Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencari Kerja Lewat Media Sosial

 Banyak Perusahaan Merekrut Pegawai via Medsos Tips Mencari Kerja Lewat Media Sosial
Tips Mencari Kerja Lewat Media Sosial. Banyak Perusahaan Merekrut Pegawai via Medsos.

MEDIA SOSIAL (social media) yaitu media pertemanan dan membuatkan (share). Namun, fungsi dan tugas media umum sekarang menjelma media jualan, promosi, bahkan kampanye politik.

Media sosial merupakan sarana paling efektif untuk  membangun merk dan bisnis, termasuk "personal brand". Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, dan Linkedin menjadi kawasan favorit untuk mencari sobat baru, bertemu sobat lama, membuatkan informasi, promosi, kampanye, menyebarkan ide, curhat, dan sebaginya.

Media sosial juga sanggup menjadi sarana rekrutmen pegawai bagi perusahaan dan sarana mencari kerja. Sejumlah studi memperlihatkan banyak perusahaan melaksanakan rekrutmen pegawai melalui media sosial.

Sebuah survei Society for Human Resource Management menyebutkan, 57 persen perusahaan merekrut atau mencari pegawai yang dibutuhkannya dari LinkedIn, 19 persen dari Facebook, dan 65% perusahaan memakai media umum lainnya untuk merekrut pekerja.

Tips Mencari Kerja Lewat Media Sosial

Berikut ini tips mendapat pekerjaan dengan pengoptimalan media sosial:

1. Perbarui Akun Media Sosial Anda

Pastikan Anda mempunyai beberapa media umum yang penting, ibarat LinkedIn, Facebook, dan Twitter, alasannya atasan Anda akan mencari media umum Anda pada dikala wawancara kerja.

Beberapa perusahaan bahkan mengakibatkan profil Anda di LinkedIn sebagai cerminan diri Anda. Untuk itu, Anda harus terlihat menarik di depan atasan, dengan memperbarui dan melengkapi aneka macam info wacana diri Anda di media sosial.

2. Pastikan Informasi Sesuai Fakta

Pada dikala Anda pertama kali memakai media sosial, tentunya terkadang memakai beberapa info palsu. Anda harus memastikan apa yang tertulis di CV sesuai dengan apa yang tertulis di media umum Anda. Beberapa atasan biasanya mengecek keaslian data diri Anda, dilihat dari media umum yang Anda punya.

3. Pilih Unggahan Media Sosial Anda

Jika Anda pernah mengunggahhal-hal negatif, komentar rasis, sampai bertengkar di media sosial, Anda harus mulai menghapus aneka macam postingan tersebut.

Beberapa surveimenunjukkan seorang HRD biasanya menyeleksi calon pekerja dengan apa yang mereka unggah di media sosial. Tidak boleh ada kata-kata kasar, komentar rasis, sampai foto-foto vulgar di timeline media umum Anda.

4. Cari Pekerjaan di Media Sosial

Jika Anda bosan mencari pekerjaan di situs daring maupun media sosial, mungkin Anda sanggup mencoba mencari pekerjaan di media sosial. Anda sanggup bergabung dengan grup Facebook maupun LinkedIn bagi para pencari kerja. Di sana Anda bukan hanya sanggup membuatkan lowongan pekerjaan, tetapi membuatkan pengalaman bagaimana mendapat pekerjaan.

5. Mulai Berhubungan dengan Rekan Kerja di Media Sosial

Anda sanggup mulai berteman dengan calon rekan kerja di perusahaan yang Anda inginkan di Twtitter dan LinkedIn termasuk manajer HRD. Dengan terhubung dengan orang-orang gres ini, Anda mungkin saja sanggup mendapat koneksi ke kawasan pekerjaan yang Anda inginkan.

6. Perhatikan Nama Akun Media Sosial dan Email Anda

Jika akun media umum dan surel Anda masih memakai nama yang tidak sesuai dengan nama orisinil Anda, Anda harus menggantinya. Hindari nama email "alay" semacam cutiepie1234@gmail.com atau dewic4ntiqe@gmail.com

Selain lebih gampang dicari, nama akun media umum yang tidak terang juga akan mempengaruhi gambaran diri Anda di mata atasan Anda.

Demikian Tips Mencari Kerja Lewat Media Sosial yang disadur dari laman web Entrepreneur. (http://www.baticmedia.com).*

VIDEO: KEKUATAN MEDIA SOSIAL



Sumber https://www.baticmedia.com/