Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Pc Mati Total

Yups, pada artikel kali ini penulis akan menawarkan mekanisme mengatasi pc mati total. Ketika pc Anda mati total jangan beranggapan bahwa semua komponen yang ada dalam pc sudah tidak dapat digunakan lagi, itu salah. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui komponen mana yang rusak ?
Dibawah akan aku jelaskan mekanisme yang benar dalam mengatasi pc yang mati total.

Dalam melaksanakan troubleshooting ini. Pastikan anda melepas semua kabel data/power pada perangkat penyimpanan ibarat Harddisk dan DVD-ROM. Karena perangkat – perangkat tersebut tidak kuat terhadap dilema ini.

1. Kabel Power

Pastikan kabel power yang Anda gunakan tidak putus. Jika Anda ingin tau pada kabel power yang Anda gunakan, Anda dapat mengecek dengan cara menghubungkan ujung kabel power dihubungkan dengan menggunakan multi tester / multi meter. Jika tidak terdengar bunyi beep dari multi meter tersebut itu tandanya kabel power sudah putus.

2. Power Supply

Setelah kita cek kabel power dan ternyata baik – baik saja, langkah selanjutnya yaitu mengecek power supply.Padapengecekan power supply ini seharusnya penulis menciptakan pembahasan khusus, namun disini akan penulis sampaikan pada dasarnya saja.
  • Ambil kabel power 20pin.
  • Hubungkan 1 Kabel yang berwarna hijau dengan 1 kabel yang berwarna hitam memakai kawat atau logam lainnya. Yang mana saja asal warna hijau dengan warna hitam.
  • hubungkan dengan listrik. Lihat apakah kipas pada power supply menyala atau tidak. Jika kipas menyala maka power supply masih baik.
Pastikan juga port power yang 20 pin di motherboard baik – baik saja.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

3. Mainboard

Pastikan komponen yang terpasang pada mainboard sudah terpasang dengan mantap. Seperti kabel power 20 pin, itu harus terpasang dengan baik.

4. Front Panel

Jika power supply tidak ada masalah, kini kita cek bab front panelnya. Berfungsi atau tidaknya front panel dapat kita cek dengan cara menghubung singkar pin – pin yang ada pada front panel.
  • Dalam hal ini kita gunakan obeng.
  • Cari 2 pin power pada front panel.
  • Pastikan PC dalam keadaan tersambung listrik.
  • Lalu hubungkan 2 pin tadi dengan obeng.
  • Jika PC tidak menunjukkan tanda – tanda hidup itu artinya front panel sudah tidak berfungsi lagi. Namun jikalau PC hidup itu berarti front panel masih dalam keadaan baik.

5. Kabel Front Panel

Anda niscaya tahu yang mana kabel front panel yang penulis maksud. Periksa kabel yang menghubungkan frint panel ke tombol power. Biasanya kabel yang tipis ini terputus atau solderan pada pangkal kabel lepas. Pastikan semua baik – baik saja.
Langkah diatas dapat Anda terapkan apabila Anda menemukan kerusakan ibarat pc mati total. Demikian artikel tentangProsedur Mengatasi PC Mati Total.