besar lengan berkuasa terhadap kepakeman pengereman |
Seperti yang terlihat pada gambar diatas, kendaraan dengan bermesin didepan ( Front enggine ), maka roda depan mengalami large load ( beban yang besar ) yang menjadikan more friction ( gaya gesek yang berlebih ). Sedangkan yang terjadi pada roda belakang akan mengalami smaller Load ( beban yang ringan ) yang menjadikan less friction ( gaya gesek yang rendah ).
Grafik dan Lokasi katup pengimbang |
Pada gambar diatas, katup pengimpang difungsikan untuk mengatur tekanan roda belakang. Ini berlaku untuk kendaraan yang memiliki beban lebih berat pada potongan depan kendaaraan ( letak mesin di depan ). Pada grafik diatas sanggup kita lihat bahwa, kalau tidak memakai katup pengimbang ( without proportioning valve ), tekanan pada silinder roda belakang sangat tinggi. Hal ini mengkhawatirkan roda menjadi mengunci ( ngepot ). Dengan memakai katup pengimbang ( with proportioning valve ), tekanan rem belakang hampir mendekati tekanan yang ideal.